Wisata Menakjubkan di Kabupaten Jayawijaya Wamena Papua

Akhir-akhir ini memang dipenuhi berita kerusuhan di Wamena, baik di televisi, radio, situs web, koran, dan lainnya. Namun, berita ini rupanya tak sepenuhnya kurang sedap. Telah dikabarkan juga bahwa kerusuhan atau yang terjadi di Wamena ini sama sekali tidak mengganggu destinasi wisata cantik yang ada disana.

Dengan hal ini, Anda yang ingin berwisata disana tetap bisa menikmati liburan dengan nyaman dan memuaskan. Jika benar Wamena atau Jayawijaya adalah destinasi wisata Anda kali ini, sudahkah Anda tahu wisata mana yang menakjubkan dan wajib dikunjungi?

Jayawijaya memang digadang-gadang menjadi daerah yang wajib dikunjungi traveler saat berada di Papua. Berikut adalah lima tempat menakjubkan yang wajib hukumnya sebagai traveler saat di Jayawijaya.

1. Desa Aikima

Bukan pemandangan indah sebuah pedesaan yang menjadi daya tarik utama dari wisata Pasir Putih Desa Aikima. Meskipun pemandangan di pedesaan juga menakjubkan, tetapi buktikan juga bahwa disana ada lanskap lembah dan perbukitan yang sangat menakjubkan. Siapkan kamera untuk mengabadikan momen Anda di sana atau melakukan kegiatan fotografi dengan Desa Aikima sebagai objeknya.

rumah desa aikima papua
rumah desa aikima (iyakan.com)

Perlu ditempuh perjalanan berdurasi lima belas menit dari pusat Kota Wamena untuk bisa sampai ke wisata alam ini. Nantinya Anda akan menaiki bukit dan melihat panorama alam berupa Lembah Baliem yang menakjubkan. Perpaduan warna hijau dari kebun dan biru dari langit akan terlihat sangat cantik saat Anda kesana pada pagi hari.

2. Lembah BaliemĀ 

Lembah Baliem adalah lembah yang akan Anda lihat bentangan alam nya dari Pasir Putih Desa Aikima. Apa yang akan Anda dapatkan di Lembah Baliem? Tempat yang cukup ikonik di Wamena ini adalah sebuah hamparan rumput hijau yang sekelilingnya merupakan pegunungan Jayawijaya yang juga ikonik di dunia.

lembah baliem papua
lembah baliem (asset-a.grid.id)

Disana Anda bisa merasakan kedamaian yang tiada tara karena ketentraman dan kesejukan cuacanya. Lembah Baliem merupakan tempat tinggal bagi beberapa suku di Wamena, suku yang paling banyak meninggali lembah ini adalah Suku Dani. Jika Anda suka hunting foto atau melakukan kegiatan fotografi datang saja ke Lembah Baliem.

3. Kampung Sekan

Tempat menakjubkan yang harus dikunjungi traveler selanjutnya adalah Kampung Sekan. Ada yang menilai bahwa Kampung Sekan adalah tempat paling indah dan menarik di Wamena. Perkara benar atau tidaknya, buktikan saja sendiri dengan datang ke Kampung Sekan.

Di Kampung Sekan Anda akan menemukan hamparan rumput dan pepohonan yang luas dengan rumah adat Honai diantaranya. Kampung yang satu ini terletak masih satu kawasan dengan Lembah Baliem. Di Kampung Sekan juga Anda bisa menikmati keindahan panorama alam Gunung Pugima.

4. Mumi di Distrik Kerulu

Jika Anda masih berada di sekitaran Lembah Baliem maka jangan lupa untuk mampir juga ke Distrik Kerulu. Apa yang akan Anda temukan disini hampir sama dengan apa yang ada di Kampung Sekan, hanya saja Distrik Kerulu lebih padat penduduk dan ada satu hal mencengangkan yang mungkin hanya bisa ditemui di Wamena.

Hal tersebut adalah mumi yang diawetkan secara tradisional. Mumi yang berada di Distrik Kerulu ini berjumlah enam dan salah satunya bernama Wim Motok Mabel. Mumi Wim Motok Mabel sudah berusia sekitar 280 tahun. Mumi-mumi yang ada di Distrik Kerulu ini menjadi incaran para traveler lokal maupun asing untuk menjadikannya sebagai objek foto.

mumi 280 tahun dari papua
mumi dari papua (awsimages.detik.net.id)

Jika Anda juga berencana mampir ke Distrik Kerulu saat ada di Jayawijaya, siapkan sejumlah uang karena kono katanya penduduk disana terkadang meminta bayaran pada traveler-traveler yang datang.

5. Telaga Biru

Terletak jauh dari pusat kota Wamena, Anda harus melalui perjalanan selama dua jam untuk sampai ke Telaga Biru Wamena. Sama seperti namanya, telaga yang berada di Distrik Maima ini berwarna biru bening yang airnya masih sangat alami.

Jangan mengira telaga ini besarnya seperti telaga-telaga pada umumnya, Telaga Biru di Wamena ini tidak terlalu besar namun mampu berikan pemandangan yang menakjubkan. Apa yang membuat tempat ini menakjubkan? Adalah warna air yang sangat mencolok dan terkadang muncul dengan gradasi warna hijau tosca di suatu waktu.

Mungkin Anda akan kelelahan saat melakukan perjalanan ke wisata ini, karena memang jauh dari Wamena dan jalannya yang kurang bagus. Namun, rasa lelah Anda ini akan terbayarkan saat sampai disana memandang telaga kecil yang warnanya mencolok dan dikelilingi dengan pepohonan rimba.

Lima tempat menakjubkan di atas memang semuanya berada di Jayawijaya. Dari perkampungan, telaga, hingga lembah, semuanya bisa Anda kunjungi saat di Wamena atau di Jayawijaya. Catat lima tempat menakjubkan di atas supaya arah liburan Anda di Papua nanti terencana dan sudah pasti. Akan lebih bagus lagi jika Anda mengunjungi kelimanya, pengalaman liburannya pasti tak akan terlupakan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *