Usaha saat kuliah, siapa bilang akan mengganggu pendidikan. Semua tergantung dari masing-masing individu dalam mengatur waktu. Di zaman modern, menjadi pelaku usaha saat masih sekolah sudah kegiatan yang biasa. Tidak dipandang tabu atau akan dianggap anak dari keluarga kurang beruntung.

Anda akan heran ketika mengetahui bahwa teman kuliah Anda yang sibuk berjualan ternyata anak dari orang ternama. Jadi, untuk apa malu memulai usaha saat sedang kuliah. Mulai saja dengan usaha yang mudah untuk dilakukan. Berikut adalah usaha yang dapat dilakukan mahasiswa meskipun masih kuliah dan tanpa mengganggu pendidikan mereka.

1. Usaha Jajanan Pasar

Anda hanya perlu bangun sedikit lebih awal dari biasanya untuk melakukan usaha satu ini. Berjualan jajanan pasar saat kuliah dijamin akan laris-manis. Jika kebetulan tempat tinggal atau kos Anda dekat dengan pasar atau warung yang biasa menjajakan jajanan pasar, maka belilah dari tempat tersebut. pilihlah jajanan pasar yang sekiranya disukai banyak orang. Seperti martabak, lumpia, tahu bakso, agar-agar, kue lapis, dan lainnya. Kemudian bawalah dengan kotak bekal ke kampus dan jajakanlah ketika bertemu teman-teman kuliah.

Biasanya usaha jajanan pasar yang dibawa oleh salah satu mahasiswa saat kuliah akan cepat habis terjual. Apalagi Anda masih duduk di semester-semester awal yang padat dengan jadwal kuliah sehingga lima menit saja untuk ke kantin masih takut dilakukan atau malas naik dan turun lift. Dengan Anda membuka usaha tersebut, maka akan membuat banyak teman kuliah Anda semakin mudah mengisi perut. Tanpa perlu khawatir saat jam kuliah berlangsung, perut keroncongan.

2. Usaha Retail

Jika sejak kecil di dalam diri Anda tertanam jiwa wirausaha tentu Anda sudah tahu apa itu retail. Dengan menjual produk dari produsen juga dapat Anda lakukan saat kuliah. Anda tidak perlu repot memproduksi produk tertentu. Kebetulan jika Anda menangkap keinginan mahasiswa sedang booming tas kuliah, maka jualah produk tas kuliah dengan retail. Tentu teman-teman kuliah Anda akan banyak yang memesan melalui Anda. Atau dapat juga retail produk sepatu yang sedang booming saat itu. Apapun produk retail dapat Anda jual asalkan memang sedang booming di dunia kampus. Jangan lupa untuk berikan diskon setiap minimal pembelian tertentu untuk menarik pasar.

3. Usaha Desain Kaos Angkatan

Setiap jurusan tentu akan bangga memakai kaos angkatan. Ajaklah beberapa teman yang pandai dalam mendesain untuk membuka usaha kaos angkatan. Desain terlebih dahulu kaos angkatan yang memang sekelas anak muda kuliahan. Paling tidak berikan dua sampai tiga desain yang dapat dipilih oleh teman kuliah Anda yang tertarik memesan kaos angkatan tersebut. tentu jika Anda sudah hobi mendesain, waktu kuliah tidak akan terganggu meskipun Anda membuka usaha kaos angkatan.

4. Usaha Fotokopi Catatan Atau Soal Kuliah Yang Anda Miliki

Sudah menjadi santapan sehari-hari teman kuliah yang satu akan bergantung pada teman kuliah yang lain. Pasti sudah ada dua sampai tiga orang yang dibidik untuk memesan buku catatan. Jadilah bagian dari teman yang dibidik untuk dipinjami buku catatan. Namun daripada Anda harus merelakan buku catatan yang akhirnya lusuh karena sudah bergonta-ganti sepuluh orang. lebih baik tawarkan untuk memfotokopi buku catatan Anda.

Biarlah Anda yang akan memfotokopi. Namun dibalik itu ada usaha yang Anda lakukan. Yaitu, dengan mengambil sedikit keuntungan dari setiap lembar fotokopian tersebut. Sebagai contoh, ketika ada sepuluh lembar maka per lembarnya Anda akan mengambil untung seratus rupiah. Tentu usaha yang lumayan untuk menambah uang saku kuliah Anda.