perawatan wajah pria

Tips Perawatan Kulit Pria Agar Tampak Lebih Putih

Siapa bilang perawatan kulit hanya untuk kaum wanita? Pria yang memiliki penampilan lebih menawan dan tampak memiliki kulit wajah yang bersih pun juga hanya bisa didapatkan dengan cara merawat kulit dengan baik. Kaum pria, meski tidak semuanya, biasanya memiliki kegiatan yang lebih berisiko membuat kulitnya cepat rusak dan tampak kusam.

Apa saja hal yang bisa membuat kulit Anda jadi lebih kusam?

Paparan sinar matahari langsung, polusi, apalagi jika Anda memiliki banyak kegiatan yang dilakukan di luar ruangan maka keringat, debu dan kotoran, minyak, bisa membuat kulit wajah Anda tampak lebih kusam. Adakah metode perawatan kulit pria agar putih dan tampak lebih bersih tanpa mengurangi kegiatan yang Anda lakukan selama ini? Ini dia tipsnya.

1. Pemilihan produk yang tepat

Memilih produk kulit yang tepat adalah kunci untuk memiliki kulit yang lebih menawan. Jika saat ini Anda masih mencuci wajah hanya dengan menggunakan sabun mandi maka segera tinggalkanlah kebiasaan tersebut. Kulit wajah memiliki produk perawatan khusus karena memiliki cara kerja yang khusus pula. Hormon testosteron yang kemudian menumbuhkan rambut di wajah Anda seperti janggut maupun kumis, biasanya akan menyebabkan penyumbatan pada pori-pori kulit yang menyebabkan kulit jadi berjerawat.

Jika Anda memiliki wajah yang cenderung berminyak maka pilihlah sabun muka yang tidak membuat wajah terasa seperti tertarik dan hindari sabun yang mengandung bahan kimia berat. Mulailah cari informasi memilih produk perawatan kulit dengan kandungan yang aman untuk kulit.

2. Rutin mencuci wajah dan eksfoliasi

Kunci perawatan kulit pria agar putih sebenarnya sederhana, pastikan wajah selalu dalam keadaan yang bersih. Wajah yang kotor akan terlihat kusam dan menggelap karena kotoran dan minyak yang menumpuk di wajah dan menjadi lapisan yang menutupi warna kulit yang seharusnya bisa lebih cerah. Beberapa aturan dalam menjaga kebersihan wajah adalah:

  1. Cuci wajah dua kali sehari, saat bangun tidur di pagi hari dan sebelum tidur di malam hari.
  2. Jika Anda menggunakan produk kosmetik di wajah pastikan bersih dulu menggunakan makeup remover sebelum cuci muka.
  3. Angkat sel kulit mati (eksfoliasi) satu atau dua minggu sekali menggunakan produk eksfoliator yang cocok dengan kebutuhan kulit Anda, bisa berupa scrub atau produk perawatan kulit pria agar putih yang mengandung AHA, BHA. Atau PHA.  Cara eksfoliasi yang benar akan dibahas pada artikel selanjutnya.

3. Pastikan gunakan produk pelembab

Mencuci wajah, melembabkan, dan menggunakan sunscreen adalah tiga perawatan kulit dasar yang wajib untuk Anda miliki. Banyak masalah kulit yang terjadi karena tiga dasar tersebut tidak terpenuhi, tapi banyak juga masalah kulit yang bisa terbantu teratasi jika Anda sudah punya rutinitas perawatan kulit dasar yang solid.

Anda bisa menggunakan beberapa macam produk yang bisa berfungsi sebagai pelembab misalnya menggunakan pelembab dalam bentuk krim, dalam bentuk serum, bisa juga dalam bentuk face oil. Pilih pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda, untuk kulit berminyak pilih pelembab dengan tekstur yang lebih ringan, dan sebaliknya. Sebelum ke luar ruangan di siang hari selalu kenakan sunscreen dengan SPF tinggi untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang bisa merusak dan membuat kulit jadi lebih gelap.

4. Gunakan masker wajah

Cara selanjutnya untuk perawatan kulit pria agar putih adalah dengan menggunakan masker wajah yang memiliki kandungan dengan fungsi mencerahkan. Masker bisa digunakan setidaknya dua kali dalam seminggu misalnya setelah Anda melakukan eksfoliasi, atau ketika Anda membutuhkan booster untuk membuat kulit wajah terlihat lebih putih dan cerah misalnya ketika ada kencan atau menghadiri acara penting di mana Anda ingin terlihat dengan penampilan terbaik.

Ada banyak bentuk masker yang bisa Anda coba, ada yang bentuknya sheet masks yang biasanya juga bisa memberikan hidrasi pada kulit selain mencerahkan, ada yang bentuknya peeling dan ada yang bentuknya wash off. 

5. Pilih serum yang bisa mencerahkan

Selain masker, produk serum adalah produk perawatan kulit yang mengandung bahan aktif dengan konsentrasi yang lebih tinggi sehingga bisa digunakan untuk langsung menargetkan masalah kulit yang dihadapi.

Jika Anda ingin memiliki kulit yang lebih cerah maka bahan-bahan atau jenis serum yang bisa jadi pilihan antara lain adalah Vitamin C, niacinamide, glycolic acid, lactic acid, alpha arbutin, dan juga retinol. Hindari produk perawatan yang mengandung bahan pemutih berbahaya seperti hydroquinone yang bisa memberikan dampak buruk pada kesehatan termasuk meningkatkan resiko kanker.

Anda juga sebaiknya menghindari produk perawatan kulit yang menjanjikan kulit bisa jadi lebih putih dalam waktu yang singkat karena untuk menjadi lebih baik maka kulit membutuhkan proses yang lebih alami agar hasilnya pun lebih natural. Itulah beberapa tips perawatan kulit pria agar putih yang lebih aman.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *