Tuesday , October 20 2020

8 Tips Memulai Bisnis Kuliner Untuk Pemula

Indonesia merupakan negara yang kaya akan kuliner. Maka itu, nggak heran jika bisnis makanan sangat menjamur di masyarakat. Bisnis ini dinilai cukup menguntungkan sebab memiliki target pasar yang luas, tidak terbatas usia maupun golongan. Selain itu, ada banyak juga pilihan dalam berbisnis kuliner. Kamu bisa menjual makanan ala-ala food street, cafe ataupun restoran.

Nah, berikut ini beberapa tips memulai bisnis kuliner bagi pemula. Check it out!

1. Tentukan Jenis Makanan yang Dijual

Bisnis kuliner itu luas banget ya, gengs! Jadi Anda harus menentukan jenis makanan yang hendak dijual. Apakah cake, jajanan food street, olahan mie, masakan rumahan, masakan western, gorengan, bakso, rujak, lalapan, atau lainnya. Ada baiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu untuk mencari tahu jenis makanan yang paling difavoritin masyarakat.

 2. Konsep Original dan Menarik

Guna mengurangi tingkat persaingan di pasar dan meningkatkan daya tarik, maka buatlah bisnis kuliner dengan konsep original. Mulai dari nama brand, packaging, hingga olahan masakan buatlah sesuai gaya Anda sendiri. Berikan ciri khas pada produk Anda dan tentunya utamakan rasa.

3. Target Pasar Harus Jelas

Selanjutnya Anda harus menentukan target pasar untuk penjualan produk. Apakah untuk mahasiswa, karyawan, anak-anak sekolahan, ataukah masyarakat umum. Jika Anda hendak menjual makanan tersebut di kalangan pelajar atau mahasiswa maka usahakan harganya terjangkau. Sedangkan bila targetnya karyawan atau masyarakat umum Anda bisa memasang harga sedikit lebih mahal. Tapi tetap dalam batas wajar ya.

4. Tentukan Teknik Berjualan Anda

Apabila jenis makanan sudah ditentukan dan target pasar juga telah jelas. Maka sekarang Anda harus memikirkan bagaimana teknik penjualannya. Jika Anda memiliki modal cukup banyak, Anda bisa membuka restoran atau cafe dengan desain kekinian.

Sebaliknya, jika budget Anda minim maka cukup membuka usaha di rumah saja. Atau cara lain Anda bisa menyewa gerobak serta menitipkan jualan Anda di warung-warung.

5. Promosi Secara Maksimal

Promosi menjadi bagian penting dari keberhasilan suatu bisnis. Terlebih lagi jika Anda seorang pemula maka harus melakukan promosi secara optimal dan terus-menerus. Pertama, coba kenalkan produk Anda dengan masyarakat di lingkungan sekitar. Semisal ada acara tertentu (semisal pernikahan atau seminar di kampus) coba sumbang makanan Anda secara gratis. Dengan begitu, produk Anda bisa lebih dikenal. Di samping itu, Anda juga bisa mempromosikan via sosial media, seperti instagram atau facebook.

6. Coba Layanan Delivery Order untuk Wilayah Sekitar

Di era digital sekarang ini, rasanya hampir semua jenis produk diperjual belikan secara online. Nah, Anda juga bisa mencoba metode tersebut. Jadi pasarkan dagangan Anda lewat sosial media dan bukalah sistem delivery order. Anda juga bisa bergabung di jaringan Go-Food. Dengan begitu, orang-orang yang malas bepergian bisa pesan via online. Dan tentunya ini juga dapat memperluas target pemasaran.

7. Tetapkan Harga Wajar

Selain rasa dan metode promosi, harga produk juga mempengaruhi sedikit banyaknya pelanggan yang datang. Maka itu Anda harus berhati-hati dalam menetapkan harga. Sebisa mungkin sesuaikan harga dengan kuantitas dan kualitas produk, serta lihat juga jumlah pesaing di sekitar Anda. Usahakan memasang harga yang kompetitif. Jangan sampai merugikan Anda, tapi juga jangan terlampau mahal.

8. Pelayanan Cepat dan Ramah

Jika toko Anda sudah siap dibuka, jangan pernah lupa untuk selalu memberikan pelayanan yang bermutu. Yakni cepat dan ramah. Jangan sampai Anda mengecewakan customer dengan menunjukkan sikap sinis ataupun melayani orderan sangat lama. Hal itu membuat costumer ogah balik ke toko Anda. Maka sebab itu, pelayanan tetap yang nomor satu!

Kira-kira itulah sedikit tips mendapatkan penghasilan dari bisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

About Bas