Friday , October 30 2020

Tips Sukses Usaha Studio Foto Dengan Modal Kecil

Dengan modal kecil lalu membuka usaha foto di tengah-tengah keadaan di mana semua orang sudah memiliki kamera dan printer sendiri apakah masih bisa sukses ? Nyatanya meskipun memiliki kamera sendiri banyak orang yang masih mendatangi studio foto untuk mengabadikan momen penting. Berikut adalah tips untuk membuak studio foto dengan budget kecil.

Lokasi Bagus

Studio foto yang baru dirintis tidak perlu luas apalagi dengan modal yang pas-pasan. Yang penting pilihlah lokasi yang muat untuk menyimpan perlengkapan dan banyak dilalui oleh orang. Anda bisa membuka studio di lokasi dekat kampus karena biasanya studio foto kebanjiran order untuk memotret wisudawan.

Kamera Second

Membeli kamera DSLR adalah modal utama bagi seorang fotografer karena menghasilkan gambar yang lebih berkualitas. Harga sebuah kamera DSLR yang bagus memang sangat mahal, namun Anda bisa membeli kamera second yang harganya lebih murah tetapi kondisinya masih bagus. Beberapa kamera DSLR dengan harga terjangkau yang bisa Anda pilih adalah Canon 40D, Canon 400D, Nikon D70, Nikon D3000 atau Nikon D40.

Kemampuan Memadai

Membuka studio foto berarti Anda harus siap memenuhi segala permintaan konsumen terutama untuk editing foto. Untuk bisa mengedit foto dengan baik Anda harus menguasai teknik pengambilan gambar yang canggih, ditambah dengan mengoperasikan software seperti photoshop atau corel draw. Kemampuan hard skill ini bisa didapat dari banyak berlatih dan belajar secara teori.

Peralatan/Kit yang Murah

Selain kamera, perlengkapan untuk memotret adalah lensa, lampu, trigger, background, komputer, dan printer. Lensa untuk kamera DSLR memang dijual terpisah dengan body kameranya karena masing-masing lensa akan menghasilkan gambar yang berbeda. Anda bisa membeli bermacam-macam jenis lensa nantinya jika sudah berkembang, namun untuk awalnya saja Anda bisa membeli lensa kit 18-55mm yang second dengan harga jauh lebih murah.

Setelah peralatan kamera yang dilengkapi dengan lensa, kemudian tripod Anda juga perlu melengkapi untuk keperluan lighting. Lampu yang digunakan untuk studio foto Anda bisa menggunakan satu lampu dan satu flash saja untuk permulaan. Lalu dilengkapi dengan umbrella reflextor dan lightstand yang bisa didapatkan dengan harga yang murah.

Buka Usaha Sampingan

Sebagai pendukung dari usaha studio foto Anda juga bisa menawarkan fasilitas lainnya yang berhubungan dengan fotografi. Misalnya Anda bisa menjual berbagai macam ukuran dan bentuk pigura atau menawarkan jasa paket pemotretan untuk momen tertentu seperti paket wisuda, paket pre-wedding, paket foto fun, dan lain sebagainya. Anda juga bisa menyediakan jasa rental handycam atau kamera dengan aturan yang Anda buat sendiri. Dengan demikian bisnis akan lebih cepat berkembang dan Anda bisa membuka studio foto yang lebih profesional dan lebih besar.

Mengabadikan momen penting tidak cukup hanya disimpan di dalam gadget atau dalam bentuk data saja. Selain itu masih orang juga masih banyak membutuhkan jasa tukang foto untuk membuat pas foto atau sebagai fotografer dalam acara hajatan. Oleh karena itu peluang bisnis studio foto ini sebenarnya masih terbuka lebar apalagi dengan kebijakan pemerintah yang mendorong terus tumbuhnya industri ekonomi kreatif di Indonesia.

Bisnis yang dirintis dari sebuah hobi adalah bisnis yang paling menyenangkan, karena Anda dibayar untuk melakukan hobi Anda.