Sunday , October 25 2020

6 Tips Memulai Bisnis Rumah Kost

Tidak banyak orang yang tertarik akan bisnis rumah kost ini. Padahal bisnis ini terbilang cukup menguntungkan. Bagaimana tidak Anda akan mendapatkan uang setiap bulan tanpa melakukan apa-apa. Bisnis ini memang tergolong simple, hanya saja Anda harus mempunyai modal yang cukup besar untuk membeli beberapa perlengkapan rumah kost. Semua modal tersebut akan dapat kembali hanya dalam hitungan bulan.

Berikut adalah beberapa tips untuk memulai bisnis rumah kost :

1. Lokasi

Anda harus dapat memilih lokasi rumah kost yang strategis. Dengan memilih lokasi yang strategis tentunya akan membuat orang akan mudah mengakses rumah kost Anda. Sebuah rumah kost sebaiknya berada di pinggir jalan, atau setidaknya berada di sebuah gang yang masuk kendaraan bermobil.

2. Bentuk Rumah

Jika Anda mempunyai rumah sendiri, maka yang perlu Anda lakukan adalah merenovasi beberapa kamar agar tampak seperti kamar kost. Jika Anda tidak mempunyai rumah, ada baiknya jika mencari rumah dengan kamar yang banyak, atau Anda dapat membuat kamar tambahan. Perhatikan juga sirkulasi udara di dalam rumah dan juga di dalam kamar, agar suasana di dalam kamar selalu nyaman dan juga akan lebih baik jika sinar matahari dapat masuk ke dalam kamar.

3. Fasilitas Rumah Kost

Ketika Anda akan membuat sebuah rumah kost ada baiknya jika Anda memperhatikan fasilitas yang ada dirumah tersebut, berapa daya listrik, bagaimana dengan saluran dan juga air yang ada di rumah tersebut. Perhatikan juga saklar lampu dan juga piranti listrik yang ada di setiap kamar,agar para penghuni kost merasa nyaman saat akan menggunakan listrik. Perhatikan juga fasilitas jemuran, atau tempat mencuci baju.

Tidak ada salahnya jika Anda menambahkan fasilitas tambahan seperti tempat tidur, lemari, meja belajar, lampu, dan juga wifi. Fasilitas seperti ini tentunya akan menambah nilai jual dari rumah kost yang anda buat. Tidak ada salahnya jika Anda sengaja membuat fasilitas kamar mandi di dalam kamar, agar para penghuni kost merasa nyaman saat hendak menggunakan kamar mandi.

4. Perhatikan Akses Keluar Masuk Rumah

Ada baiknya jika akses keluar masuk rumah tidak terlalu sempit. Setidaknya dapat masuk kendaraan bermobil. Ini akan menjadi sebuah fasilitas tambahan yang akan menyenangkan bagi para penghuni kost. Karena ada kalanya saudara atau orang tua mereka berkunjung dan membawa kendaraan bermotor, atau mungkin penghuni kost sendiri yang memiliki kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

5. Perhatikan Fasilitas Keamanan

Tidak ada salahnya jika Anda memperhatikan faktor keamanan dari lingkungan sekitar rumah kost dan juga di dalam rumah kost sendiri. Anda dapat menggunakan camera cctv atau dapat menyewa seorang satpam untuk menjaga rumah kost tersebut. Hal ini dilakukan agar para penghuni kost merasa nyaman selama tinggal di rumah tersebut.

6. Adanya Fasilitas Tambahan

Anda dapat memberikan fasilitas tambahan berupa makanan yang selalu disediakan untuk para penghuni kost atau Anda dapat memberikan layanan berupa cuci pakaian dan seterika bagi para penghuni kost.

Semakin nyaman rumah kost yang Anda buat, tentunya ada banyak orang yang akan mencari rumah kost yang Anda buat tersebut. Ada baiknya jika Anda mempertimbangkan harga kost yang berimbang, tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah. Ini akan menjadi sebuah pertimbangan tersendiri bagi calon penghuni, agar merasa nyaman selama tinggal di rumah kost tersebut. Dengan alasan tersebut maka dari itu tidak ada salahnya jika Anda memulai usaha bisnis rumah kost ini.

About Bas