Thursday , October 29 2020

Tips Sukses Bisnis Travel Agen Untuk Pemula

Bisnis Travel Agen Untuk Pemula

Bisnis travel agent kini berkembang menjadi peluang usaha menjanjikan. Terlebih karena kebutuhan transportasi baik untuk tujuan ibadah, wisata, kunjungan kerja, atau lainnya telah jadi kebutuhan pokok masyarakat pada umumnya. Masyarakat pun menyadari benar pentingnya memilih transportasi yang lancar dan nyaman, sehingga bisa sampai tempat tujuan secara aman.

Dengan alasan tersebut kebutuhan Travel agent profesional dengan aneka pilihan paket tidak bisa dielakkan. Memang benar adanya bahwa bisnis yang satu ini mempunyai risiko cukup besar. Namun, suatu risiko sebenarnya sudah menjadi bagian dari bisnis. Setiap jenis bisnis pun memiliki risiko yang berbeda. Tinggal bagaimana cara antisipasi agar risiko bisa diminimalisir. Adapun bagi Anda yang tertarik menekuni bisnis ini, berikut diberikan Tips Sukses bisnis Travel Agent untuk pemula :

1. Menjadi Sub Agent Dulu

Untuk memulai bisnis travel tidak harus bermodal besar. Dengan modal kecil sekalipun Anda bisa memulai misal pada tahap permulaan Anda bisa bergabung sebagai sub agent dari travel agent kompeten. Biasanya untuk bekerja sebagai sub agent Anda hanya membutuhkan dukungan internet lancar, PC, telepon, dan printer. Sehingga bisa pula dijalankan dari rumah. Sangat praktis. Dengan begitu Anda sudah dapat memberikan layanan booking tiket pesawat secara online untuk semua maskapai penerbangan. Bahkan bisa pula untuk memesan hotel di seluruh pelosok tanah air.

2. Berikan Inovasi Menarik

Mengingat peluang bisnis ini sangat menjanjikan, tidak heran bila kini banyak bermunculan sub agent travel baru. Karenanya Anda mesti dapat memberikan inovasi menarik untuk membuat calon pengguna tertarik menggunakan jasa Travel agent Anda. Misalnya Anda dapat menawarkan bonus tidak terduga untuk para pelanggan. Selain itu, tawarkan pula paket-paket travel yang belum pernah diberikan oleh bisnis travel agent lainnya.

3. Tentukan Segmen Pasar

Anda juga perlu menentukan segmen pasar Anda. Memang benar bahwa bisnis travel dapat merangkul banyak orang. Namun, dengan menentukan siapa saja segmen pelanggan Anda bisa memberikan penawaran secara tepat dan efektif sesuai dengan kemampuan para pelanggan.

Sebagai contoh untuk pelanggan dari kalangan menengah ke atas pastinya mempunyai kemampuan lebih dibanding sekedar liburan ke objek wisata dalam negeri. Jangan sungkan untuk memberikan penawaran istimewa. Sebaliknya untuk segmen pelanggan menengah ke bawah biasanya harga termasuk salah satu faktor yang menentukan.

4. Pemasaran Cerdas

Apapun jenis bisnis yang dijalankan jelas membutuhkan pemasaran cerdas. Tidak terkecuali bisnis Travel Agent. Lakukan promosi baik secara offline ataupun online.

Melakukan promosi online pun bukan hal yang susah untuk dilakukan. Anda bisa membuat web dan memasang iklan pada direktori bisnis, forum travel, ataupun memanfaatkan sejumlah situs jejaring sosial yang sekarang juga semakin marak digunakan. Melakukan promosi di facebook, instagram, dan twitter misalnya tidak kalah efektif dibanding promosi dengan cara lain. Namun, tidak ada salahnya pula melakukan promosi dengan pamflet, brosur, atau lainnya.

5. Pelayanan Prima

Pelayanan prima juga menjadi faktor penentu sukses tidaknya bisnis travel agent yang Anda jalankan. Agar pelanggan tidak kabur ke travel agent yang lain pastikan untuk selalu memberikan pelayanan memuaskan dan berkesan. Bila Anda memberikan pelayanan baik, tentu pelanggan merasa puas dan bahkan tidak ragu untuk merekomendasikan kepada kerabat atau teman-temannya.

Sebagai tips tambahan untuk memberikan pelayanan baik Anda bisa menempatkan layanan konsultasi. Fungsinya guna membuka forum diskusi dan memberi bermacam opsi ataupun solusi kepada pelanggan.