Sunday , October 25 2020

7 Hal Yang Mesti Anda Tahu Sebelum Membeli Mobil Baru

Tips Sebelum Membeli Mobil Baru

 

Membeli mobil baru memang gampang-gampang susah. Banyak hal yang harus diperhatikan, dan juga diperhitungkan. Tidak seperti mobil lawas yang mungkin sempat kamu kendarai di jalanan, mobil baru agaknya lebih misterius. Untuk itu, diperlukan pengetahuan yang baik agar tidak ada kesalahan ketika melakukan pembelian.

Design body yang menawan, fitur canggih yang menambah rasa nyaman, memang cukup mengundang perhatian. Terlebih lagi, beberapa pabrikan mobil sengaja mematok sebagian varian mobil barunya dengan kisaran harga yang relatif terjangkau. Tentunya, ini dilakukan untuk memenangkan persaingan di pasar mobil, dan demi menarik minat konsumen.

Namun berdasarkan observasi kami di lapangan, tidak semua penjual mobil melayani pembeli yang datang dengan sepenuh hati. Akibatnya beberapa konsumen membeli mobil yang kurang sesuai dengan kebutuhannya, dan tidak dapat dimanfaatkan secara optimal.

Sebagai calon pembeli yang cerdas Anda tentu tidak menginginkan hal semisal tadi terjadi pada Anda bukan? Untuk itu, ada baiknya bila Anda menyimak sejenak tentang 7 Tips yang mesti Anda tahu sebelum membeli mobil baru berikut ini.

 

1. Ketahui Persis Kebutuhan Anda

Ketika ingin membeli kendaraan, tak ada hal yang lebih penting ketimbang mengenali seputar kebutuhan yang ada. Dari sini Anda sudah dapat menentukan tipe mobil yang akan dibeli, tipe transmisinya, hingga merek mobil yang akan Anda beli.

Jika sudah terlanjur jatuh hati dengan salah satu tipe, Anda harus melihat terlebih dahulu tentang seberapa besar manfaat yang ia beri di kemudian hari. Bilapun ternyata kurang bermanfaat, Anda masih bisa memilih mobil yang lain bukan? Jadi, jangan terburu-buru dalam melakukan pembelian.

 

2. Mengetahui Kisaran Harga Mobil Incaran Itu Penting!

Selain faktor kebutuhan, faktor keuangan juga harus Anda perhatikan. Jangan sampai Anda malah membeli mobil yang harganya tidak sesuai dengan dana yang sudah dianggarkan jauh-jauh hari. Untuk itu, carilah informasi tentang harga mobil incaran dan kumpulkan referensi yang cukup memadai.

Hal ini penting. Sebab, diantara sekian banyak showroom mobil, pasti akan ada saja sales yang mematok harga sedikit lebih mahal dari harga normal yang ada di pasar. Setelah Anda mengetahui kisaran harga mobil incaran, Anda pasti bisa menentukan mana yang lebih murah, dan mana yang lebih cocok dengan anggaran yang sudah dicanangkan.

 

3. Kenali Kelebihan Yang Dimiliki Oleh Si Mobil

Setiap mobil pastinya memiliki keunikan dan kelebihannya tersendiri. Entah itu dari segi mesin, keindahan design, ataupun fitur yang dimiliki. Apapun itu, tentunya semua kelebihan tersebut sengaja dibuat untuk mempermudah penggunaan, sehingga menjadikan mobil tersebut terasa semakin nyaman.

Untuk itu, Anda harus betul-betul mencermati kelebihan si mobil. Anda bisa mencari tau seputar kelebihan ini lewat internet, brosur selebaran, ataupun dengan langsung bertanya ke orang yang lebih mengerti. Walaupun terdapat bagian-bagian yang kadang sulit untuk dicerna orang awam, dengan sedikit waktu Anda pasti dapat memahami segala kelebihan yang dimiliki si mobil.

 

4. Cari Tau Tentang Kekurangan Mobil Incaran Anda

Dibandingkan dengan mencari tau kelebihan, menyelidiki seputar kekurangan mobil baru sepertinya akan lebih sulit. Pasalnya, masih belum banyak temuan kasus yang diutarakan oleh para konsumen, sehingga Anda harus lebih berhati-hati dalam mencermati kekurangan mobil.

Hal yang paling mudah untuk melihat kekurangan dari suatu mobil adalah dengan membandingkan spesifikasi, dengan mobil lain yang sejenis. Dari situ akan terlihat jelas perbedaannya, dan Anda akan lebih jeli dalam melakukan sortir. Anda tentu tidak ingin membeli mobil yang dikemudian hari malah merepotkan Anda dengan kekurangan yang ia miliki bukan?

 

5. Cara Pelunasan Mobil Baru Yang Anda Beli

Selain faktor kebutuhan, harga pasar mobil incaran, kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya, faktor cara pelunasan juga penting untuk Anda cermati. Sesuaikanlah cara pelunasan dengan kemampuan Anda, dan estimasikan juga seberapa lama waktu pembayaran.

Bila tersedia opsi kredit dalam melakukan pelunasan, jangan terburu-buru untuk mengambil keputusan. Sebab, mengambil mobil incaran dengan cara kredit kadangkala bisa merugikan Anda secara finansial. Selain itu, waktu pelunasan juga cukup panjang dan cukup menguras energi. Oleh karenanya, jadikan keputusan mengkredit mobil sebagai opsi cadangan setelah opsi pembayaran tunai.

Jika seandainya Anda masih ingin mengambil lewat jalur kredit, perhatikanlah tawaran opsi pembayarannya dengan seksama. Sebisa mungkin bandingkan table kredit yang ditawarkan dengan table kredit dari showroom lain. Walaupun pada dasarnya mengkredit mobil akan memperbesar dana belanja yang dibutuhkan, dari hal simple ini kita berkesempatan untuk menghemat biaya pengeluaran.

 

6. Pajak Kendaraan

Biaya Pajak setiap tahun harus Anda pikirkan dengan matang. Semakin mahal harga Mobil yang Anda beli, tentunya jumlah pajak yang harus Anda keluarkan setiap tahun juga semakin besar.

7. Pelajari Jenis dan Untung Rugi Mengikuti Asuransi

Jika Anda membeli Mobil baru, mengikuti Program Asuransi sangatlah penting. Namun Anda juga harus tahu berbagai jenis Asuransi yang ada, Untung rugi mengikuti Asuransi Mobil tertentu dan pilih yang cocok dengan Budget Anda.

Bila ketujuh faktor tadi sudah Anda perhatikan, Anda sudah berhasil menjadi konsumen cerdas yang tak mudah keliru ketika ingin memiliki kendaraan baru. Selain itu, mobil tersebut juga dapat Anda gunakan secara maksimal untuk memenuhi kebutuhan Anda di kemudian hari.

Sekian dulu artikel singkat kami tentang 7 Tips membeli mobil baru  yang mesti Anda tahu.

About Bas