Tuesday , October 20 2020

Wow! 17 Hal Unik di Finlandia Ini Bikin Mata Terbelalak

Ketika ditanya soal destinasi wisata favorit, mungkin jarang orang menyebutkan Finlandia sebagai jawabannya. Padahal negeri seribu danau ini menyimpan segudang budaya unik yang mampu membuat kamu terkesan. Apa sajakah itu? Mari kita simak yang berikut:

1.Tempat parkir buat anjing

“Heh?! Di Indonesia saja kadang susah cari lahan parkir buat mobil, lha ini kok…” Ya tapi itulah faktanya, bahkan ada peraturan khusus yang memaksa pengusaha Finlandia untuk menyediakan spot khusus bagi parkir anjing. Jika ketahuan tak menaatinya, mereka bisa kena denda.

2.Pedang untuk para doktor

Di beberapa universitas Finlandia, masih ada tradisi yang mana saat seseorang berhasil meraih gelar doktor (PhD), ia tak hanya diberi ijazah saja tapi juga pedang. Masalahnya, pedang ini harus dibeli sendiri oleh yang bersangkutan.

3.Warga Finlandia gemar membaca

Survei menunjukkan dibanding penduduk negara lainnya, warga Finlandia merupakan pembaca paling aktif di seluruh dunia. Populasi negeri ini hanya sekitar 5 juta penduduk saja, namun setiap tahunnya mereka meminjam lebih dari 67 juta buku dari perpustakaan. Saking keranjingannya, sampai-sampai perpustakaan pribadi dapat ditemui di pom bensin. Luar biasanya lagi, di beberapa perpustakaan besar, bukan hanya buku saja yang dapat dipinjam, melainkan alat musik, olahraga, hingga mesin jahit juga.

4.Membaca di depan anjing

Nah yang satu ini tak kalah unik nih! Kita tahunya anjing itu bisa menuntun orang buta saat berjalan. Tapi di Finlandia, ada anjing khusus yang membantu anak-anak belajar membaca. Anjing tersebut tidak bisa membaca sih, tapi mereka dilatih menjadi pendengar yang baik. Tujuan anak-anak membaca di depan anjing adalah agar mereka lebih PD (kan anjing nggak sama dengan manusia yang bisa ‘ngomel’ kalau mereka salah baca). Keren ya?!

5.Bahasanya sulit dipelajari

Bahasa Finlandia merupakan salah satu yang tersulit di seluruh dunia. Contohnya, ada 40 sinonim untuk kata “salju”, namun lucunya, tak ada satupun kata yang mewakili “please”. Uniknya lagi, ada frase lucu yang tidak ada di bahasa negara lain seperti “kalsarikannit” yang bila diterjemahkan menjadi “minum di celana dalam”.

6.Bonus usai liburan

Bonus khusus ini diberikan untuk mendorong karyawan agar lebih cepat pulang dari liburan. Menariknya lagi, nominal gaji/ bonus di sana bersifat ‘buka-bukaan’. Hanya dengan menghubungi nomor tertentu, seseorang bisa tahu berapa besar gaji/ bonus yang diperoleh tetangganya.

7.Denda tergantung dari penghasilan

Nominal denda di Finlandia juga tidak sama rata, melainkan tergantung dari seberapa kaya seseorang. Semakin tinggi gajinya, maka kian tinggi pula dendanya.

8.Polisi dan rusa kutub

Kalau biasanya anjing yang membantu polisi, di Finlandia – rusa kutublah yang mengambil peranan itu. Hal ini dilakukan sebagai upaya menarik perhatian turis agar datang ke bagian utara negeri itu.

9.Tempat menyendiri

Penduduk Finlandia seringkali suka menghabiskan waktu sendiri sehingga ada bar dimana seseorang dapat minum sendirian, dan supermarket yang menyediakan keranjang khusus 1 orang (Sinkkukori).

10.Penggemar bir dan kopi

Rata-rata seorang warga Finlandia mampu menghabiskan 85 liter bir setiap tahunnya. Tak heran jika ada penawaran spesial dari supermarket ketika seseorang membeli 1000 kaleng bir sekaligus.

Selain bir, orang Finlandia juga menggemari kopi. Setiap tahunnya, seseorang diperkirakan dapat mengonsumsi 12 kg kopi, bandingkan dengan warga Italia yang hanya 5 kg/ tahun.

11.Rumah untuk pesta

Hampir setiap universitas besar di Finlandia memiliki ‘rumah pesta’ yang dapat disewa gratis oleh para murid ketika mereka ingin merayakan sesuatu. Rumah pestanyapun sama dengan hunian normal lainnya, dilengkapi ruang tamu besar, beberapa kamar tidur, dan sauna.

12.Helsinki: kota paling jujur sedunia

Menurut eksperimen yang dilakukan di 16 negara seluruh dunia, ibukota Finlandia dinobatkan sebagai kota paling jujur. Eksperimen dilakukan dengan menjatuhkan sengaja 12 dompet berisi ID dan sejumlah uang. Hasilnya, 11 dari 12 dompet di Helsinki dikembalikan pada pemiliknya, sementara kota lain hanya 50% saja yang kembali.

13.Sauna dimana-mana

Penduduk Finlandia hanya 5 juta orang, namun sauna yang ada di negara mereka berjumlah sekitar 2 juta. Ternyata, setiap perusahaan besar dan institusi umum memiliki sauna untuk karyawannya. Uniknya lagi, seminggu sekali napi diperbolehkan mengunjungi sauna. Di Helsinki, setiap franchise fast food juga memunyai sauna sendiri.

14.Hidup metal!

Jumlah band metalika di Finlandia sangat banyak, sekitar 600 band per 1 juta orang. Bahkan anak-anak memiliki band metal favorit mereka, yakni Hevisaurus yang memakai kostum dinosaurus dan menyanyikan lagu pendidikan.

15.Hari Nasional “Sleepy Head”

Tradisi unik ini dirayakan setiap tanggal 27 Juli. Dalam keluarga yang merayakannya, anggota yang bangunnya paling telat akan dimasukkan dalam air.

Sedangkan di Naantali, warga yang memiliki kontribusi paling besar terhadap pengembangan kota akan dilempar dalam air, dan semua walikota selalu ‘dihormati’ dengan cara ini sejak tahun 1950.

16.Lombanya unik-unik

Ada berbagai lomba unik di Finlandia seperti suami menggendong istri (dengan berbagai posisi), melempar ponsel, hingga ajang memainkan gitar bayangan.

17.Sosis, mustard, dan vodka

Ada cara unik dari warga Finlandia saat menikmati sosis, mustard, dan vodka. Pertama-tama mereka akan memotong sosisnya sehingga menyerupai cangkir, lalu menuangkan vodka ke dalamnya. Selanjutnya, mustard dituang sedikit ke tangan, dijilat, lalu vodkanya diminum, dan terakhir baru sosisnya yang dimakan.

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *