Trik Membersihkan Oven dengan Cuka dan Baking Soda

Cara Membersihkan Oven dengan Cuka dan Baking Soda Anda mungkin pernah mendengar kalau oven yang dilengkapi dengan fasilitas self-cleaning sekalipun tetap perlu dibersihkan secara manual. Dan ya, hal itu memang benar adanya.

Nah daripada menghamburkan uang membeli produk pembersih oven yang harganya mahal dan syarat bahan kimia berbahaya, Anda bisa menggunakan bahan alami yang lebih aman seperti cuka dan baking soda. Di samping murah meriah, keduanya juga terbukti ampuh atasi noda membandel pada oven.

Oke sekarang kalau kedua bahan sudah siap, lantas apa yang harus dilakukan? Bagaimana trik membersihkan oven dengan cuka dan baking soda itu?

Simak panduannya berikut ini:

 

1.Kosongkan Oven lebih dulu

Bukan hanya makanan di dalamnya saja, namun rak, pizza stone, termometer, dan semua perlengkapan yang ada di dalam oven juga harus dikeluarkan.

2.Buat pasta pembersihnya

Untuk membuat pasta pembersih oven sendiri, campur ½ cangkir baking soda dengan 3 sdm air dalam sebuah mangkuk kecil. Anda boleh menyesuaikan rasio kedua bahan tersebut, yang penting adalah tekstur pastanya harus mudah dioleskan.

3.Lapisi oven dengan pasta pembersih tadi

pasta pembersih oven

Sumber: https://www.thekitchn.com/

Sekarang oleskan pastanya menyebar ke seluruh permukaan bagian dalam oven (kecuali bagian elemen pemanasnya). Anda bisa menggunakan sarung tangan kalau interior oven sangat kotor. Begitu baking sodanya mulai digosokkan, warnanya biasanya berubah menjadi kecoklatan. Hal ini wajar, karenanya tetap oleskan pasta baking soda merata di seluruh bagian dalam oven sambil berfokus pada area yang terkena noda minyak.

4.Diamkan semalaman

Ya biarkan lapisan pasta baking soda tadi semalam-malaman (sedikitnya 12 jam). Selagi menunggu, Anda bisa memanfaatkan waktu untuk mencuci raknya. Untuk ini, Anda perlu:

  • Bak cuci piring.
  • Air panas.
  • Sabun cuci piring.
  • Spon atau sikat yang sifatnya tidak abrasif/ merusak bahan.
  • Handuk kering.

Caranya, letakkan rak di dalam bak cuci piring, lalu isi bak dengan air panas hingga raknya terendam sempurna. Tuang lalu larutkan ½ cangkir sabun cuci piring dalam air panas tadi, dan biarkan rak terendam selama 4 jam atau semalaman.

Proses perendaman akan membuat noda dan kotoran yang menempel di rak melunak sehingga mudah dikikis. Nah untuk mengikisnya, gunakan spon atau sikat. Setelah bersih, bilas dengan air dan keringkan raknya sebelum dikembalikan ke dalam oven.

6.Saatnya oven dibersihkan

Keesokan harinya, atau 12 jam kemudian, ambil lap basah lalu seka permukaan interior oven yang sebelumnya telah diolesi pasta baking soda. Seka baking soda yang mengering tadi hingga bersih, lakukan semaksimal mungkin. Anda juga bisa menggunakan bantuan sendok kayu untuk mengikis pasta baking soda yang mengering, atau menjangkau area tertentu yang sulit dibersihkan oleh lap basah.

7.Semprotkan sedikit cuka

Setelah itu, semprotkan cuka di area yang masih ada baking sodanya. Biarkan cuka bereaksi dengan baking soda sehingga membentuk semacam foam lembut.

8.Seka sekali lagi

Sekali lagi, ambil lap basah lalu seka ulang bagian yang foamy  tadi. Ulangi hingga semua residu baking soda hilang. Kalau perlu, Anda bisa menambahkan lebih banyak air atau cuka untuk mempermudah proses pembersihannya.

9.Kembalikan semua pada tempatnya

Karena proses bersih-bersih oven maupun rak sudah selesai, kini saatnya mengembalikan rak maupun semua perlengkapan pada tempatnya di dalam oven. Bagaimana, cukup mudah bukan? Saatnya praktek!

***

Penulis: Megsaroh

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *