Sunday , October 25 2020

Tradisi Unik Menjadi Cantik Suku di Berbagai Negara

Kecantikan adalah hal yang relatif. Ada yang menganggap bahwa cantik itu harus memiliki gigi yang bersih, rambut yang lurus, tubuh yang langsing dan hidung yang mancung serta kulit yang putih. Namun, ada juga yang menganggap bahwa cantik merupakan sesuatu yang tidak dapat dilihat, namun hanya dapat dirasakan karena hanya berasal dari sikap dan hati yang bersih. Terlepas dari semua paradigma tersebut, negara-negara ini juga memiliki standar kecantikan yang berbeda dan tak jarang membuat kita berdecak. Apa saja tuntutan cantik yang harus dipenuhi setiap wanita di negara ini agar disebut cantik?

Wanita Gemuk – Mauritania

Big is beautiful! Siapa bilang perempuan gemuk itu jelek? Buktinya, masyarakat Mauritania menganggap bahwa perempuan bertubuh gemuk itu cantik. Mengapa demikian? Gemuk merupakan lambang kemakmuran di sana. Para pria di Mauritania akan meminang wanita yang gemuk karena melambangkan kesuburan dan keadaan tubuh mereka yang sehat. Hal itu mendorong para ibu untuk memberi makan secara berlebihan kepada anak perempuannya agar nanti saat dewasa menjadi gemuk dan cantik dan siap untuk dipinang. Namun bahayanya yang belum mereka ketahui adalah kegemukan atau obesitas merupakan salah satu ancaman yang dapat membahayakan jiwa mereka.

Bedak Kotoran Burung – Jepang

Dulu, para geisha Jepang selalu menggunakan bedak setebal mungkin untuk menutupi seluruh wajahnya. . Bedak yang digunakan oleh para geisha zaman dulu terbuat dari kotoran burung Bulbul yang memiliki tekstur halus dan tidak berbau, dicampur dengan tepung beras. Mereka mengaplikasikan bedak setebal mungkin hingga seluruh wajah terlihat sangat putih. Semakin putih wajahnya, maka semakin cantiklah ia.

Tradisi memanjangkan telinga – Suku Dayak – Indonesia

Di suku Dayak terdapat tradisi aneh untuk membuat seseorang menjadi cantik, yaitu dengan menindik telingan dan membiarkannya memanjang. Setiap waktu jumlah anting yang dikenakan di telinganya akan bertambah. Jika kita ingin mengetahui usia pemakai anting tersebut, cukup hitung saja jumlah anting yang terjuntai di telinganya. Anting yang dikenakan juga menunjukkan status sosial si pemakai anting.

Tradisi Meruncingkan Gigi – Suku Bagobo

Memiliki gigi runcing seperti vampir merupakan hal yang menakutkan, apalagi bila gigi runcing tersebut ada pada seorang wanita. Namun, hal inilah yang justru membuat wanita suku Bagobo menjadi cantik. Ya, dengan rela kesakitan demi mendapatkan gigi runcing yang sempurna, mereka nantinya akan dianggap sebagai wanita yang cantik.

Tradisi Memanjangkan Leher – Suku Kayan

Lain lagi dengan suku Dayak, suku Kayan akan memanjangkan lehernya dengan terus-terusan mengenakan kalung. Hal ini memang benar akan membuat leher menjadi memanjang. Bayangkan betapa sulitnya anak perempuan suku Kayan saat makan atau melakukan aktivitas membungkuk, ya.

Tato di Seluruh Tubuh – Suku Amazon

Mungkin inilah yang menjadi inspirasi para wanita zaman sekarang mentato seluruh tubuhnya, agar dapat dianggap cantik seperti wanita suku Amazon. Bedanya, wanita suku Amazon menggunakan darah hewan sebagai tinta untuk tato mereka.

Kosmetik Berbahaya – Mesir

Anda pasti mengenal Cleopatra, bukan? Ratu Mesir yang cantik dan cerdas ini menjadi ikon negara Mesir. Ternyata, menurut kepercayaan, rahasia cantik Cleopatra ada pada penggunaan bahan yang disebut dengan merkuri. Sayangnya, bahan ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan pengelupasan kulit, membuat kulit terasa terbakar bahkan bisa memicu kanker kulit.

Nah, itulah ritual-ritual menjadi cantik ala wanita dari berbagai negara di dunia. Jangan sampai Anda tertarik untuk mencobanya, ya.

About Bas