Thursday , October 22 2020

Wisata Bersejarah Lawang Sewu di Semarang

Terkenal sebagai bangunan tua, bersejarah, perlu dilestarikan, dan juga ada yang menyebut sebagai bangunan “angker”. Lawang Sewu, begitu sebutan untuk tempat wisata ini. Meskipun sebagai bangunan yang tergolong tua, Anda tidak perlu merasa takut untuk berwisata ke Lawang Sewu.

Paling tidak dengan Anda memilih tempat wisata satu ini, sama saja dengan ikut melestarikan bangunan tua bersejarah yang ada di Indonesia. Sama menariknya berwisata di tempat lain. Di Lawang Sewu ini, Anda juga dapat berfoto dengan latar belakang bangunan Lawang Sewu yang klasik.

Bangunan Bekas Kantor Kereta Api

Lawang Sewu awal mulanya adalah sebagai kantor untuk orang-orang Belanda yang dikenal dengan Nederlands Indische Spoorweg. Atau kantor kereta api di bawah pengelolaan Belanda. Tahun 1904 adalah mulai pembangunan dari Lawang Sewu. Tanggal 27 Februari pun dimulai pembangunan bangunan dengan jumlah pintu yang sebenarnya tidaklah mencapai angka sewu atau seribu.

Berkeliling Bangunan Tua Lawang Sewu

Jika Anda beruntung, maka Anda diperbolehkan untuk berkeliling ke bangunan tua Lawang Sewu ini. Agar tidak tersesat, maka mintalah untuk didampingi oleh pemandu. Namun jika kurang beruntung, maka Anda hanya dapat berkeliling di sekitar area depan Lawang Sewu saat dilakukan renovasi. Memang sudah beberapa kali Lawang Sewu direnovasi agar bangunan tua ini tetap berdiri kokoh meskipun sudah sangat berumur.

Melihat Koleksi Di Museum Lawang Sewu

Di dalam bangunan tua Lawang Sewu, Anda dapat menemukan beberapa ruangan yang dijadikan museum. Anda dapat melihat bagian depan kereta api tua yang menjadi salah satu koleksi di Lawang Sewu. Ada pula pakaian orang-orang Belanda yang saat bekerja di bangunan ini lengkap dengan mannequin tiga buah yang menampilkan seragam-seragam pegawai NIS pada kala itu. Ada pula koleksi foto-foto bangunan Lawang Sewu tempo dulu. Termasuk diorama, telepon kuno, kereta api kuno dalam ukuran kecil, dan masih banyak lagi koleksi yang dimiliki di Lawang Sewu.

Kereta Api Kuno Di Depan Bangunan Lawang Sewu

Menariknya dengan Anda berwisata ke Lawang Sewu adalah akan dapat melihat secara langsung kereta api pada zaman dulu. Ada di depan bangunan Lawang Sewu. Namun tidak dapat berjalan dan Anda diperbolehkan untuk memegang dan naik kereta api tersebut. Di halaman bangunan tua Lawang Sewu pun juga terdapat kereta api zaman dulu yang memiliki beberapa gerbong dan boleh Anda naiki. Namun tetap tidak dapat dijalankan.

Abadikan Foto Klasik Dengan Menarik

Paling tidak sisihkan budget wisata Anda untuk di Lawang Sewu. Dengan mengabadikan foto melalui bidikan sang fotografer yang ada di Lawang Sewu. Mintalah untuk mengabadikan foto Anda dengan latar belakang yang menarik. Maka tidak sampai beberapa menit, sang fotografer sudah berhasil mencetak foto Anda. Souvenir ini haruslah Anda beli dan miliki meskipun Anda juga telah membawa kamera. Paling tidak ada satu buah foto yang berhasil Anda bawa pulang dari Lawang Sewu.

Kuliner Di Dekat Lawang Sewu

Tidak jauh dari Lawang Sewu, Anda pun akan diantar oleh pemandu menuju ke pusat oleh-oleh kuliner khas Semarang. Jika Anda berwisata bersama rombongan, maka ada pemandu yang siap mengantarkan Anda menggunakan minibus gratis untuk menuju ke pusat oleh-oleh kuliner. Anda dapat membeli bandeng, lumpia, tahu bakso, sampai manisan.

About Bas