Thursday , October 22 2020

7 Tips Sederhana Merawat Sepatu Agar Awet Tahan Lama

Biasanya para cewek suka banget mengoleksi sepatu, baik itu flat shoes, sneaker, heels dan jenis lainnya. Pasalnya sepatu ini gak sekedar untuk alas kaki. Tapi di jaman sekarang, sepatu juga menjadi bagian dari fashion.

Nah, kalau kamu termasuk salah satu orang yang gemar koleksi sepatu. Tentunya kamu harus tahu nih tips-tips sederhana untuk merawat sepatu agar awet tahan lama. Diantaranya sebagai berikut :

1. Rutin Dibersihkan

Tips pertama agar sepatu enggak cepat rusak adalah harus rutin dibersihkan. Usahakan untuk mengusap sepatu dengan lap setiap hari untuk menghilangkan debu. Kemudian seminggu sekali cuci sepatu dengan sabun agar lebih terjaga kebersihannya. Dengan begitu sepatumu akan terawat dengan baik.

2. Letakkan Gel Silika dalam Sepatu

Ketika kamu membeli sepatu baru biasanya kamu akan menemukan bungkusan putih berisi gel di dalam kardus tersebut. Nah, itu adalah silika. Sebaiknya kamu jangan terburu membuangnya.

Silica gel ini memiliki fungsi menjaga suhu dalam sepatu agar tidak terlalu lembab. Selain itu juga menghilangkan bau. Dengan memasukkan silika gel di dalam sepatu, maka sepatumu akan tetap kering dan terhindar dari bakteri.

 3. Simpan di rak pada suhu ruang

Untuk tempat menyimpan sepatu, sebenarnya kamu bebas meletakkannya dimanapun. Namun alangkah baiknya jika kamu menyediakan wadah khusus, misalnya saja di rak sepatu.

Dengan menyimpan sepatu di rak, maka sepatu kamu akan tertata rapi. Tidak berantakan dan tidak terinjak sana-sini. Kamu boleh memasukkan sepatumu di kardus atau plastik dulu. Kemudian letakkan kardusnya di atas rak.

Oiya, posisi rak sebaiknya tidak terpapar sinar matahari. Sebab cahaya bisa membuat warna cepat pudar dan tekstur sepatu jadi rusak. Namun juga jangan terlalu lembab.

4. Gunakan Semir Untuk Menjaga Warnanya

Tips merawat sepatu selanjutnya adalah dengan rutin menyemirnya. Sepatu yang sering digunakan biasanya jadi kusam dan kotor karena terpapar debu. Apabila tidak segera dibersihkan maka bisa merusak warna sepatu.

Maka itu, kamu harus rajin-rajin menyemir sepatu agar warnanya tetap terjaga, paling tidak 2 hari sekali. Pastikan juga untuk menggunakan warna krim polish atau wax semir yang sesuai dengan sepatu ya. Dan untuk sepatu kulit gunakan semir berbahan silikon.

 5. Gunakan Sikat Halus untuk Membersihkan Noda Membandel

Sama halnya dengan pakaian, sepatu juga tak terlepas dari kotoran. Apabila sepatumu ada noda membandel maka untuk membersihkannya gunakan sikat halus. Untuk sabunnya, apabila sepatunya berbahan kanvas atau kain maka gunakan baking soda atau detergen.

Sedangkan untuk sepatu kulit kamu bisa menggunakan suede brush atau penghapus karet. Selain itu gunakan juga bahan pembersih sabun khusus untuk kulit (saddle soap), bedak bayi atau minyak cerpelai.

6. Saat digunakan, Sebaiknya Kenakan Kaus Kaki atau stocking

Trik berikutnya agar sepatumu enggak cepat rusak, sebaiknya kamu selalu menggunakan kaus kaki atau stoking saat bepergian. Ini akan menghindari gesekan antara kulit dengan sol sepatu. Sehingga sol tidak cepat menipis ataupun rusak.

7. Pastikan Sepatu Selalu Kering

Untuk menghindari agar sepatu tidak cepat rusak maka kamu harus menjaga sepatumu agar tetap kering. Apabila sepatumu basah karena terkena hujan atau habis dicuci, maka segera dikeringkan dibawah matahari. Keluarkan sol dari dalam sepatu dan keringkan secara terpisah.

Selain itu, kamu juga bisa memasukkan silika untuk menyerap kelembaban di bagian dalam. Yang jelas, jangan sampai kamu menyimpan sepatu dengan kondisi basah di rak ya. Itu akan membuat sepatu bau dan gak awet.

Jadi itulah beberapa tips untuk merawat koleksi sepatumu agar awet dan enggak cepat rusak. Semoga info ini dapat bermanfaat ya, gaes.

About Bas