Bagi anda yang memiliki rumah minimalis 2 lantai. Tangga berfungsi untuk menghubungkan lantai pertama dan lantai kedua. Selain itu, tangga juga berfungsi sebagai tambahan manis sebuah desain rumah. Memilih tangga tidak boleh asal jadi, anda perlu memilih yang terbaik baik itu pada kualitas kokoh dan juga bentuk disainnya agar tidak hanya manis untuk rumah anda namun juga aman dan kokoh.

Dengan banyaknya permintaan masyarakat modern akan tangga minimalis untuk rumah mereka, maka tangga minimalis telah dibuat dengan berbagai macam model yang unik dan menarik. Anda juga dapat memilih sesuai dengan desain rumah minimalis anda. dengan keunikan dari model tangga minimalis ini membuat rumah anda tampak lebih indah, menarik, manis, dan tentu terlihat mempesona.

Ketika anda datang untuk memutuskan tangga minimalis untuk rumah anda, ada beberapa hal yang perlu anda tahu agar anda tidak salah memilih :

Tangga yang Aman dan Nyaman

Sebagai pemilik rumah, anda harus tepat dalam menentukan ukuran tangga minimalis yang akan digunakan. Pilihlah tangga dengan bentuk yang membuat anda dan keluarga nyaman saat menggunakannya. Jika saya boleh menyarankan, pilihlah tangga minimalis yang jarak anak tangga satu dengan lainnya sedikit namun untuk mencapai anak tangga berikutnya tidak terlalu jauh. Ini supaya anda tidak capek saat naik dan turun tangga. Jangan memilih desain tangga yang tingkat kemiringannya lebih dari 45 derajat karena takut akan terjadinya kecelakaan apalagi jika anda yang memiliki anak kecil.

Desain Tangga yang Serasi dengan Rumah

Untuk menciptakan suatu keindahan desain baik itu interior maupun ekterior. Anda perlu menciptakan suatu keseimbangan dan keselarasan desain. Nah, dalam memilih tanggapun anda harus menyesuaikan dengan desain rumah anda terlebih dahulu. Setelah anda memutuskan apa tangga tersebut aman, nyaman atau tidak? Jangan sampai model tangga yang anda harapkan mampu memberikan kesan manis dirumah malah membuatnya tampak terlihat aneh. Anda bisa browsing ke internet untuk melihat contoh-contoh menarik desain tangga seperti desain tangga melingkar, huruf N, L, garis lurus, tangga zig zag, dll. Setelah anda melihat-lihat banyak contoh tersebut, maka anda bisa memutuskan desain seperti apa yang baik untuk rumah anda.

Tangga yang Unik

Ada banyak jenis tangga minimalis yang unik dan menarik. Ada yang terbuat dari kaca, kayu, semen, keramik, dll. Anda dapat menentukan jenis tangga seperti apa yang anda inginkan. Namun, faktor aman dan kenyamanan adalah yang terpenting. Selain keamanan, tingkat kemiringan tangga dan model tangga juga perlu anda lihat dan pertimbangkan kembali. Pastikan jika anda tidak salah memilih. Semakin banyak pilihan, semakin anda dapat menentukan desain tangga minimalis terbaik apa yang cocok untuk anda, keluarga, dan rumah anda.

 

Berikut adalah beberapa model tangga untuk hunian minimalis anda:

1. Model Tangga L

Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan model tangga seperti ini. Banyak sekali hunian 2 atau 3 lantai yang menggunakan model tangga L. Tangga L didesain hanya satu kali berbelok, ataukah itu kekanan atau kekiri. Model tangga L aman untuk digunakan apabila anda memiliki anak kecil dirumah.

2. Model Tangga Lurus

Model tangga lurus seperti ini tidak memiliki belokan. Biasanya model tangga lurus digunakan untuk area yang luas. Namun, apabila anda ingin menggunakan tangga lurus untuk hunian minimalis anda, saya rasa tidak masalah. Anda hanya tinggal menentukan posisi, material, dan warna dari tangga tersebut.

3. Model Tangga Vertikal atau Melingkar

Model tangga seperti ini memang keren untuk hunian minimalis. Namun, model tangga vertikal ataupun melingkar sangat tidak bagus bagi anda yang memiliki anggota keluarga lansia. Mereka harus ektra hati-hati saat naik dan turun tangga dan juga akan sangat melelahkan bagi mereka.

4. Model Tangga Transparan

Apa maksud model tangga transparan? Ini adalah model tangga yang dirancang seperti anda melayang diudara. Anak tangga pada model seperti ini dibuat menempel pada dinding dan dibuat transparan.

Masih ada banyak model tangga yang menarik lainnya untuk hunian minimalis anda. Sebelum anda memutuskan untuk memilih satu, pastikan bahwa anda telah mempertimbangkan faktor kenyamanan pengguna terlebih dahulu, kemudian pertimbangkan faktor keselarasan dengan desain interior rumah anda.