Saturday , October 24 2020

Tips Mengganti Oli Mobil Matic

Melakukan perawatan mobil matic dengan cara mengganti oli sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mengganti oli pada mobil manual. Yang membedakan adalah hanya pada jenis oli transmisi yang dipakai pada oli matic.

Pada jenis mobil manual oli yang digunakan adalah oli transmisi atau oli gearbox jenis manual, sedangkan pada mobil matic oli yang digunakan adalah jenis ATF Ekonomi, ATF berstandar Dextran3, CVT atau beberapa jenis lainnya.

Pada dasarnya kedua jenis mobil ini memiliki 3 macam oli yang harus diganti secara rutin dan berkala yaitu :

  1. Oli mesin yang diganti rata-rata setiap jarak tempuh 5.000km
  2. Oli transmisi yang diganti rata-rata setiap jarak tempuh 20.000km
  3. Oli gardan yang diganti rata-rata setiap jarak tempuh 20.000km

Pada dasarnya mengganti oli mesin baik pada mobil matic ataupun pada mobil manual sebenarnya tidak ada perbedaan sama sekali. Namun faktor pembeda oli mesin yang digunakan terletak pada jenis mobil tersebut dan tahun berapa mobil tersebut dikeluarkan. Mengapa demikian?

Jenis mobil dan tahun mobil tersebut dikeluarkan berkaitan erat dengan teknologi yang digunakan pada mobil tersebut. Hal inilah yang mendasari adanya perbedaan pada penggunaan oli mesin untuk setiap jenis mobil. Contohnya sederhana, jika Anda memiliki mobil keluaran lama seperti Katana atau Kijang Super tentu akan berbeda oli mesin yang digunakan jika dibandingkan dengan Avanza Veloz atau Honda Brio.

Sebagian besar atau bahkan semua mobil keluaran terbaru memiliki teknologi yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan mobil pabrikan lawas, khususnya mobil keluaran tahun 90-an ke bawah. Pada mobil keluaran lawas biasanya masih memiliki jarak antar komponen pada mesin yang cukup renggang, karena teknologi pembuatan sebuah mesin pada jaman itu tergolong masih jadul dan tidak seakurat dan sepresisi teknologi pembuatan mesin pada jaman sekarang. Maka dari itu jika sebuah mobil keluaran lawas disandingkan dengan oli untuk mesin mobil jaman sekarang akan sangat tidak bermanfaat, karena oli mesin mobil jaman sekarang memiliki tingkat kekentalan yang jauh lebih encer. Hal tersebut akan mengakibatkan tidak sempurnanya oli untuk melumasi berbagai komponen mesin mobil yang ada.

Kebanyakan mobil jaman sekarang menggunakan oli mesin yang lebih encer dengan tingkat kekentalan 5w-30 atau yang lainnyal. Sedangkan pada mobil jaman dulu masih memakai oli mesin dengan kekentalan 20w-50.

Maka dari itu, sebelum mengganti oli mesin mobil Anda, khususnya oli pada mesin mobil matic Anda, perlu untuk membaca buku manual secara teliti. Biasanya pada sebuah buku manual yang tertera pada setiap pembelian mobil akan tertulis jenis oli yang digunakan untuk produk mobil tersebut.

 

Mengganti Oli Transmisi

Inilah yang membedakan oli yang digunakan pada mobil matic dan juga mobil manual. Maka dari itu perhatikan secara teliti penjelasan pada artikel ini ya. Jangan sampai Anda mengganti oli transmisi mobil matic Anda dengan menggunakan oli transmisi untuk mobil manual.

Pada jaman yang semakin maju ini, beberapa pabrikan mobil terlebih pabrikan yang banyak memproduksi mobil matic telah memproduksi beraneka jenis oli sesuai dengan kegunaannya. Selain itu juga mereka telah memakaikan merk oli tersebut sesuai dengan merk produksi mobil mereka sendiri.

Maka dari itu, pastikan bahwa Anda telah teliti membaca buku manual untuk mencari tahu jenis oli apa yang cocok Anda gunakan sebagai pengganti oli transmisi pada mobil Anda. Karena biasanya beda pabrikan mobil matic, beda pula rekomendasi oli transmisi nya. Pada dasarnya sebuah oli transmisi juga memiliki tingkat kekentalan atau SAE dan API yang berbeda-beda. Seperti contohnya adalah 75w-90 atau 80w-90. Angka pada bagian belakang kode menentukan tingkat kekentalan dari oli tersebut. Semakin besar angkanya maka semakin kental oli tersebut. Hal tersebut adalah untuk spesifikasi pada oli transmisi mobil manual. Sedangkan pada mobil matic, oli transmisi biasanya akan tertera tulisan ATF atau Automatic Transmission Fluid yang kemudian diikuti standar kekentalannya.

 

Mengganti Oli Gardan

Kebanyakan mobil memang masih menggunakan oli gardan untuk melumasi gardan pada mobil tersebut. Namun ada beberapa jenis mobil yang tidak menggunakan oli gardan seperti Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, Honda Jazz, dan juga Honda Brio. Bisa disimpulkan bahwa kebanyakan mobil jenis city car dan sedan pada jaman sekarang tidak lagi menggunakan oli gardan.

Lain halnya dengan tipe mobil yang memakai penggerak roda belakang seperti Toyota Avanza, Toyota Fortuner dan masih banyak jenis mobil lainnya. Lalu jenis oli apa yang dipakai? Pastinya oli gardan lah !!!

Jika Anda kebingungan dengan jenis oli apa yang digunakan untuk hal ini, Anda bisa membaca dengan teliti pada buku manual yang Anda miliki ketika membeli produk mobil matic kesayangan Anda. Ingat, jangan sampai keliru mengganti oli gardan dengan oli mesin ya, bisa bermasalah nantinya !!! Jika Anda masih kebingungan, Anda bisa membawa mobil matic kesayangan Anda ke bengkel resmi sesuai dengan merk mobil matic yang Anda miliki.

Beberapa hal di atas adalah sebuah tips sederhana dalam hal mengganti oli mobil matic dan tentunya sedikit pengetahuan tentang berbagai jenis oli mobil. Hal tersebut dapat berguna nantinya bagi Anda yang ingin menghemat sejumlah budget dalam perawatan mobil matic yang Anda miliki.

About Bas