Thursday , October 22 2020

Tips Menghilangkan Rasa Ngantuk Di Siang Hari

Rasa ngantuk bisa terjadi pada siapa saja. Mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Namun, apa jadinya jika rasa ngantuk melanda diri kita di siang hari. Aktivitas menjadi terganggu. Apalagi jika rasa ngantuk itu mengalahkan keinginan kita untuk segera menyelesaikan tugas-tugas kuliah ataupun pekerjaan di kantor. Pasti Anda tidak ingin hal tersebut terjadi pada diri Anda, bukan?

Rasa ngantuk itu bisa terjadi sebelum ataupun sesudah makan siang. Mata akan terasa berat dan rasanya ingin segera menyentuh tempat tidur. Apalagi jika Anda merasa kekenyangan setelah makan siang. Ingin kembali melanjutkan pekerjaan ataupun tugas-tugas pun terasa enggan. Namun, mau tidak mau Anda harus segera menyelesaikan pekerjaan Anda di siang hari dan berusaha sekuat tenaga menahan rasa ngantuk.

Ada banyak cara jika Anda ingin menghilangkan rasa ngantuk di siang hari. Caranya cukup sederhana dan dapat dilakukan dengan mudah tersebut. Simak tips dan triknya berikut ini:

1. Kenakan Parfum Lemon

Semprotkan parfum dengan aroma lemon atau jeruk pada siang hari. Beberapa peneliti beranggapan, parfum beraroma lemon atau jeruk memiliki kadar norepinephrine. Norepinephrine merupakan hormon yang berfungsi agar kita dapat tetap terjaga, meningkatkan energi dan konsentrasi. Jika Anda mencium aroma lemon atau jeruk, kadar norepinephrine ini akan meningkat sehingga mood Anda juga bisa meningkat.

2. Dapatkan Sinar Matahari

Sinar matahari disinyalir memiliki peran yang penting bagi kesehatan manusia. Sinar matahari sangat berperan bagi orang-orang yang bekerja di dalam ruangan. Oleh karena itu, orang-orang yang bekerja di dalam ruangan ber-AC sangat dianjurkan untuk pergi keluar ruangan secara rutin agar tubuh mereka terpapar sinar matahari. Sinar matahari dapat memberikan dampak pada ritme melatonin yang mampu meningkatkan suasana hati, energi dan kualitas tidur.

3. Lihat Sesuatu yang Berwarna Merah

Banyak peneliti beranggapan bahwa warna terang dapat memberikan efek berhati-hati dan membuat kita berjaga-jaga serta meningkatkan energi. Warna merah dapat memberikan reaksi lebih cepat dan energik. Namun, ingat jangan berlebihan karena warna merah dapat membuat orang merasa tertekan apabila digunakan secara berlebihan.

4. Meditasi

Jika rasa ngantuk Anda di siang hari berlebihan, lakukanlah meditasi sejenak agar terasa lebih rileks. Ketika sudah merasa rileks dan tenang itu tandanya energi Anda telah kembali dan dapat lebih fokus lagi dalam menyelesaikan pekerjaan. Selain dapat menghilangkan rasa ngantuk di siang hari , meditasi ternyata dapat meningkatkan produktivitas, kreativitas dan memori.

5. Kunyah Permen Karet

Permen karet ternyata bisa membantu mengurangi rasa ngantuk karena permen karet dapat meningkatkan energi tubuh. Seseorang yang mengunyah akan memiliki mood dan tingkat awas yang lebih baik. Ketika Anda memiliki pekerjaan dalam jumlah banyak dengan lingkungan penuh tekanan, biasanya akan lebih fokus dan cekatan. Namun, pilihlah permen karet yang bebas gula.

Kira-kira dari sekian banyak trik yang ada, mana yang Anda pilih? Atau, Anda punya trik lain yang dapat menghilangkan rasa ngantuk di siang hari? Mulai sekarang cobalah untuk menerapkan trik tersebut. Pilihlah salah satunya saja dan Anda akan merasakan perubahannya.

Selamat mencoba!

About Bas