Tuesday , October 20 2020

Tips Merawat Mobil Matic Agar Tetap Awet

Dibalik semua kenyamanan dan kelebihan yang dimiliki mobil matic, ternyata menyimpan berbagai resiko kerusakan yang tidak bisa dihindari? Maka dari itu, untuk mengurangi berbagai resiko tersebut patutlah kita untuk mengetahui cara merawat mobil matic agar tetap awet. Langsung saja mari kita simak uraian berikut:

1. Panaskan Mesin Mobil Sebelum Digunakan

Hal pertama dan yang paling mendasar yang dapat Anda terapkan untuk selalu menjaga mobil matic Anda agar tetap awet adalah dengan melakukan pemanasan terhadap mesin mobil Anda. Hal ini dapat Anda lakukan setiap pagi sebelum Anda berangkat beraktifitas menggunakan mobil matic kesayangan Anda.

Memang banyak pengguna mobil matic sering mengabaikan hal ini dan menganggapnya sebagai hal sepele. Namun hal ini sangat penting dalam menjaga performa mobil matic Anda agar selalu prima. Mobil matic yang dikendarai dalam keadaan mesin yang belum panas atau belum siap akan terganggu sistem perpindahan gigi nya. Hal tersebut akan mengakibatkan kerusakan pada sistem persneling Anda lama-kelamaan. Tentunya juga akan mengganggu aktifitas Anda ketika sedang terburu-buru untuk menuju suatu lokasi.

2. Ganti Oli Secara Teratur

Selanjutnya hal yang paling penting untuk perawatan semua kendaraan bermotor khususnya mobil matic adalah mengganti oli mesin secara teratur. Pada dasarnya oli pada mesin mobil matic Anda memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga berbagai komponen mesin mobil Anda tetap awet dan sehat, terlebih bagi Anda yang sering bepergian ke luar kota menggunakan mobil matic kesayangan Anda.

Keterlambatan dalam penggantian oli mesin mobil matic akan beresiko menyebabkan berbagai kerusakan pada sistem transmisi mobil matic kesayangan Anda.

3. Pahami Cara Perpindahan Persneling Yang Benar

Selain melakukan perawatan tersebut di atas, teknik yang Anda gunakan ketika sedang mengendarai mobil matic Anda adalah hal yang sangat penting untuk Anda perhatikan. Hal ini akan berkaitan erat dengan kesehatan sistem transmisi pada mobil matic Anda.

Usahakan untuk tidak memposisikan tuas persneling pada posisi P ketika mobil matic Anda belum berhenti. Hal seperti ini sudah biasa dilakukan oleh sebagian besar pengendara pemula mobil matic. Selain itu, usahakan juga untuk tidak memposisikan perseneling pada posisi D ketika sedang memarkirkan mobil matic Anda. Kedua hal tersebut akan mengakibatkan sejumlah kerusakan pada sistem transmisi mobil matic kesayangan Anda.

4. Lakukan Servis Berkala

Pada dasarnya semua kendaraan bermotor memerlukan servis berkala yang harus dilakukan. Hal ini juga berlaku untuk mobil matic kesayangan Anda. Lakukanlah servis berkala untuk mobil Anda pada bengkel-bengkel resmi sesuai dengan jenis mobil matic yang Anda miliki.

Untuk jadwal servis berkala, Anda bisa melihat pada bagian buku manual ketika Anda membeli mobil matic kesayangan Anda tersebut. Dengan servis berkala akan menghindarkan mobil matic Anda dari segala risiko kerusakan yang sangat mudah terjadi. Selain itu, dengan melakukan servis berkala sama saja dengan memperbarui kondisi dan performa mesin mobil matic Anda layaknya seperti mobil matic baru.

5. Lakukan Perawatan Eksterior dan Interior

Selain melakukan perawatan untuk mesin mobil matic Anda. Anda juga bisa menjaga mobil matic Anda agar tetap awet dengan cara melakukan perawatan pada bagian eksterior dan juga interior mobil Anda. Hal ini dapat Anda lakukan untuk menjaga penampilan mobil matic kesayangan Anda tetap dalam kondisi yang cantik dan prima.

Merawat eksterior mobil Anda sebenarnya tidak perlu dengan biaya yang mahal. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Caranya cukup dengan mencuci mobil matic kesayangan Anda paling tidak satu minggu sekali. Cucilah mobil matic Anda dengan shampo khusus mobil dan juga gunakan beberapa cairan khusus untuk mengkilapkan body mobil matic Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menjaga mobil matic Anda agar tetap awet dengan cara merawat bagian interior dari mobil matic Anda. Hal ini bisa Anda lakukan dengan cara membersihkan interior mobil Anda dari berbagai debu dan kotoran menggunakan alat penyedot debu. Selain itu Anda juga bisa memoles bagian permukaan interior Anda dengan berbagai cairan pembersih yang sudah banyak tersedia di beberapa toko dekat rumah Anda.

About Bas