Tuesday , October 20 2020

Tips Mendidik Anak Agar Tidak Boros

Namanya anak-anak, tentu akan kerap minta ini dan itu. Jika dituruti, alhasil, anak menjadi memiliki sifat suka boros. Seorang anak sebenarnya dapat jauh dari sifat tersebut asalkan orang tua tahu cara mengajarkan keuangan kepada si anak. Siapa bilang anak tidak akan mengerti. Sebaliknya, anak akan mudah mengerti dan mengetahui bahwa uang yang dimiliki oleh orang tua itu tidak selalu untuknya, tidak selalu untuk membeli atas dasar keinginan.

Ajarkan Anak Mengelola Keuangan Bulanan

Tunjukkanlah kepada anak list dari daftar kebutuhan bulanan yang Anda buat. Ini adalah cara mengajarkan anak agar tidak memiliki kebiasaan suka boros. Dengan Anda menunjukkan list tersebut, secara tidak langsung anak akan tahu bahwa uang milik orang tuanya untuk membeli makan dan minum, untuk membayar sekolahnya, untuk membayar ini dan itu, dan juga tunjukkan bahwa sebagian uang juga perlu ditabung.

Kemudian ajarkan anak Anda untuk dapat mengelola keuangannya dengan cara seperti Anda membuat list daftar keuangan bulanan tersebut. Darimana anak Anda dapat uang? Tentu saja dari uang saku yang Anda berikan. Meskipun jumlahnya kecil, namun anak Anda dapat mengelolanya seperti Anda mengelola keuangan bulanan. Anak dapat menulis list keinginannya untuk membeli mainan, sebagai contoh. Atau list keinginan anak yang lain sehingga si anak dapat memenuhi keinginannya sesuai dengan jumlah uang yang dimiliki.

Ajarkan Anak Untuk Paham Usaha Sebelum Menerima Uang

Sekali-kali ajaklah anak Anda untuk melihat kondisi pekerjaan Anda. Ajak ke kantor Anda atau ajak setiap kali Anda bekerja. Kemudian jelaskan bahwa ini adalah pekerjaan orang tuanya. Dengan bekerja, maka akan ada uang yang diterima. Dengan mengajarkan kepada anak bahwa perlunya usaha sebelum menerima uang, maka anak Anda tentu akan berpikir kembali terlebih dahulu sebelum meminta uang kepada orang tuanya. Sebab si anak sudah tahu bahwa memperoleh uang itu tidaklah mudah.

Ajarkan Anak Untuk Bersedekah

Ajarkan pula pada anak Anda bahwa uang yang dimiliki orang tuanya juga tidak hanya untuk si anak. Namun juga hak orang lain yang perlu diberikan. Ajarkanlah anak Anda untuk bersedekah. Uang tidak selamanya untuk membeli ini dan itu. Uang juga untuk diberikan kepada orang yang memang sangat membutuhkan uang yang Anda miliki. Sehingga anak Anda akan tahu bahwa masih ada orang yang jauh kurang beruntung dari dirinya. Harapannya adalah anak tidak akan menanamkan sifat suka boros. Terlebih ketika Anda mengajarkan bahwa jika si anak selalu boros, maka bisa jadi kondisinya akan berbalik. Semula yang mampu bersedekah menjadi orang yang akan menerima sedekah karena uang yang dimiliki hanya habis untuk hal-hal yang boros.

Ajarkan Perlunya Tabungan Untuk Hari Esok

Beri pemahaman anak Anda mengenai tujuan menabung. Sehingga anak Anda juga akan belajar menabung. Ajarkanlah anak Anda menabung dengan cara sederhana melalui celengan yang si anak miliki. Setiap kali ada sisa uang saku, ajarkanlah untuk menabungnya di celengan. Kemudian ketika sudah satu bulan atau satu tahun, barulah ajak anak Anda untuk menghitung jumlah uang yang berhasil si anak tabung. Tanyakan apa yang hendak si anak lakukan dengan uang yang berhasil dimiliki. Sebab tentu saja tabungan anak untuk mengajarkan belajar tidak boros dan dapat membeli keinginan yang sudah lama dinantikan dengan usaha menabung tersebut.

About Bas