Tuesday , October 20 2020

Tips Sukses Membuka Toko Online

Masyarakat semakin menyukai berbelanja online karena lebih praktis dan biasanya toko online memberikan harga lebih murah dibandingkan harga pasar. Banyaknya persaingan toko online di internet tentu dibutuhkan strategi untuk dapat menembus pasar, berikut adalah tips untuk Anda yang ingin membuka toko online.

Desain Menarik dan Informatif

Halaman depan sebuah situs seperti layaknya halaman rumah yang merepresentasikan isi dalamnya. Buatlah desain situs yang menarik minat pengunjung untuk melihat barang jualan Anda namun tetap sederhana layoutnya karena layout yang menumpuk akan membuat pengunjung bingung. jangan lupa cantumkan widget alamat dan cara pembayaran yang jelas. Desain situs yang dibuat dengan usaha akan terlihat oleh pengunjung dan menambah kepercayaan mereka kepada toko Anda.

Customer Service Memuaskan

Membuka toko online berbeda dengan toko offline di mana Anda harus siap dihubungi oleh calon konsumen kapan pun dan di mana pun. Jika Anda tidak menghendaki pelayanan 24 jam, cantumkan saja di situs Anda jam berapa Anda membuka customer service, jangan lupa mencantumkan bagaimana caranya menghubungi Anda. Jawablah pertanyaan dari konsumen dengan jelas dan bahasa yang sopan, segera minta maaf jika ada tanda ketidakpuasan terhadap toko. Jika ada testimony dari konsumen, Anda bisa memajangnya di situs toko Anda.

Foto Produk Yang Bagus

Jika perlu sewalah jasa fotografer untuk menghasilkan foto produk yang menarik. Gambar produk harus jelas dan memperlihatkan detail dengan baik, karena itu gambar sebaiknya diambil dari berbagai sudut dengan penerangan yang baik. Cantumkan spesifikasi barang dan harga pada setiap foto agar informasi bagi pengunjung jelas. Mengunggah foto ke situs toko Anda sebaiknya perhatikan ukuran pixelnya jangan sampai pecah, namun juga jangan terlalu besar karena bisa membuat loading halaman menjadi berat. Halaman yang berat akan mengurangi minat pengunjung untuk melihat lebih lanjut.

Buka Reseller/Dropship

Jika toko online Anda sudah stabil dan menghasilkan omzet yang cukup bagus, Anda bisa memperluas pasar dengan membuka kesempatan untuk bisnis reseller. Reseller akan membantu menjual produk Anda dan sistem keuntungannya bisa Anda tentukan sendiri. Biasanya sebuah toko akan menjual barang kepada reseller dengan harga diskon kemudian reseller akan mendapatkan keuntungan dari harga jual barang yang ia tentukan sendiri. Atau bisa juga berbagi keuntungan dengan reseller dari hasil penjualan yang dijual oleh reseller.

Jaga Kepercayaan

Berjualan via toko online lebih beresiko kehilangan kepercayaan konsumen dibandingkan dengan toko offline. Jika ada kesalahan dari pihak toko yang membuat konsumen kecewa, konsumen bisa dengan mudah menyebarkannya melalui akun sosial media sehingga berakibat pada nama baik toko Anda. Oleh karena itu jaga baik-baik kepercayaan konsumen dengan memberikan pelayanan dan produk sesuai dengan ekspektasi konsumen.

Metode Pembayaran Mudah

Sediakan beberapa pilihan rekening bank yang paling banyak digunakan untuk memudahkan konsumen dalam melakukan transaksi. Selain dengan transfer ATM, Anda juga bisa menyediakan pembayaran melalui kartu kredit, pembayaran online, atau menggunakan paypal terutama jika menyediakan pengiriman ke luar negeri.

About Bas