Rustik adalah suatu konsep desain yang memfokuskan pada kesan alami. Dalam kamus bahasa Indonesia, rustic memiliki arti berkarat atau kita bisa menyebutnya tua. Gaya rustic bertexture kasar, dan simple. Material yang digunakan seperti batu, kayu, logam dan lainnya.Dalam penataan desain interior rumah, gaya rustic telah menjadi banyak pilihan bagi sebagian orang. Dengan pengkombinasian gaya rustic dan modern ternyata menghasilkan tampilan desain yang luar biasa.

Gaya rustic mewakili kesan alami dan natural suatu konsep desain. Di jaman modern saat ini, konsep desain rumah bergaya rustic telah mengalami perkembangan yang baik dalam material dan juga bentuk. Dengan penggabungan gaya rustic dan konsep modern seperti penggunaan karat dengan jenis finishing coating akan menghasilakan tekstur karat yang aman digunakan. Begitupun pada penggunaan material kayu, logam, dan sebagainya.

Pemilihan dan penggunaan furniture untuk desain rumah bergaya rustic juga perlu dipertimbangkan. Furniture bertindak sebagai elemen penunjang aktifitas yang ada dirumah.

Untuk memperlihatkan kesan rustic dan modern, pilihlah furniture yang berbahan alami seperti kayu dengan jenis finishing sederhana atau tidak difinishing sama sekali. Warna furniture juga harus sesuai seperti warna yang menyerupai kayu, kream atau coklat. Pilihlah warna yang membawa kesan hangat dan nyaman seperti dipedesaan.

Berikut adalah konsep ruangan dirumah yang bergaya Rustic:

1. Kamar Tidur

Untuk menciptakan kamar tidur bergaya rustic, mulailah memilih warna netral dengan tekture yang kaya untuk dinding. Pengguanan lantai dan furniture kayu akan memberikan kesan sederhana atau simple pada ruangan. Jika anda ingin tampilan yang rustic dan modern, pilihlah cat warna dinding white wash yang mana ini akan mempertajam arsiteksture gabungan rustic dan modern.

2. Ruang Tamu

Ruang tamu begitu penting untuk bertindak sebagai penerima tamu. Jika anda menginginkan gaya rustic hadir pada ruang tamu anda, maka anda perlu membuat atmosfer ruangan tersebut terasa hangat. Anda bisa menggunakan lantai kayu atau parket kemudian alasi dengan karpet. Letakkan furniture kursi kayu. Sekarang ini banyak model kursi kayu yang modern dan bagus untuk digunakan. Anda juga bisa mempercantik tampilan ruang tamu anda dengan meletakkan vas bunga yang terbuat dari material batuan alam.

3. Ruang Keluarga

Untuk ruang keluarga, anda bisa bermain pada dinding dan juga plafon. Letakkan ornament seperti patung kepala rusa didinding. Pemilihan cat warna cream pada dinding akan memberikan nuansa hangat dan modern. Untuk plafon juga sama. Pilihlah desain plafon yang memperkuat gaya rustic dan modern diruangan tersebut. Anda bisa memasang lampu chandelar pada plafon agar tampak luar biasa. Penggunaan sofa dan karpet bergaya klasik juga dapat menjadi penunjang furniture baik pada ruangan ini.

4. Dapur dan Ruang Makan

Buatlah dapur terkesan alami dan hangat. Perpaduan furniture dan cat dinding berwarna kayu yang hampir keseluruhan ruangan dapur akan menonjolkan kesan pedesaan. Furniture dan perabot dipilih dengan material berbahan kayu atau bambu. Untuk ruang makan, gunakan kursi atau bangku kayu yang panjang supaya pas saat berkumpul bersama keluarga.

5. Kamar Mandi

Kebanyakan desain kamar mandi bergaya rustic menonjolkan kesan modern. Kebanyakan perancang menggunakan furniture seperti bathtub modern dengan bingkai kayu yang sudah difinishing. Gaya rustic pada kamar mandi akan terlihat jelas pada plafondnya. Lampu dan cermin dan tempat rias yang diwadahi atau diframe batuan alam akan menampilkan kesan elegant.