Monday , October 19 2020

Tips Memulai Bisnis Laundry Kiloan Bagi Pemula

Tak bisa dipungkiri perkembangan bisnis laundry semakin hari bertambah pesat. Terutama bagi masyarakat urban yang tinggal di perkotaan, sibuknya rutinitas harian membuat mereka lebih memilih jasa laundry dibandingkan nyuci baju sendiri. Selain hemat waktu dan tenaga, biasanya jasa laundry juga memberikan service yang bagus. Pakaian jadi lebih rapi serta wangi.

Nah, apabila Kamu ingin mencoba usaha sampingan, tak ada salahnya mencoba bisnis laundry kiloan. Berikut tips sukses memulai bisnis laundry dengan modal kecil. Check it out!

1. Siapkan Modal

Dalam membuka bisnis laundry tentunya Anda tidak boleh asal-asalan. Anda harus mempersiapkan modal untuk membeli barang-barang yang diperlukan. Mulai dari mesin cuci, alat-alat cuci (seperti sikat pakaian, ember, dan hanger), detergen (softener, pemutih, antiseptic, spotter), pewangi baju, gantungan pakaian, setrika uap, timbangan, nota berlebel merk toko, plastik pembungkus pakaian, alat tulis, dan spanduk. Paling tidak, untuk modal awal harus Anda menyediakan budget sekitar Rp.5.000.000-Rp.10.0000.

2. Pilih Lokasi Strategis

Setelah peralatan siap, selanjutnya Anda harus mencari lokasi usaha yang letaknya strategis. Misalnya di kawasan perkantoran, rumah sakit, kos-kosan ataupun kampus. Biasanya seorang mahasiswa dan karyawan cenderung sibuk dan malas mencuci pakaian sendiri. Sehingga lebih memilih jasa laundry.

3. Berikan Pelayanan Lengkap dan Berkualitas

Untuk memaksimalkan bisnis Anda sediakan pelayanan secara lengkap dan berkualitas. Anda bisa membuka jasa mencuci, mengeringkan, setrika, lipat serta layanan antar-jemput.

Selain itu, jika usaha Anda sudah mulai berkembang pesat, usahakan untuk meningkatkan pelayanan dengan tak sekedar menerima pencucian pakaian saja. Tapi juga sprei, bed cover, karpet, boneka atau lainnya. Yang terpenting, utamakan kualitas daripada kuantitas. Batasi penerimaan order jika kerjaan Anda sudah menumpuk. Jangan sampai konsumen Anda menunggu lama atau sampai berminggu-minggu hanya karena Anda terlalu mengejar target keuntungan.

4. Pasang Tarif Terjangkau

Memasang tarif terjangkau bukan berarti merugikan bisnis. Anda juga harus memperkirakan modal dan tenaga. Seenggaknya jangan mematok harga terlalu mahal, apalagi jika Anda masih pemula. Sesuaikan harga dengan kondisi lingkungan Anda.

Semisal toko laundry Anda berada di kawasan yang jarang ada jasa laundry, maka Anda bisa memasang tarif lebih mahal. Namun jika di lingkungan tersebut Anda memiliki banyak pesaing, lebih baik pasang harga yang kompetitif. Biasanya harga laundry dipasang tarif per kilo dan bergantung pada paket yang disediakan (apakah cuci-kering, cuci-kering-setrika, atau lainnya).

5. Optimalkan Pemasaran

Untuk pemasaran bisa Anda lakukan dari mulut ke mulut. Anda bisa menawarkan pada masyarakat sekitar, keluarga serta teman-teman. Kemudian jangan lupa menyebarkan brosur atau memasang spanduk.

Agar lebih efektif, lakukan juga promosi lewat media online. Seperti instagram, facebook, twitter, BBM, Whatsapp, Line dan sebagainya. Dengan begitu, bisnis Anda bisa lebih diketahui banyak orang.

6. Rekrut Karyawan

Apabila bisnis laundry Anda sudah menghasiln profit cukup tinggi, maka mulailah merekrut karyawan. Enggak perlu banyak-banyak, cukup 1 orang dulu. Ini sangat penting untuk menjaga nama baik atau kualitas bisnis Anda.

Sebab disaat bisnis semakin populer tentunya orderan semakin meningkat. Maka itu, Anda butuh karyawan untuk membantu usaha Anda. Dengan begitu cucian dari para customer bisa diselesaikan tepat waktu.

Sekiranya itulah beberapa tips mendapatkan penghasilan dari bisnis laundry kiloan. Oiya, bisnis laundry ini tidak bisa mendatangkan keuntungan dalam waktu singkat. Pastinya Anda harus bisa bersabar karena untuk masa-masa awal pembukaan mungkin akan sedikit sepi.

About Bas