Kamar mandi adalah area favorit kita untuk mandi dan membersihkan badan setelah seharian bekerja di kantor atau setelah bersih-bersih rumah. Berikut adalah berbagai masalah yang sering ditemui di kamar mandi dan cara mengatasinya :

Lumut

Jangan buang air aki sisa motor Anda. Tahukah Anda ternyata air aki dapat membersihkan lumut di kamar mandi. Lumut di kamar mandi membuat lantai licin dan berbahaya. Caranya adalah siramkan permukaan lantai kamar mandi yang berlumut, biarkan dalam waktu semalam. Umumnya setelah disiram air aki, lumut di lantai kamar mandi akan lepas, tinggal Anda sikat dan sapu saja lantai kamar mandi tersebut. Selamat membasmi lumut.

Mengatasi Shower yang Mampet

Mandi dengan shower (pancuran air) sebenarnya lebih hemat daripada mandi dengan gayung. Namun rasanya badan kita belum bersih tanpa dibasuh air bergayung-gayung. Karena shower lebih jarang dipakai daripada gayung, lambat laun shower Anda mampet. Cobalah tips berikut ini untuk mengatasi shower mampet. Rebus kepala shower yang terbuat dari logam dengan larutan satu liter air ditambah satu cangkir cuka, selama 15 menit. Sementara jika kepala shower Anda terbuat dari plastik, rendam dengan campuran air panas dan cuka dengan perbandingan yang sama.

Mengatasi Wastafel Tersumbat

Wastafel Anda tersumbat? Sebelum Anda menghubungi tukang ledeng cobalah atasi untuk meluruhkan sumbatan wastafel dengan soda api. Serbuk ini mudah Anda peroleh di toko material atau toko tempat menjual bahan-bahan bangunan. Caranya adalah, masukkan dua sendok makan soda api, penuhi dengan air sampai tergenang. Biarkan 25 – 30 menit. Kotoran pun akan larut dalam air. Kemudian siram lubang saringan dengan air ampai soda api hilang. Nah, untuk mencegah wastafel mampet lagi, siapkan saringan dan jangan biarkan sampah remah nasi dan sayuran masuk dan mengendap di saluran wastafel Anda.

Bau

Jika Anda pencinta kopi tubruk, jangan buang ampasnya. Ternyata ampas kopi dapat berguna untuk menghilangkan bau tak sedap misalnya: sisa tikus mati, toilet yang bau, dan sebagainya. Caranya, siapkan secangkir air panas, masukkan ampas kopi tambahkan sedikit garam, lalu campur. Setelah itu siramkan air campuran tadi ke area yang bau di rumah Anda. Selamat tinggal bau, dan selamat mencoba.

Atasi WC Mampet

Sebelum Anda menelpon tukang sedot WC cobalah cara ini untuk mengatasi WC mampet. Caranya : ambil kira-kira 1 kg garam dapur, larutkan ke dalam satu ember air. Tuangkan larutan tersebut ke dalam toilet yang mampet. Jangan gunakan toilet selama kurang lebih 5 jam. Setelah itu siram air yang banyak dengan hentakan kuat. Niscaya saluran toilet Anda akan lancer kembali.

Membersihkan Selang Air

Biasanya selang air yang sudah lama tidak digunakan akan berlumut dan sulit dibersihkan. Namun ada cara yang sederhana dan murah meriah. Ambil batu kerikil atau haluskan batu bata. Masukkan ke dalam selang dan sambungkan selang ke keran air. Air akan mengalir keluar dari selang dan batu bata halus atau kerikil tersebut akan mengikis lumut yang bersarang di selang air milik Anda. Ulangi beberapa kali sampai selang menjadi bersih dan terbebas dari lumut.