Pada umumnya, hewan memiliki bahasa tersendiri yang tidak bisa kita mengerti. Namun tahukah Kamu bahwa ada beberapa hewan di dunia ini yang mampu berbicara dengan manusia loh! Tentunya kemampuan tersebut bukanlah bakat alamiah yang diperoleh sejak lahir, melainkan dari hasil latihan.

Hewan-hewan yang pandai berbicara ini pada dasarnya memang tergolong cerdas. Sehingga bila menerima arahan atau pelajaran bisa menangkap dengan cepat. Nah, berikut ini hewan-hewan genius di dunia yang mampu berbicara dengan bahasa manusia. Simak terus ya!

1. Koko, Gorilla yang pandai berbahasa Lisan dan Isyarat

Kisah Koko, si Gorilla yang pandai berbicara bahasa inggris ini sudah cukup populer di kalangan masyarakat dunia. Koko sendiri dulunya adalah peliharaan di kebun binatang San Fransisco pad atahun 1971. Ketika masih bayi ia ditelantarkan, sehingga akhirnya dirawat oleh seorang peneliti dari Stanford Universty, Penny Patterson.

Penny tak hanya mengajari koko bahasa lisan, tapi juga bahasa isyarat. Di usianya menginjak 1 tahun, Koko sudah mampu menguasai 2000 kata bahasa inggris dan 1000 tanda bahasa isyarat, misalnya ‘”eat (makan)”, “drink (minum)”, dan masih banyak lainnya.

Sayangnya, Koko harus menghembuskan nafas terakhir pada 19 Juni 2018 kemarin.

2. Hoover, Anjing Laut di Boston

Pada tahun 1971, sepasang suami istri, George dan Alice Swallow menemukan seekor anjing laut di kawasan pantai Maine, Boston. Mereka lalu membawa pulang anjing tersebut dan memberinya nama Hoover.

Menurut cerita dari keduanya, Hoover merupakan anjing laut yang cerdas. Ia bisa menangkap kata yang diajarkan pemiliknya dengan cepat, seperti “Hei”, “Hello there”, “Come over here”, “How are you?” dan masih banyak lainnya dengan aksen Boston yang begitu kental.

Seiring berjalannya waktu, Hoover semakin besar sehingga akhirnya anjing tersebut harus dipindahkan ke New England Aquarium. Biasanya Hoover menyapa pengunjung dengan mengatakan “well, hello there”. Dia dirawat disana dan meninggal pada tahun 1985 silam.

3. Koshik, Si Gajah India Berbicara Korea

Hewan lain yang juga pandai berbicara dengan manusia adalah Koshik, seekor gajah asal India yang fasih berbahasa Korea. Tentunya, kemampuan Koshik ini sangat menakjubkan. Sebab pada umumnya gajah enggak bisa berbicara layaknya manusia, sebab letak bibir mereka menyatu dengan belalai.

Namun Koshik punya teknik tersendiri untuk bisa berbicara dengan cara menggerakkan rahangnya dan meletakkan belalai di dalam mulut. Adapun kata-kata Korea yang paling dikuasai Koshik, seperti “Choah (Baik)”, “Annyong (halo)”, “Nuo (berbaring)”, “Aniya (tidak)”, dan “Anja (duduk)”.

4. Mishka, Anjing ras Siberian Husky

Di tahun 2008 silam, warganet sempat dihebohkan oleh video singkat dimana seekor anjing bisa mengucapkan kalimat “I Love You”. Vdeo tersebut bahkan telah ditonton sebanyak lebih dari 100 juta viewers.

Ya, dialah Mishka, si anjing Rusia ras Siberian Husky yang tak hanya lucu tapi juga pintar. Mishka dikenal fasih dalam berbahasa inggris. Ia dapat mengucapkan kata seperti “ im hungry”, “Hello”, dan menanggapi pertanyaan “are you stupid?” dengan jawaban “Nooo!”.

Dengan bakatnya yang luar biasa tersebut, Mishka pun menjadi semakin populer di masyarakat. Ia tak hanya dibicarakan di sosial media, tapi juga tampil di acara televisi bahkan menjadi bintang iklan.

5. Alex, Burung Beo Asal Afrika

Burung Beo memang dikenal pandai berbicara. Tapi untuk si Alex, Beo asal Afrika ini dikenal akan kecerdasannya yang cukup tinggi. Alex mampu menguasai 100 kata manusia, mengenali 50 objek berbeda, mengidentifikasi warna, dan materi lainnya. Dikatakan bahwa IQ Alex setara dengan manusia berusia 5 tahun.

Alex meninggal di tahun 2007. Sebelum pergi untuk selamanya, Alex sempat mengucapkan kata perpisahan kepada majikannya yakni “You’re be good, see You tomorrow, I love you!” Wah, mengharukan ya?

So gengs, itulah tadi beberapa hewan yang bisa berbicara layaknya manusia. Sungguh luar biasa, bukan?