Tuesday , October 20 2020

Unik, 7 Kuliner Ini Cuma Bisa Ditemukan di Indonesia

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia tak hanya kaya akan suku dan adat-istiadat. Tapi juga memiliki beragam kuliner yang menggoda serta terbilang unik! Dimana tiap-tiap daerah mempunyai makanan khas yang berbeda-beda.

Yang lebih mengagumkan lagi, keberadaan kuliner Indonesia saat ini telah menjadi sorotan dunia. Tak sedikit turis asing yang datang negeri kita hanya untuk mencicipi kelezatan masakan nusantara. Karena memang, nggak semua makanan Indonesia itu bisa ditemukan di negara-negara lain.

Seperti ketujuh makanan ini yang cuma ada di Indonesia. Kira-kira apa saja ya? Berikut ulasannya!

  1. Kue Panada

Jajanan khas Indonesia pertama yang nggak bakal Kamu temui di negara lain yaitu kue Panada. Kue asal Manado ini sekilas mirip dengan pastel, tapi kulitnya lebih tebal dan empuk. Selain itu, isiannya juga berbeda.

Umumnya kue Panada diisi dengan ikan cakalang yang sudah disuwir-suwir dan dimasak bersama rempah-rempah meliputi daun kemangi, daun bawang, daun jeruk, bawang merah, santan dan cabe. 

Selain itu, Kamu juga bisa mengkreasikan kue Panada ini dengan mengganti ikan cakalang dengan isian lainnya. Misalnya ikan tuna, ayam, kentang, wortel atau lainnya. Kue Padana dikenal enak, gurih dan pedas sehingga bisa bikin lidah ketahigan. Sudah pernah coba?

  1. Ampiang Dadiah

Pernah dengar jajanan bernama Ampiang Dadiah? Jajanan ini merupakan makanan khas Minang yang berasal dari Sumatera Barat.

Ampiang Dadiah ini terdiri dari 2 makanan yang berbeda, yakni ampiang dan dadiah. Ampiang adalah emping yang berasal dari beras ketan. Sedangkan dadiah adalah yogurt tradisional yang dibuat dari fermentasi susu kerbau. Kedua makanan tersebut disajikan bersama dalam satu mangkuk, dimana ampiang disiram dengan kuah dadiah. Lalu ditambah gula merah, santan, kelapa serut dan es serut sehingga cita rasanya lebih lezat.

Makanan ini sering disajikan saat ada acara-acara hajatan, seperti pernikahan, pengajian, dan sejenisnya.

  1. Seblak

Siapa yang nggak suka dengan kuliner bercita rasa pedas dan gurih ini? Ya, seblak adalah salah satu jajanan khas Sunda yang sedang booming belakangan tahun ini. Kamu bahkan bisa menemukan penjual seblak hampir di semua daerah di Indonesia.Selain itu, tak jarang orang membuatnya sendiri di rumah karena memang resep untuk ngebikin seblak sangatlah mudah.

Biasanya, seblak dibuat dari campuran kerupuk udang, siomay, bakso dan sayuran yang disiram dengan air hangat dan ditambahkan bumbu kental. Dimana bumbunya diracik dari gula, garam, bawang putih, bawang merah serta kunyit.

Tentunya kuliner ikon Bandung ini akan sulit untuk Kamu temukan di luar negeri.

  1. Rujak Cingur

Bagi Kamu yang berasal dari Jawa Timur, khususnya Surabaya pasti sudah tak asing dengan kuliner rujak cingur, bukan?

Sesuai namanya, rujak cingur merupakan rujak yang dipadukan dengan bahan utama ‘cingur’ yakni mulut sapi yang telah direbus.Kemudian dicampur dengan bahan-bahan lain, meliputi sayur kangkung, kecambah, kacang panjang, tahu dan tempe goreng, mentimun, nanas, bengkoang, kendodong, serta mangga muda.

Bahan-bahan tersebut lalu disiram dengan bumbu rujak yang terbuat dari kacang goreng, petis udang, gula merah, garam, bawang goreng, pisang klutuk, dan cabe. Rujak cingur ini sangat nikmat bila dikonsumsi di siang hari. Selain bikin kenyang, juga terbilang bergizi karena kaya akan buah-buahan dan sayuran.

  1. Nasi liwet

Nasi liwet juga merupakan kuliner khas Solo yang nggak bisa Kamu temui di negara lain. Nasi ini merupakan nasi yang dimasak dengan kepala dan memiliki cita rasa gurih mirip nasi uduk.Umumnya, nasi liwet disajikan dengan suwiran ayam, tempe bacem, sayur labu siam, telur pindang, dan areh. Tak ketinggalan pula sambal goreng ati dan sambal terasi.

Di samping itu, agar lebih menggugah selera, biasanya nasi liwet juga dihidangkan bersama ikan asin, ikan peda merah dan ikan kembung. Biasanya sih, untuk tiap-tiap daerah memiliki cara penyajian yang cukup berbeda.

Nah, itulah beberapa kuliner Indonesia yang gak bisa Kamu temui di negara lain. Jadi, mana nih kuliner favoritmu?

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *