Ada yang bilang bahwa cantik itu harus rela sakit. Beauty is Pain! Namun benarkah demikian? Tentu saja tidak ya. Menyakiti diri sendiri adalah dosa. Termasuk ketika kamu menggunakan high heels, lalu membiarkan kakimu jadi merah-merah, lecet dan perih. Lama-kelamaan hal itu bisa merusak kulit loh.

Lalu apa yang harus dilakuin? Apa harus berhenti menggunakan high heels? Ya enggak juga. Apabila kamu memang suka pakai heels, kamu bisa mengenakannya tapi perhatikan dulu tips-tips di bawah ini!

1. Masih Newbie? Pakai Wedges Dulu Aja!

Kalau kamu masih newbie alias pemula dan belum pernah pakai sepatu ber-hak tinggi, mending pakai wedges dulu. Wedges adalah sepatu heels yang punya hak lebar dan permukaannya lebih luas. Jadi enggak lancip di ujung saja. Dengan begitu, kamu bisa berjalan lebih mudah.

Pemakaian wedges gak kalah stylish dari high heels kok. Selain bikin kamu terlihat lebih tinggi dan anggun, wedges juga lebih nyaman digunakan. Cocok juga dipakai untuk acara santai ataupun formal.

2. Pastikan Ukurannya Pas dengan Kakimu

Aturan kedua untuk menggunakan high heels pastikan kamu memilih yang ukurannya pas dengan kakimu. Jangan hanya karena heels tersebut punya bentuk cantik, lalu kamu membelinya padahal ukurannya kecil. Itu akan membuat kakimu jadi sakit dan lecet. Selain itu juga bikin gak nyaman saat digunakan berjalan.

3. Jangan digunakan Setiap Hari

Apabila kamu tidak ingin kakimu lecet, maka hindari menggunakan high heels setiap hari. Biarkan kakimu beristirahat selama beberapa hari dulu. Misalnya 3 hari. Setelah itu baru gunakan heels kembali. Untuk gantinya, kamu bisa pakai flat shoes atau sneakers untuk tampilan yang lebih santai dan casual.

4. Sesekali Duduk dan Lakukan Olahraga Kaki Ringan

Setiap kali menggunakan high heels kamu jangan berdiri terlalu lama. Itu gak baik untuk otot-otot kaki sebab bisa menimbulkan tegang bahkan cedera. Ambil kesempatan untuk duduk. Seenggaknya 1 jam sekali. Kemudian lepas sepatu dan lakukan olahraga ringan dengan meregangkan kaki dan jemari sehingga sirkulasi darah lancar.

Setelah kamu merasa rileks, kamu boleh menggunakan sepatumu kembali dan beraktivitas. Ingat ya, ini penting untuk dilakukan. Jangan menyakiti diri hanya demi terlihat profesional. Jika memang pegal ya lepaskan saja.

5. Agar Tak Licin, Gosok Bagian Bawah Heels dengan Amplas

Ada beberapa jenis high heels yang memiliki permukaan bawah licin. Sehingga bisa memicu risiko terpeleset. Nah, untuk menghindari hal tersebut lebih baik kamu amplas bagian bawah heels kamu terlebih dahulu agar nantinya bisa nyaman saat digunakan berjalan.

6. Gunakan Stocking

Untuk menghindari rasa sakit berlebihan atau lecet, sebaiknya kamu menggunakan stocking saat pakai heels. Sehingga permukaan dalam heels tidak bergesekan langsung dengan kulit.

7. Oleskan Body Butter atau Minyak Zaitun di Malam hari

Setelah menggunakan high heels seharian pasti kaki rasanya pegal, sakit atau mungkin ada lecet. Nah, kamu bisa mengoleskan body butter di malam harinya. Body butter ini berguna untuk mengatasi kapalan di kaki sekaligus memberikan kelembaban biar kulit gak kering.

Kamu juga bisa mengoleskan minyak zaitun. Minyak zaitun bagus untuk kulit karena kandungan vitamin E nya yang tinggi. Selain itu juga ampuh mengatasi lecet dan kemerahan. Selain itu, untuk relaksasi kamu bisa merendam kaki di air hangat setiap selesai beraktivitas.

Oiya, kamu juga harus tahu bahwa menggunakan high heels disarankan yang tidak terlalu tinggi. Untuk pemakaian harian sebaiknya cukup heels 5 cm saja. Dengan begitu kakimu juga enggak kecapean dan risiko bisa diminimalisir.