Thursday , October 29 2020

Tips Menjadi Sehat dan Hidup Bahagia Dalam 2 Minggu

Sehat dan Hidup Bahagia Dalam 14 Hari

Menjadi lebih sehat dan lebih bahagia bukanlah perkara yang bisa kita dapatkan dalam sekejap mata, seperti membalikkan telapak tangan. Karena untuk merubah habit atau kebiasaan kita memerlukan waktu yang cukup lama. Tapi bukan tidak mungkin kita bisa merubahnya dalam waktu jangka pendek seperti 2 minggu. Caranya dengan melakukan kebiasaan baru yang positif setidaknya sekali dalam sehari, bukan langsung melakukan apa yang ingin kita capai semuanya dalam sehari. Lakukan hal-hal di bawah ini selama 2 minggu, lihat perbedaannya dan semoga hidup kita menjadi lebih bahagia dan lebih sehat.

Hari ke-1: Minumlah Lebih Banyak Air

Dengan kondisi jalanan yang semakin macet, juga asap yang keluar dari knalpot kendaraan dan berbatang-batang rokok yang dihisap oleh orang sekitar kita, racun yang diterima oleh tubuh kita otomatis juga semakin banyak. Dengan banyak minum air putih, bisa meningkatkan kekebalan tubuh kita dan membuat kita tetap fokus dalam menjalani aktivitas.

Tidak diragukan lagi, tubuh kita memerlukan banyak asupan air untuk tetap bisa bergerak dan tidak gampang merasa capai. Capailah 2 liter perhari, lihat perbedaannya. Mungkin awalnya akan sering mengunjungi toilet karena buang air kecil, tetapi hal itu lumrah saja.

Hari ke-2: Lihat Kembali Apa Yang Kita Minum

Coba perhatikan lagi, berapa gelas kopi atau teh yang kita minum setiap hari? Sehatkah minuman itu? Bagaimana kadar gula nya? Belum lagi kita adalah orang Indonesia, dimana pangan yang kita konsumsi sehari-hari adalah nasi putih yang banyak mengandung glukosa atau gula. Sebelum pergi ke supermarket yang dekat dengan rumahmu, lihat dulu apa yang mau kalian minum hari itu? Apakah itu bagus untuk badan dan tubuh kalian?

Hari ke-3: Makan Makanan Yang Menyehatkan

Sekarang adalah saatnya berhenti makan sambil berjalan, ketika mengemudi, maupun saat menonton televisi. Kenapa? Karena saat makan sambil melakukan hal yang lain, terkadang kita tidak menaruh perhatian terhadap apa, dan berapa banyak makanan yang masuk ke dalam mulut kita. Sebelum makan mulailah untuk bertanya pada diri sendiri, apakah makanan ini bisa membuat saya sehat? apakah ini bergizi? Hindari makanan junk food mulai sekarang.

Hari ke-4: Tidur dan Istirahatlah Yang Cukup

Dengan tidur jantung akan lebih sehat, tekanan darah lebih stabil dan jelas menyehatkan tubuh kita” ~ Dr. Frank Lipman.

Tidur di sini bukan saat berada di dalam mobil berkutat dengan macet ketika jam pulang kantor, bukan juga tidur saat mendengarkan ceramah saat sholat jumat. Tidur di sini adalah tidur yang benar-benar istirahat, tidur pada malam hari, bukan tidur pagi dan bangun siang. Stop begadang jika tidak terlalu penting, dengan tidur cukup yakni 6-8 jam sehari, kita akan lebih siap menghadapi hari dan tidak cepat capek ketika melakukan aktivitas.

Hari ke-5: Stop Junk Food

Terkadang kita tidak sadar, membeli junk food bukanlah karena kita ingin memakannya untuk sarapan, makan siang atau pun makan malam. Tapi lebih karena diajak teman nongkrong di sana atau karena hanya ingin membeli pretise nya saja. Mungkin karena gampang dan tidak mengantri lama seperti di warteg atau restoran lainnya. Tampilannya juga susah untuk ditahan, baru liat iklannya saja kadang kita yang baru makan malah kembali merasa lapar. Ingat junk food tidak akan membantu anda menurunkan berat badan anda, juga hanya akan meningkatkan resiko penyakit jantung dan penyakit lainnya.Mungkin sah-sah saja untuk memakan junk food, tapi kendalikan porsinya.

Hari ke-6: Kurangi Lemak Yang Anda Konsumsi

Teringat seorang teman saat pergi ke sebuah supermarket untuk membeli cemilan. Ia benar-benar membaca kandungan da ingredient dalam cemilan berkemasan di sana. Saat ditanya kenapa? Ia menjawab hanya ingin meliat berapa kandungan lemak yang terkandung dalam satu kemasan itu. Saya pikir itu hanya jawaban iseng, ternyata teman ini sudah mengontrol pemasukan lemak ke dalam tubuhnya selama 5 bulan terakhir. Dan yang lebih mencengangkan lagi ia kini berhasil menurunkan berat badannya sebanyak 4 kg. Padahal olahraganya juga sama seperti saya. intinya dengan mengontrol banyaknya lemak jahat yang masuk ke dalam tubuh, kita bisa menjadi lebih sehat, jadi sekarang mulailah membaca daftar ingredient yang ada dalam kemasan cemilan yang anda makan.

Hari ke-7: Cintai Diri Sendiri

Wah, sudah tidak terasa sudah hari ke-7 saja. Sudah seminggu berarti kita melawan dan (Semoga) mengakhiri kebiasaan buruk kita selama ini. Wah harus ada pesta kecil-kecilan dong untuk merayakannya. Traktir diri anda sendiri dengan segala hal yang menyenangkan diri anda. Mungkin itu liburan atau lainnya. Hargai diri anda sendiri, karena tidak akan ada yang menghargai badan dan tubuh kita melainkan kita sendiri.

Hari ke-8: Mengurangi Asupan Gula

Gula memang enak, akan tetapi kelebihan malah bisa membahayakan tubuh. Tinggal hitung saja atau lihat saja hari ini anda sudah makan dan minum apa saja, dan takar gula yang masuk ke dalam tubuh kita, agar tidak melebihi dosis yang wajar.

Hari ke-9: Buah-buahan dan Sayur

Setelah stop memakan junk food, dan membatasi lemak serta gula yang masuk ke dalam tubuh kita, jangan berhenti di situ saja, tambahkan lebih banyak sayur dan buah-buahan dalam menu sehari-hari kita. Mungkin tidak semua orang, tapi ada beberapa orang di lingkungan kita yang jika kita perhatikan, dengan mengkonsumsi buah-buahan saja untuk makan siang, mereka bisa kenyang sampai nanti waktunya makan malam.

Hari ke-10: Konsumsi Protein Pada Pagi Hari

Setelah bangun pagi dan menghabiskan segelas air putih, konsumsi protein sehat setelahnya. Selain membuat kita bersemangat mungkin untuk berolahraga pada pagi hari atau bersiap-siap untuk pergi bekerja, mengkonsumsi protein pada pagi hari juga menunda lapar kita sehingga kebiasaan ngemil sebelum jam makan siang bisa kita hindari.

Hari ke-11: Ganti Sikat Gigi Secara Berkala

Nah, mungkin ini adalah hal pertama selain memikirkan tubuh kita seperti hari-hari sebelumnya di atas. Mengganti sikat gigi menurut dokter gigi baik dilakukan 3-4 bulan sekali. Mengganti sikat gigi secara berkala juga bisa mengurangi jumlah bakteri yang berasal dari sikat gigi yang masuk ke dalam tubuh kita. Kamar mandi yang penuh dengan bakteri pastinya banyak atau sedikit juga pasti mampir ke kepala sikat gigi kita kan?

Hari ke-12: Usahakan Untuk Olahraga

Banyak yang mengatakan dan beralasan untuk tidak melakukan olahraga ringan di hari-hari mereka. Sibuk, terlalu capek, atau alasan klasik lainnya. Jika terus beralasan kapan meluangkan waktu untuk berolahraga meskipun olahraga ringan? Apa mau nanti jika dokter yang menyarankan untuk melakukan olahraga karena kita sudah dijangkiti penyakit? Ini Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mereka yang terjebak jam kerja: Jika memungkinkan hindari lift, naiklah tangga, Saat istirahat makan siang, pakailah waktu untuk berjalan jalan sekitar kantor, Parkir kendaraan agak jauh dari kantor, agar bisa berjalan sedikit, Menarilah! yep! Menarilah saat melakukan tugas ringan seperti mencuci piring, memasak atau membersihkan kamar tidur anda.

Hari ke13: Siapkan Menu Sendiri

Persiapan menu untuk makan sehari-hari sangat penting untuk membentuk mood dan menjadikan kita lebih sehat. jika memang tidak memungkinkan menyiapkan makan setiap hari karena kantor yang jauh, sebaiknya temukan restoran yang bisa anda kunjungi saat makan siang. Ingat bukan junk food ya. Usahakan setiap hari berpindah-pindah tempat makan, dan makanlah makanan sehat yang mereka sajikan.

Hari ke-14: Temukan Sesuatu Yang Bisa Membuat Kita Bersyukur Setiap Hari

Senin untuk sebagian orang adalah hari yang menyebalkan. Untuk tetap menjaga agar mood kita bagus dan selalu ceria, temukan lah dalam hidup anda sesuatu yang bisa anda sukuri setiap hari. Fokuslah pada hal positif yang anda miliki sekarang. Belum tentu teman-tem dan orang sekitar anda memilikinya. Bersyukur terkadang memang susah, apalagi jika kita selalu melihat ke atas dan melupakan tanah tempat kita berpijak. Masih banyak orang di luar sana yang mungkin tidak seberuntung kita hari ini, janganlah mengeluh. Karena kita adalah orang-orang yang beruntung dalam kalkulasi pribadi kita.

Semoga 2 minggu kita bisa membuat kita lebih berbahagia dengan hidup dan apa yang kita jalankan hari ini.