Thursday , October 22 2020

Tips Pakaian Wanita Saat Wawancara Kerja

Wawancara kerja merupakan salah satu bagian yang penting bagi perusahaan untuk mencari setiap calon karyawan dan karyawati mereka. Penting bagi perusahaan, maka penting pula untuk kita para pelamar kerja. Semuanya harus disiapkan semaksimal mungkin untuk mendapatkan kesan yang bagus dengan harapan dapat diterima di perusahaan tersebut. Tentu bagi mereka yang sudah berpengalaman dalam menghadapi tes wawancara kerja, mereka mengatakan bahwa nilai plus dalam tes tersebut bukan hanya ditentukan oleh seberapa bagus dan tepat anda menjawab pertanyaan, melainkan bagaimana appearance atau penampilan anda.

Bagi anda para ladies yang masih bingung bagaimana memilih pakaian yang tepat untuk menghadapi tes wawancara kerja anda, kami akan memberikan sedikit tips untuk mempermudah anda. Dengan tips ini diharapkan interview anda akan lebih terkesan:

Pertama, jika anda benar-benar bingung dan tak tahu pakaian apa yang harus anda kenakan untuk interview ini, maka anda dapat bertanya pada bagian HRD, pakaian apa yang harus digunakan oleh anda? Anda tak perlu khawatir karena bagian HRD pasti akan memberikan petunjuk tentang bagaimana pakaian yang harus anda pakai.

Kedua, pastikan penampilan atau baju anda tampak bersih dan rapi. Sangat penting baju yang anda gunakan disetrika terlebih dahulu sebelum dikenakan. Jangan sampai kusut ladies.. Jangan lupa untuk merapikan rambut anda (jika tak berjilbab). Jika rambut anda panjang, akan lebih baik untuk diikat saja, ini supaya anda terlihat lebih rapih. Jangan make-up terlalu tebal, dan potong kuku anda.

Berikutnya adalah, pilihlah rok span selutut dengan kemeja putih dilapisi dengan blazer dengan warna senada dengan rok anda. Pakailah sepatu pantofel dengan warna yang matching dengan pakaian anda. Jangan memilih pakaian dengan warna mencolok, untuk amannya anda pilihlah warna hitam, abu-abu atau biru. Jangan terlalu memakai perhiasan berlebih. Simpel namun menarik sudah cukup untuk anda, misalnya memakai jam tangan saja.

Lalu bagaimana pakaian interview untuk para hijabers? Mungkin tak akan terlalu sulit untuk anda yang tidak memakai jilbab, karna rok pendek selutut dipadu dengan kemeja dan blazer sudah menunjang penampilan bagus dan rapih untuk anda, namun bagi para hijabers, menentukan pakaian interview cukup lumayan sulit. Mereka harus menyesuaikan kerudung dengan kemeja serta bawahan yang mereka kenakan sehingga tampilannya pun akan bagus dan enak dilihat.

Pertama, jika anda para hijabers yang mendapat panggilan interview di bidang pekerjaan seperti bank atau akutansi misalnya, gunakanlah rok pensil panjang hitam atau celana panjang hitam dengan atasan kemeja putih dipadu dengan blazer sudah cukup untuk anda. Sedangkan kerudung atau jilbabnya, gunakanlah jilbab persegi panjang dengan warna putih dengan anda bentuk gaya jilbab modern simpel. Jangan lupa gunakan sepatu pantofel dengan tinggi min 5 cm.

Dan anda hijabers yang akan menghadiri interview di lembaga pendidikan seperti tempat bimbel atau privat, dan juga sekolah. Anda bisa memakai rok panjang lurus dengan kemeja putih dibalut lagi dengan cardigan. Anda tak perlu harus tampil resmi dan formal sekali karena anda akan terlihat kaku nantinya, formal namun tetap terlihat santai akan cocok untuk dunia pendidikan yang harus dekat dengan siswanya. Untuk jilbab, usahakan pakai jilbab segiempat saja untuk interview ini, model simpel namun menarik akan cocok untuk interview anda.

Yang terakhir adalah kepercayaan diri anda, jika anda tidak merasa percaya diri dengan busana atau pakaian yang anda kenakan untuk interview, maka tingkat kepercayaan diri anda juga akan lemah karena anda kurang nyaman. Jadi, pilihlah yang menurut anda nyaman.

About Bas