Wednesday , October 28 2020

Waspadai Kesalahan Dalam Bisnis Kuliner

Memang benar bisnis di bidang kuliner menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan. Jenis bisnis yang satu ini pun dirasa lebih mudah dibanding jenis bisnis yang lain. Namun, perlu diwaspadai anggapan enteng tentang bisnis kuliner ini tidak jarang malah menjadi penyebab sejumlah pebisnis bidang kuliner gulung tikar. Mengapa demikian? Untuk menjawab pertanyaan tersebut berikut diberikan beberapa kesalahan dalam menjalankan bisnis kuliner yang mesti diwaspadai:

Fondasi Tidak Kuat

Salah satu kesalahan dalam menjalankan bisnis kuliner yaitu karena fondasi business plan yang tidak kuat. Rencana bisnis dibutuhkan sebagai bentuk kesiapan menjalankan usaha. Dengan bekal fondasi yang kuat tentu membuat usaha berjalan lebih terarah. Hal ini karena Anda sudah mempersiapkan upaya antisipasi pada sejumlah kegagalan yang mungkin terjadi.

Tidak Fokus

Kesalahan yang tidak jarang dilakukan oleh pebisnis di bidang kuliner yaitu tidak fokus terutama dalam hal pengembangan. Saat memulai usaha kuliner tentu ada harapan usaha yang dijalankan bisa awet dan berkembang. Bisa membuka cabang baru dan memiliki lebih dari satu bisnis memang keinginan yang wajar. Hanya saja hindari terlalu terburu-buru membuka cabang baru dalam waktu dekat. Bila Anda memiliki rencana lain membuka bisnis baru yang lain tunda dulu rencana tersebut. Pasalnya bisa jadi perhatian Anda terpecah dan menjadi tidak fokus karena banyak hal yang mesti dipikirkan.

Manajemen Uang yang Bercampur

Menjalankan bisnis memang salah satunya bertujuan untuk mendapatkan penghasilan. Akan tetapi, tidak dibenarkan untuk mengelola uang bisnis bercampur dengan uang pribadi. Pisahkan sebaik mungkin guna mengetahui berapa besar laba usaha yang Anda dapatkan. Adapun laba usaha yang didapat sebaiknya digunakan untuk investasi memperbarui alat atau bersiap membuka cabang baru. Jadi hindari menggunakan laba usaha sekedar untuk memenuhi kebutuhan konsumtif saja.

Persaingan Harga

Dalam menjalankan bisnis kuliner ataupun jenis bisnis yang lainnya, persaingan memang tidak bisa dihindari. Persaingan pun bisa terjadi dalam hal harga. Dalam hal ini perlu diwaspadai seringkali kompetitor menawarkan produk kuliner yang sama dengan harga yang lebih murah guna menarik konsumen. Oleh karena itu, usahakan menjual produk kuliner dengan harga terjangkau tetapi kualitas dan rasanya tetap terjaga. Karena itu tekan sedikit laba yang Anda targetkan. Lebih baik mendapat untuk sedikit tetapi dengan laju cepat dan berkesinambungan.

Berhenti Berinovasi

Salah satu kesalahan lain dalam menjalankan bisnis kuliner yaitu berhenti berinovasi. Padahal dalam menjalankan usaha kuliner inovasi dan kreativitas menjadi modal penting yang tidak boleh dilupa. Namun, setelah mendapat kesuksesan tidak sedikit yang lantas lupa untuk berinovasi. Sebagai tips, sesukses apapun bisnis kuliner Anda jangan berhenti berinovasi. Perlu diingat bahwa sejumlah pesaing senantiasa siap menyaingi bisnis Anda. Bila tidak ingin kalah saing tentu Anda wajib kreatif dengan menciptakan menu inovasi baru.

Perhatikan benar setiap hal yang berhubungan dengan bisnis kuliner Anda. Meski sudah meraih kesuksesan tidak lantas menjadi alasan untuk berhenti berinovasi ataupun memberikan menu makanan berkualitas baik kepada konsumen. Konsistensi dalam memberikan kualitas terbaik pun menjadi poin penting yang tidak boleh terlupa. Dengan memperhatikan beberapa hal di atas semoga bisnis kuliner yang Anda jalankan bisa lebih sukses dan nantinya dapat diwariskan ke anak cucu.

About Bas