Tuesday , October 20 2020

Tips Sukses Membuka Usaha Makanan

Membuka usaha makanan itu tidak ada matinya. Anggapan tersebut tentu ada benarnya mengingat makan dan minum menjadi kebutuhan pokok manusia. Dalam kondisi sedang berhemat sekalipun tentu kebutuhan makan tidak bisa ditunda bila sedang lapar. Karenanya tidak heran bila beberapa tahun belakang ini banyak usaha makanan mulai bermunculan di mana-mana. Baik berupa pedagang makanan kaki lima, gerobak, hingga modern yang lebih dikenal sebagai restoran dan kafe. Dengan adanya peluang usaha yang cukup menjanjikan tentu tidak ada salahnya bila Anda mencoba bergelut dalam bidang ini. Tidak perlu takut, berikut diberikan beberapa tips sukses membuka usaha makanan yang dapat dijadikan panduan:

1. Pilih Lokasi Usaha Strategis

Pilih lokasi usaha strategis yang banyak dikunjungi atau dilewati orang. Contoh lokasi strategis untuk membuka usaha makanan misalnya di sekitar area kampus, kawasan perkantoran, perumahan, pasar, dan area objek wisata. Namun, pada pemilihan lokasi usaha ini Anda memang mesti memperhitungkan modal yang perlu disiapkan. Hindari boros modal sekedar mengejar lokasi yang bagus. Setelah mendapatkan lokasi yang pas pastikan Anda juga mendapat perizinan usaha guna menjamin kelancaran bisnis kedepannya. Adapun bila modal awal masih terbatas Anda bisa mencoba memulai dengan menitip produk usaha pada mitra.

2. Memiliki Menu Andalan

Sebelum memulai usaha, dirasa perlu menentukan apa menu andalan. Dalam hal ini Anda bisa melakukan survey kecil-kecilan guna mengetahui contoh menu yang banyak ditawarkan di pasaran. Pertimbangkan menu yang belum banyak dijual. Namun, pilihan menu tersebut sebaiknya disesuaikan dengan target konsumen yang ingin disasar. Pertimbangkan pula berapa kisaran harga yang sekiranya dapat merangkul konsumen sasaran.

3. Miliki Pemasok Bahan Baku Langganan

Agar bisa mengolah makanan ada bahan baku yang dibutuhkan. Pastikan Anda memiliki pemasok bahan baku yang bisa memasok kebutuhan bahan baku setiap hari. Hal ini penting untuk kelancaran bisnis Anda dan pastinya akan lebih menguntungkan dari segi harga. Dengan memiliki pemasok bahan baku langganan selain bisa mendapat potongan harga Anda pun bisa menjadi orang kepercayaan. misal saat terjadi masa sulit atau sedang pailit. Bila persediaan bahan baku di pasaran sedang langka Anda bisa juga menjadi prioritas utama.

4. SDM Handal

Sumber daya manusia untuk usaha makanan biasanya terdiri dari juru masak, pelayan, dan juga kasir. Namun, untuk usaha yang masih berskala kecil sekedar memiliki asisten yang membantu pekerjaan Anda sudah cukup. Pastikan Anda merekrut karyawan yang bisa bekerja profesional. Tentu hal ini mesti diimbangi dengan memperhatikan kesejahteraan karyawan Anda. Berikan gaji sepadan tepat waktu dan bila perlu berikan pula bonus. Tujuannya guna menjaga kestabilan antara kesiapan dan keterampilan karyawan.

5. Lakukan Promosi

Apapun jenis usaha yang Anda geluti sebenarnya membutuhkan promosi. Tidak terkecuali bisnis di bidang makanan. Saat ini melakukan promosi bisa lebih mudah dengan adanya media sosial seperti facebook, twitter, dan lainnya. Selain itu, promosi dari mulut ke mulut juga menjadi media promosi yang tidak kalah efektif sampai sekarang.

Rencanakan usaha bidang makanan Anda secara matang dan segera lakukan. Tahap awal memulai usaha memang menjadi tahap yang tidak mudah. Ada rasa takut dan kekhawatiran yang tidak jarang membuat pesimis kepada kemampuan diri sendiri mengelola bisnis. Namun, hal tersebut bukan alasan untuk tidak mencoba. Pasalnya Anda tidak akan pernah tahu kemampuan Anda bila belum mencoba. Sekian dan semoga sukses.

About Bas