Thursday , October 22 2020

Tips Menabung Untuk Keperluan Belanja

Menabung atau berbelanja, tentu akan banyak orang yang cenderung memilih berbelanja. Tidak banyak orang yang mengetahui apa pentingnya menabung dan apa pentingnya berbelanja. Namun jika Anda dapat menyeimbangkan kepentingan antara menabung dan juga berbelanja, maka tentunya keuangan Anda akan baik-baik saja.

Menabung

Padahal ada banyak sekali manfaat yang akan Anda dapatkan ketika menabung. Yang jelas adalah masa depan keuangan Anda akan tetap terjaga dan juga aman. Menabung ini penting sekali untuk berjaga-jaga jika ada hal-hal yang tidak diinginkan, seperti sakit, atau berbagai macam hal lainnya.

Menabung sendiri dapat Anda lakukan di dalam rumah, seperti menyimpannya di celengan atau box khusus untuk menyimpan uang. Atau anda dapat menyimpannya di bank. Di bank sendiri anda dapat menyimpan uang dalam berbagai macam, seperti deposito, investasi atau berbagai macam produk perbankan lainnya.

Sebelum Anda mulai menabung ada baiknya jika Anda memperhatikan berapa besar uang yang diperoleh setiap bulan. Dari sana Anda sebaiknya memisahkan uang yang akan ditabungkan dan berbagai macam keperluan lainnya. Menabung pada awal bulan, akan dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan ketika pertengahan bulan atau bahkan di akhir bulan.Namun menabung pada akhir bulan, risiko terbesarnya adalah uang tersebut habis digunakan untuk berbagai macam keperluan yang sebetulnya tidak dibutuhkan. Itu sebabnya ada baiknya jika sedari awal, pilih dan pilah uang yang Ada dapatkan untuk berbagai macam keperluan dan untuk menabung.

Berbelanja

Siapa yang tidak suka berbelanja. Dengan berbelanja maka Anda akan mendapatkan berbagai macam barang dan juga keinginan Anda. Tentunya akan ada sebuah kepuasan tersendiri ketika Anda berhasil mendapatkan apa yang diinginkan, baik itu berupa benda, jasa, atau hal lainnya. Namun pernahkan Anda memilkirkan dampak dari berbelanja bagi keuangan Anda.

Dengan adanya sistem kartu kredit, biasanya orang sering terjebak dengan berbelanja berbagai macam barang, namun tidak pernah memperhitungkan dengan baik, berapa besar uang yang harus Anda bayarkan untuk mendapatkan berbagai macam hal yang diinginkan. Ketika tagihan kartu kredit datang, biasanya Ada akan terbelalak dengan jumlah yang harus dibayarkan.

Untuk mengatasinya ada baiknya jika sedari awal, ketika Anda memperoleh uang, bagi uang tersebut ke dalam beberapa macam, seperti uang untuk berbagai macam keperluan, uang untuk menabung, dan juga uang untuk berbelanja. Dengan begitu maka Anda akan mengetahui berapa besar uang yang dapat dibelanjakan untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Jika memang uang yang dibutuhkan tidak cukup untuk membeli barang yang diinginkan, tidak ada salahnya jika Anda menundanya. Secara tidak langsung itu membuat Anda untuk bertindak bijak terhadap keuangan diri sendiri.

Melakukan cara seperti ini memang tidak mudah pada awalnya, terutama ketika Anda seorang gila belanja. Namun dengan melakukan secara perlahan, dan juga dengan niat yang kuat untuk dapat menyeimbangkan keuangan, tentunya cara seperti ini akan berhasil. Disiplin dan juga niat yang kuat akan membantu Anda untuk dapat mengatasi masalah keuangan yang sering menjadi momok menakutkan. Akan lebih bijak jika uang tabungan tidak sekedar uang tabungan, namun juga sebagai uang investasi. Dengan demikian, selain uang akan tetap aman, Anda juga akan mendapatkan uang tambahan dari hasil invenstasi tersebut. Tentunya ini akan menjadi sebuah keuntungan ganda yang menyenangkan. Dengan begitu maka Anda tidak akan merasa bingung lagi ketika harus memilih menabung dan berbelanja.

About Bas