Thursday , October 22 2020

Tips Perjalanan Jauh Menggunakan Mobil Pribadi Anda

Tips Perjalanan Jauh Menggunakan Mobil

 

Mobil adalah kendaraan yang serbaguna. Bisa digunakan untuk menunjang transportasi sehari-hari, bahkan untuk perjalanan jauh. Selain serbaguna, mobil juga merupakan jenis kendaraan yang cukup praktis. Dengan kapasitasnya yang mampu menampung hingga 6 orang penumpang, ia mampu mengangkut keluarga Anda dalam satu waktu sekaligus.

Dengan segudang kelebihan yang dimilikinya, mobil menjadi alat transportasi yang cukup istimewa. Namun, keistimewaan tadi tak akan berguna bila ia malah membawa celaka bagi para penggunannya. Sebagai pengguna mobil yang cerdas, Anda tentu tak ingin mengalaminya bukan?

Untuk itu, Anda perlu melakukan perawatan dan perbaikan secara berkala, serta memeriksa kondisi mobil secara rutin. Hal ini amat penting untuk meminimalisir potensi terjadinya kecelakaan terutama saat Anda sedang menempuh perjalanan jauh.

Dalam merawat mobil, mungkin Anda tidak akan ambil pusing karena cukup pergi ke bengkel. Namun untuk pemeriksaan, apa iya harus ke bengkel terus menerus? Tentunya Anda ingin menghemat waktu dan biaya bukan?

Nah, bagi kamu yang ingin memeriksa kondisi mobil secara swadaya sebelum menggunakannya untuk perjalanan, berikut kami hadirkan artikel tentang Tips Perjalanan Jauh Menggunakan Mobil. Selamat menyimak!

 

1. Mesin Mobil Adalah Bagian Penting Yang Harus Anda Periksa!

Hal paling utama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa kondisi mesin. Betapa tidak? Mesin adalah benda yang mampu membuat mobil berjalan, dan ia merupakan inti dari kendaraan. Bila ditengah perjalanan nanti mesin mobil Anda bermasalah, pasti Anda akan kerepotan bukan?

Agar nanti Anda tidak kerepotan di jalan saat akan menempuh perjalanan jauh menggunakan mobil kesayangan, sebaiknya Anda menyempatkan diri untuk memastikan kondisi busi, karburator, air radiator dan air reservoir sudah dalam keadaan baik.

Anda juga wajib melakukan tune up mesin standar. Selain itu, lampu-lampu mobil juga perlu Anda perhatikan. Bila itu semua sudah Anda lakukan, jangan lupa pula untuk mengecek kondisi selang bahan bakar mesin. Pastikan agar tidak terdapat kebocoran sekecilpun.

Degan begini, mesin mobil Anda sudah siap untuk menemani perjalanan jauh Anda hingga ke tempat tujuan.

 

2. Oli Mesin Mobil Haruslah Dalam Kondisi Baik!

Selain kondisi mesin, keadaan oli juga wajib untuk Anda cermati. Ini penting, karena kondisi oli sangat berpengaruh pada performa mesin mobil Anda. Agar mampu memberikan kinerja yang maksimal, Anda harus menggunakan oli terbaik. Dengan begitu, segala macam kondisi yang tidak terduga selama perjalanan panjang dapat Anda antisipasi sedari dini.

Bayangkan bila kondisi lalu lintas di sepanjang perjalanan mengalami kemacetan. Meskipun mobil hanya melaju dengan merayap, mesin akan terus bekerja. Di kondisi semacam inilah oli mesin berperan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga, perjalanan jauhpun dapat Anda lalui dengan aman dan lancar.

 

3. Rem Mobil Tidak Boleh Blong!

Tips perjalanan jauh menggunakan mobil berikutnya adalah tentang Rem. Sering kali kita mendengar berita tentang laka lantas yang disebabkan oleh rem blong. Untuk itu, setiap kali akan berkendara jauh, Anda harus memastikan bahwa kondisi rem Anda masih layak guna. Bagian-bagian semisal kampas dan minyak rem harus Anda perhatikan, demi perjalanan yang aman dan menyenangkan.

Sebenarnya, kampas rem yang layak pakai tak harus berada dalam kondisi baru. Anda cukup membersihkannya, sembari memeriksa ketebalannya. Namun bila dirasa mulai bermasalah, sebaiknya gantilah kampas rem tersebut dengan segera. Jangan tunggu sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ya!

 

4. Ban Mobil Penting Anda Cermati, Demi Perjalanan Yang Nyaman

Saat sedang menempuh perjalanan jauh, Anda tentunya menginginkan sensasi kenyamanan kan? Nah, kalo begitu, Anda wajib memeriksa kondisi ban Anda. Pastikan kondisi ban masih dalam keadaan bagus, tidak botak, dan tidak kempis. Selain itu, pastikan pula pada kesemua ban tidak memiliki jendolan-jendolan yang dapat membahayakan Anda sepanjang perjalanan nanti.

Selain untuk menunjang rasa nyaman, kondisi ban juga cukup berpengaruh ketika sebuah mobil digunakan untuk perjalanan jauh. Maka dari itu, ada baiknya bila Anda menyempatkan diri untuk melakukan spooring dan balancing sebelum hari H keberangkatan. Dan, jangan lupa untuk menyiapkan ban cadangan untuk mempermudah Anda dalam mengatasi kondisi yang tidak terduga.

 

5. Kelengkapan Isi Alat Di Dalam Bagasi Mobil

Bila kesemua poin diatas sudah oke, jangan lupa untuk memeriksa kelengkapan alat di dalam bagasi Anda. Alat-alat tersebut semisal tool kit, dongkrak, kabel jumper, pompa kecil, hingga pemadam kebakaran mini. Selain itu, segitiga pengaman juga tidak boleh luput dari daftar alat yang ketersediaannya harus Anda pastikan.

Setelah memeriksa semua bagian tersebut, Anda tinggal memperhatikan kesehatan si driver. Pastikan ia sedang dalam keadaan sehat, dan membawa kelengkapan surat seperti SIM dan STNK. Tanyakan juga tentang keahliannya dalam hal perbaikan mobil disaat-saat yang dibutuhkan. Jangan sampai ketika semua persiapan telah matang, Anda malah lalai dalam memastikan hal yang satu ini.

Bila semuanya sudah Anda siapkan, Anda bisa menikmati perjalanan Anda dengan tenang hingga ke tempat tujuan. Itulah tips perjalanan jauh menggunakan mobil, semoga bermanfaat.

About Bas