Sunday , October 25 2020

Tips Persiapan Perjalanan ke Luar Negeri Pertama Kali

Punya kesempatan pergi ke luar negeri untuk pertama kalinya pasti menjadi hal yang menyenangkan sekaligus mendebarkan. Namun sebelum itu, kamu harus memastikan kalau semua persiapan kamu sudah lengkap dan mantap. Oleh karena itu, yuk baca dulu tips perjalanan ke luar negeri pertama kali berikut ini:

1. Mengurus Paspor dan Visa

Paspor dan visa merupakan syarat wajib untuk kamu bawa ketika akan bepergian ke luar negeri. Penting untuk mengurus paspor sejak awal. Siapa tahu prosesnya membutuhkan waktu yang lebih lama dari perkiraan. Perhatikan juga masa berlaku paspor kamu, pastikan masa berlakunya lebih dari 6 bulan lagi ketika tanggal keberangkatan.

Selain Paspor, kamu juga perlu mengurus visa ke negara tujuan. Sebab, terdapat sejumlah negara yang hanya bisa kamu datangi dengan menggunakan visa. Meskipun ada juga negara yang membebaskan visa bagi WNI, seperti Kamboja, Armenia,  India, Jepang, Yordania, dan puluhan negara lainnya. Ada total 50-an negara yang membolehkan WNI masuk tanpa visa, dengan syarat dan ketentuan tertentu.

2. Pesan Tiket Pesawat dan Hotel

Ketika kamu mencari tiket pesawat dan penginapan, lakukan perbandingan terlebih dahulu pada beberapa maskapai dan hotel agar mendapatkan harga yang lebih murah. Lalu, jangan lupa untuk membeli tiket pulang langsung sekalian ya.

3. Kenali Negara Tujuan Kamu

Sebelum menginjakkan kaki di sebuah negara, akan sangat membantu jika kamu memiliki sejumlah informasi yang cukup tentang negara tersebut. Hal ini akan membantu kamu melakukan berbagai persiapan dengan matang.

Pastikan juga kamu membawa pakaian yang sesuai untuk cuaca dan musim yang sedang berlangsung di negara tujuan. Selain hal tersebut, kamu juga perlu mengetahui perihal berbagai aturan dan ketentuan yang berlaku bagi masyarakat umum di sana.

4. Buat Rencana Perjalanan

Tips perjalanan ke luar negeri pertama kali selanjutnya adalah membuat rencana perjalanan. Sebelum berangkat, sebaiknya buat susunan rencana yang akan dilakukan selama di negara tujuan. Ini akan membuat perjalanan kamu menjadi terjadwal dan tidak membosankan. Cari berbagai informasi objek wisata, transportasi, dan waktu yang tepat untuk berkunjung.

5. Tukarkan Uang

Tukarkan sejumlah uang yang akan kamu perlukan selama di negara tujuan. Lakukan ini ketika masih di dalam negeri agar kamu tidak dirugikan dengan kurs yang ternyata lebih rendah saat menukarnya di luar negeri nanti.

6. Bawa Barang yang Penting Saja

Lakukan persiapan sejak beberapa hari sebelum keberangkatan supaya tidak terburu-buru. Hal ini akan memperkecil kemungkinan kamu meninggalkan sesuatu yang penting. Hindari membawa pakaian terlalu banyak, karena justru merepotkan dan membuat bagasi penuh. Bawa smartphone atau gadget kamu, lengkap dengan power bank dan juga charger.

7. Lengkapi Dokumen di Kantor Imigrasi

Jangan sampai lupa untuk melengkapi semua dokumen yang akan kamu gunakan selama perjalanan. Hal ini akan mempermudah kamu saat menjalani pemeriksaan di bandara. Jangan lupa untuk mengisi kartu kedatangan kamu dan menyimpannya dengan baik sampai hari kepulangan ke tanah air.

Sesampainya di negara tujuan, kamu akan kembali diperiksa oleh petugas imigrasi. Biasakan mengantre dengan tertib dan jawab semua pertanyaan petugas imigrasi dengan jelas.

8. Aktifkan Ponsel Kamu

Saat traveling ke luar negeri, biaya paket internet atau telepon kamu akan menjadi lebih mahal karena terkena roaming. Untuk mengatasi mahalnya biaya komunikasi, kamu bisa beli simcard lokal di negara tujuan. Opsi lainnya adalah memanfaatkan fasilitas WIFI gratis yang terdapat di tempat umum.

Nah itu dia beberapa tips perjalanan ke luar negeri pertama kali. Semoga bermanfaat ya untuk persiapan kamu ke luar negeri. Lebih siap, lebih nyaman tentunya. Happy Traveling!

About Bas