Tuesday , October 27 2020

Waspada Girls, 5 Kebiasaan Ini Bisa Menurunkan Kesuburan Loh!

Kebanyakan wanita cenderung berlomba-lomba untuk merawat tampilan fisiknya. Namun sayang, kerap lupa memperhatikan kesehatan organ intimnya. Padahal hal itu sangat penting, loh! Dengan Kamu merawat kesuburan maka bisa meningkatkan peluangmu untuk hamil lebih cepat. Sebaliknya, bila kesuburan tidak diperhatikan maka efeknya dapat memicu infertilisasi.

Adapun cara merawat kesuburan, sebenarnya cukup mudah Girls! Kamu hanya perlu memperhatikan pola makanmu dan kebiasaan sehari-hari.

Nah, untuk informasi, berikut ini beberapa kebiasaan yang bisa menganggu kesuburan. Segera hindari ya!

  1. Enggak Pernah Sarapan Pagi

Hayo, siapa nih yang sering melewatkan sarapan di pagi hari? Hati-hati loh Girls, kebiasaan tak pernah sarapan ini nggak cuma bikin badanmu jadi lemas. Tapi juga bisa meningkatkan risiko gangguan kesuburan.

Hal ini sebagaimana penelitian yang dilakukan Universitas Tel Aviv, Israel. Mereka melakukan survey terhadap 60 relawan wanita yang mengidap PCOS (sindrom ovarium polikistik). Dan hasilnya, mereka yang rutin melakukan sarapan cenderung memiliki tingkat kesuburan 50% lebih tinggi dibandingkan orang yang jarang atau nggak pernah sarapan.

Adapun alasannya, ketika seseorang sarapan di pagi hari maka kalori yang diserap tubuh akan digunakan untuk menormalkan produksi hormon sekaligus meningkatkan sensitivitas insulin. Kedua hal tersebut tentunya berpengaruh terhadap peningkatakan kesuburan wanita. Menurut penelitian, umumnya orang yang menderita diabetes rentan memiliki gangguan kesuburan.

  1. Berolahraga Terlalu Berat dan Intens

Semua pakar kesehatan setuju bahwa olahraga itu memberikan dampak positif terhadap tubuh. Tapi demikian, apabila olahraga tersebut dilakukan berlebihan, dalam artian Kamu berolahraga berat secara terus-menerus, maka efeknya bisa menganggu kesuburan, Girls!

Kamu berisiko mengalami kelelahan yang berefek pada terganggunya proses ovulasi, dimana jadwal haid menjadi tidak teratur. Tentunya kondisi tersebut enggak sehat. Dan jika berlangsung dalam jangka waktu lama bisa memicu infertilisasi.

Untuk para wanita, baiknya olahraga yang ringan-ringan saja. Misalnya jogging, jalan kaki, yoga, senam aerobik, dan sesekali berenang. Batasi waktunya 3 kali dalam seminggu, dimana perharinya sekitar 20 menit. Yang penting itu, Kamu aktif bergerak. Jangan hanya diam dan duduk lama, itu malah memicu penyakit degeneratif loh!

  1. Sering Begadang

Kebiasaan begadang atau terjaga di malam hari jelas tidaklah baik untuk kesehatan. Selain menganggu proses metabolisme, ternyata terlalu sering begadang juga menyebabkan menurunnya tingkat kesuburan.

Maka itu, sebisa mungkin jagalah waktu tidur malammu dengan baik. Paling tidak 6-8 jam sehari. Kalaupun Kamu memiliki masalah insomnia, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter. Jangan biarkan kondisi tersebut berlarut-larut!

  1. Keseringan Jajan makanan di luar

Enggak bisa dipungkiri ya, jika masyarakat urban saat ini cenderung lebih sering jajan makanan di luar daripada memasak sendiri di rumah. Alasannya mungkin karena sibuk.

Well, perlu Kamu ketahui bahwa jajan di luar terlalu sering itu enggak sehat. Misalnya saja, makanan kemasan, makanan cepat saji, makanan kaleng, goreng-gorengan, dan sejenisnya. Semua itu biasanya mengandung zat kimia tambahan (seperti zat pengawet, perasa, pewarna) yang bisa menimbulkan efek negatif pada tubuh. Termasuk menganggu proses ovulasi.

Selain itu, adanya kandungan gula yang tinggi pada makanan cepat saji juga berisiko menaikkan glukosa dalam darah. Jika glukosa naik maka dampaknya sensitivitas insulin menurun sehingga kesuburan pun juga ikut turun. Jadi sebisa mugkin cobalah mengontrol dirimu untuk tidak terlalu sering jajan di luar.

  1. Terlalu Sering Minum Kopi

Terakhir nih Girls, salah satu penyebab menurunnya kesuburan yakni dikarenakan terlalu sering minum kopi. Memang kopi itu memiliki banyak manfaat, khususnya kopi hitam murni (tanpa cream ya). Namun bila dikonsumsi berlebihan juga tidaklah baik. Efeknya tak hanya memicu insomnia dan ketergantungan saja. Tapi juga bisa menganggu ovulasi. Hal tersebut disebabkan kopi mengandung kafein.

Menurut studi, pengonsumsian kafein 300 mg atau 3-6 cangkir kopi sehari bisa menurunkan kesuburan. Jadi baiknya, bila Kamu ingin minum kopi, cukup 1-2 cangkir sehari aja Girls. Dan ingat, jangan terus-menerus.

So, itulah tadi Girls beberapa kebiasaan yang dapat menganggu kesuburan. Semoga info ini bisa bermanfaat ya!

About amania

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *