Tempat Wisata di Bintan dan Kota Tanjungpinang

Wisata Alam dan Religi di Tanjungpinang dan Bintan

Berencana menjadikan Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan sebagai destinasi wisata di liburan kali ini?

Ketahui beberapa tempat wisata terdekat yang direkomendasikan untuk dikunjungi di Tanjungpinang dan sekitarnya supaya Anda langsung tahu mana yang akan dituju setelah sampai di sana.

1. Gurun Pasir Danau Biru Bintan

Danau Biru Bintan adalah danau yang tampaknya seperti danau-danau di luar negeri karena mirip seperti iceland. Ya, mungkin saat sampai disana Anda akan mengira Anda berada di luar negeri, karena memang pemandangan yang ada cukup dipercaya untuk ada di negara tropis ini.

Wisata Gurun Telaga Biru
Gurun Telaga Biru (phinemo.com)

Danau / Telaga Biru Bintan adalah sebuah danau buatan untuk tambang pasir warga sekitar. Namun, pada tahun 1980, segala jenis aktivitas penambangan berhenti. Setelah puluhan tahun terbengkalai, rupanya pasir bauksit tadi mengeras bak karang.

Lantas cekungan-cekungan bekas galian pasir tadi seiring berjalannya waktu terisi air dan warnanya berubah menjadi biru.

Dari pusat Tanjung pinang Anda harus berkendara selama dua puluh menit sampai setengah jam untuk sampai di danau ini.

Setelah sampai di sana, Anda akan dihadapkan dengan suasana alam yang sangat bersahabat. Cuaca di sana juga tidak terlalu dingin dan sangat cocok untuk berlibur. Namun, jika Anda tidak terbiasa dengan udara yang agak dingin, maka disarankan untuk memakai baju agak tebal.

Alamat: Jl. Raya Busung, Busung, Seri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau 29152

2. Pantai Trikora

Pantai Trikora siap membuat Anda takjub sesaat sampai disana. Air yang ada di Pantai Trikora terkadang terlihat biru dan terkadang juga terlihat hijau alami. Pasir putih yang mengitarinya dihiasi dengan bebatuan pantai berwarna coklat kuda yang eksotis.

Tak perlu khawatir tak bisa istirahat saat berada disana, karena di pinggir-pinggir pantai ini telah disediakan pondok-pondok untuk beristirahat para pengunjung.  Bagi Anda yang berencana melakukan foto prewedding atau sejenisnya, maka banyak spot yang recommended dan dapat disesuaikan dengan berbagai tema fotografi.

Wisata Pantai Trikora
Pantai Trikora (jejakpiknik.com)

Pantai Trikora terletak di provinsi Kepulauan Riau. Tepatnya berada di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Sumatra. Pantai ini berjarak 45 km ke arah timur dari ibu kota provinsi Kepulauan Riau, Tanjungpinang.

Alamat: Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan.

3. Pulau Penyengat

Pulau Penyengat adalah salah satu pulau di Tanjungpinang yang terletak sejauh lima belas menit / 2 km dari pusat kota Tanjungpinang dengan perahu bermotor atau lebih dikenal pompong.

Di pulau ini terdapat berbagai peninggalan bersejarah yang di antaranya adalah Masjid Raya Sultan Riau yang terbuat dari putih telur, makam-makam para raja, makam dari pahlawan nasional Raja Ali Haji, kompleks Istana Kantor dan benteng pertahanan di Bukit Kursi. Sejak tanggal 19 Oktober 1995, Pulau penyengat dan kompleks istana di Pulau Penyengat telah dicalonkan ke UNESCO untuk dijadikan salah satu Situs Warisan Dunia. Pulau ini berukuran panjang 2.000 meter dan lebar 850 meter, berjarak lebih kurang 35 km dari Pulau Batam.

bintan-resorts.com/wp-content/uploads/2018/10/pulau-penyengat-3-1200×800.jpg

Dengan mengunjungi Anda bisa menyaksikan secara langsung peninggalan-peninggalan dari Kesultanan Pahang, Kesultanan Siak dan kesultanan Riau sendiri.

4. Vihara Ksitigarbha Bodhisattva

Nama lain dari vihara ini adalah vihara Seribu Wajah. Dinamakan sedemikian rupa karena memang memiliki patung seribu wajah yang juga bisa Anda temui di China. Memang benar tempat ini paling utama digunakan untuk beribadah umat, namun karena vihara ini memiliki berbagai patung yang ukurannya beragam tempat ini akhirnya sah menjadi tempat wisata.

Yang lebih unik lagi, Vihara Seribu Wajah ini direkomendasikan sebagai wisata yang harus dikunjungi saat di Tanjungpinang. Letak vihara ini hanya sejauh sepuluh menit saja dari Bandara Raja Ali Haji Tanjungpinang.

Wisata Religi Vihara Ksitigarbha Bodhisattva
Vihara Ksitigarbha Bodhisattva (udaindra.blogspot.com)

Pembangunan vihara ini berlangsung selama 14 tahun dan memiliki 500 patung Lohan dengan berbagai wajah dan juga memiliki 40 lebih patung dewa-dewa dalam kepercayaan Budha. Vihara ini termasuk vihara terbesar se-Asia Tenggara setelah China. Vihara ini dikenal oleh masyarakat dengan “vihara 1.000 wajah” karena banyaknya patung di lokasi vihara. Pembuat patung-patung tersebut kabarnya langsung seniman dari Tiongkok.

Alamat: Batu IX, Kec. Tanjungpinang Tim., Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau 29125

5. Masjid Pink atau Masjid Raya An Nur

Terletak di kelurahan Kawal, kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Bintan, masjid ini jangan sampai terlewatkan saat Anda berada di Tanjungpinang. Meskipun merupakan tempat beribadah Umat Muslim, masjid ini memiliki warna pink secara keseluruhan dan indah untuk disaksikan sehingga banyak dikunjungi orang sebagai tempat wisata. Jangan lupa untuk mengabadikan momen liburan Anda saat berada di Masjid Raya An Nur.

6. Masjid Raya Sultan Riau

Masih berupa tempat beribadah Umat Muslim, Masjid Raya Sultan Riau juga jangan sampai terlewat saat liburan di Tanjungpinang. Apa yang menjadi daya tarik dari masjid ini?

persakmi.or.id/content/uploads/2018/10/masjid-raya-pulau-penyengat.jpg

Masjid Raya Sultan Riau adalah salah satu masjid tertua di Indonesia dan konon dulu dibangun selama empat puluh tahun lamanya. Diketahui juga ada bagian dari masjid ini yang terbuat dari putih telur dan disatukan tanpa menggunakan semen. Terdengar unik bukan? Buktikan keunikannya dan hapus rasa penasaran Anda dengan datang langsung ke Masjid Raya Sultan Riau.

Alamat: Jl. Raya Kawal, Kawal, Gn. Kijang, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau 29151

7. Tugu Pensil

Tugu Pensil adalah tugu yang dibangun sebagai simbol pemberantasan buta aksara juga sebagai penghargaan karena daerah ini mampu memberantas buta aksara dengan  angka yang cukup besar. Jika Anda pergi ke Tanjungpinang, maka jangan sampai lupa untuk berfoto bersama landmark yang terkenal ini.

Alamat: Jl. Agus Salim, Tanjungpinang Bar., Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau

8. Bukit Panglong

Rekomendasi tempat wisata terdekat dari kota Tanjungpinang kali ini diisi oleh sebuah bukit yang mana merupakan bekas galian tambang granit. Dari kejauhan Anda akan melihat danau ini diapit perbukitan yang berwarna coklat, perpaduan warna biru dari air danau dan coklat di sekelilingnya akan membuat wisata ini terlihat sangat indah dalam hasil jepretan.

Danau ini memiliki dalam sebesar 50 meter dalamnya. Kabarnya, danau ini akan dijadikan sumber air bersih serta wisata rekreasi yang resmi oleh pemerintah kabupaten Bintan.  Jika Anda sedang berlibur bersama keluarga, pasti akan banyak momen yang dapat diabadikan melalui foto di destinasi wisata yang satu ini.

Jangan lupa untuk mampir ke delapan tempat wisata di atas saat berada di Tanjungpinang. Semuanya sama-sama menawarkan keindahan alam atau keindahan pemandangan yang mungkin tak akan Anda temui di luar Tanjungpinang.

Kabar baiknya lagi, semua tempat wisata di atas letaknya tak jauh dari pusat Tanjungpinang atau dari bandara yang berada di Tanjungpinang. Tempat wisata mana yang akan Anda pilih?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *