Sunday , October 25 2020

Tips Mencari Sumber Modal Usaha dan Cara Memperolehnya

Apakah Anda ingin membangun sebuah usaha, akan tetapi terbentur masalah modal? Jangan salah, ada banyak orang yang mengalami kendala seperti Anda. Namun, seperti ungkapan yang mengatakan, “Ada banyak jalan ke Roma,” demikian pula mengenai sumber modal usaha.

Berikut beberapa ide sumber modal usaha dan cara memperolehnya yang bisa Anda gunakan dan praktikkan:

1. Milik Sendiri

Mungkin Anda memang tidak memiliki uang untuk digunakan sebagai modal usaha. Namun, lihatlah di sekeliling Anda saat ini. Ada banyak solusi yang sebenarnya bisa Anda gunakan. Misalnya, Anda bisa mengumpulkan benda-benda yang sudah tidak digunakan, lalu menjualnya kembali. Daripada rumah menjadi penuh dan sumpek, menjual benda-benda ini pasti akan menghasilkan dana segar di dompet Anda.

Anda juga mungkin bisa menjual barang-barang berharga, seperti perhiasan, motor, tanah, dan sebagainya demi memperoleh sejumlah uang. Tentu saja, Anda harus mempertimbangkan langkah ini dengan sangat teliti supaya tidak menimbulkan penyesalan di kemudian hari.

2. Meminjam dari Teman atau Saudara

Opsi ini bisa menjadi salah satu pilihan ketika Anda ingin mendapatkan suntikan modal. Namun perlu diingat, meskipun hanya meminjam dari teman atau saudara, Anda tetap punya kewajiban untuk mengembalikannya. Anda juga harus memahami etika meminjam, yaitu tidak boleh memaksa jika tidak diberikan.

Sumber modal usaha dan cara memperolehnya ini adalah salah satu yang paling aman dan nyaman dibandingkan cara yang lain. Tidak perlu sungkan atau malu karena pada waktunya nanti uang tersebut bisa dikembalikan secara utuh.

3. Membentuk Arisan

Arisan adalah kegiatan yang dilakukan bersama-sama dengan mengumpulkan dana, lalu diberikan kepada satu orang yang namanya terpilih. Selain bisa menjadi solusi keuangan, arisan kental dengan nilai-nilai kebersamaan dan gotong royong.

Jika Anda membutuhkan modal usaha, Anda bisa mengumpulkan beberapa teman dan mengajak mereka ikut arisan yang Anda bentuk. Sebagai penggagas, Anda berhak menjadi penerima pertama dari hasil arisan tersebut. Inilah uang yang bisa Anda gunakan sebagai modal usaha.

Kelemahannya adalah Anda harus bertanggung jawab menjaga arisan itu tetap berjalan lancar. Kadang-kadang, ada saja peserta arisan yang tidak konsisten dan menghilang di tengah  jalan padahal ia telah memperoleh bagiannya. Dalam hal ini, Anda tentu harus bertindak dengan tegas dan tepat.

4. Menggadaikan Barang Berharga

Anda membutuhkan modal, tetapi sayang jika harus menjual barang tersebut? Pilihan terbaik adalah membawa barang tersebut ke pegadaian. Di sana, Anda akan dipinjamkan sejumlah uang sesuai nilai barang yang Anda gadaikan. Jangka waktu pengembalian juga bisa dipilih.

Keuntungan menggadaikan barang di pegadaian adalah adanya jaminan keamanan barang. Seperti kita ketahui, pegadaian adalah lembaga yang resmi dan terpercaya. Namun, pastikan Anda bisa membayar cicilan bulanan jika tidak ingin barang yang Anda miliki disita.

5. Meminjam di Koperasi atau Bank

 

Saat ini, ada banyak lembaga-lembaga keuangan, seperti koperasi. Jika telah menjadi anggota di sebuah koperasi, Anda berhak meminjam sejumlah uang di sana. Kemudian, Anda hanya perlu mencicil angsuran setiap bulan ditambah dengan bunga yang disepakati bersama.

Meskipun tidak semua, ada pula lembaga yang memperbolehkan seseorang meminjam tanpa agunan. Ini tentu adalah solusi praktis bagi orang yang tidak memiliki barang berharga, tetapi ingin mendapatkan dana segar.

Selain itu, Anda bisa pula meminjam uang dari bank. Opsi ini menawarkan jumlah pinjaman yang besar, tetapi Anda harus melewati proses yang rumit karena ada banyak syarat yang harus dipenuhi.

Nah, dari berbagai sumber modal usaha dan cara memperolehnya tersebut, Anda memilih yang mana?

About Bas