Thursday , October 29 2020

Wisata Astronomi Di Lembang Menuju Bosscha

Bosscha sendiri adalah observatorium yang digunakan untuk penelitian bidang astronomi oleh perguruan tinggi ITB. Meskipun sebagai tempat penelitian, bukan berarti ketika Anda ingin berwisata ke Lembang dan mampir di Bosscha tidak dapat masuk ke bangunan yang sudah berdiri sejak tahun 1923 ini. Asalkan Anda berkunjung untuk wisata di jam yang sudah ditentukan, maka Anda dapat masuk melihat keindahan astronomi dari Bosscha. Namun bagi keluarga, maka ingatlah hanya sabtu Anda akan diperbolehkan untuk wisata di Bosscha.

Ke Bosscha Pada Waktu Pagi Dan Siang

Jika Anda tiba di Bosscha ketika pagi atau siang, maka ada satu hal yang disayangkan. Yaitu, wisatawan tidak diperkenankan untuk menyaksikan kerja dari Teleskop Zeiss. Wisatawan tidak pula dijelaskan mengenai astronomi melalui ruang multimedia karena sudah menjadi kebijakan Bosscha. Namun Anda diperkenankan untuk berkeliling ke bagian lain di dalam Bosscha.

Ke Bosscha Pada Waktu Malam

Sebenarnya akan lebih seru wisata ke Bosscha ketika malam. Namun sayangnya kebijakan jam buka untuk kunjungan di malam hari hanya pada bulan April sampai dengan bulan Oktober. Dari jam lima sore hingga delapan malam saja. Menariknya jika cuaca memungkinkan, Anda akan diperkenankan melihat kerja dari Teleskop Zeiss. Namun memang wisatawan yang berkunjung ke Bosscha tidak diperkenankan untuk meneropong. Kemudian ketika berkunjung di malam hari, wisatawan juga dapat menerima informasi melalui ruang multimedia. Dan jika Anda merasa rugi jika tidak dapat meneropong di Bosscha, maka jangan sedih. Karena wisatawan masih diberi kesempatan untuk meneropong menggunakan teleskop tertentu yang disediakan. Yaitu, teleskop Bamberg dan teleskop portable.

Ke Bosscha Cocok Bagi Anda Yang Senang Astronomi

Memang dapat dikatakan tidak setiap wisatawan yang berkunjung ke Lembang akan tertarik datang ke Bosscha. Sebab jika Anda kurang tertarik dengan astronomi, tentu akan menolak ke Bosscha. Namun jika Anda sangat senang dengan bidang astronomi, maka melewatkan untuk tidak masuk ke Bosscha akan sangat rugi. Di Bosscha, Anda dapat belajar ilmu pengetahuan mengenai astronomi yang mungkin belum pernah Anda peroleh ketika di sekolah. Kesempatan besar seperti ini tentu sangat perlu Anda ambil. Untuk itu, ajaklah anak Anda atau orangtua Anda untuk ke Bosscha.

Perhatikan Peraturan Kunjungan Wisata Saat Ke Bosscha

Meskipun diperbolehkan untuk wisatawan, namun Bosscha dapat dikatakan sebagai tempat wisata di Lembang yang memiliki peraturan ketat. Untuk itu, sebelum Anda ke Bosscha, pastikan telah memperoleh informasi jelas mengenai apakah saat itu Bosscha menerima kunjungan wisata ataukah tidak. Jangan sampai sudah terlanjur tiba di Bosscha, namun tempat tersebut tidak sedang dalam waktu kunjungan wisata. Kepastian apakah Anda dapat mengunjungi Bosscha adalah dengan melakukan kontak via telepon dari pihak Bosscha untuk mengatur jadwal. Jika hendak siang, maka Anda tidak perlu melakukan kontak via telepon, namun cukup sesuaikan dengan hari yang diperbolehkan. Sebab tidak dapat sewaktu-waktu wisatawan dapat berkunjung untuk tujuan wisata astronomi ke Bosscha khusus ketika untuk kunjungan di waktu malam hari.

Setelah Anda berhasil masuk ke Bosscha, maka apa yang akan Anda peroleh. Tentu saja pengalaman, pengetahuan, dan juga kesenangan. Dunia astronomi seakan-akan tersembunyi di dalam Bosscha. Tidak dapat dipungkiri, keberadaan Bosscha memang menarik perhatian kota Lembang. Meskipun kebijakan atau peraturan dari Bosscha tidak dapat leluasa untuk wisatawan, namun tetap saja Bosscha dinantikan untuk dikunjungi kembali.