Friday , October 23 2020

7 Tips Memulai Bisnis Cake & Bakery Agar Berhasil

Bagi Kamu yang hobi membuat makanan, nggak ada salahnya loh mencoba bisnis Cake & Bakery. Bisnis ini cocok dilakukan oleh ibu rumah tangga atau remaja yang ingin terjun di dunia entrepreneurship. Selain modal yang dibutuhkan nggak terlalu tinggi, tentunya membuat kue juga menyenangkan, bukan?

Tapi demikian, Kamu juga harus harus tahu bahwa persaingan bisnis cake & bakery cukup ketat. Tak hanya masyarakat biasa saja yang menggeluti bisnis tersebut. Bahkan para selebritis pun juga ikut berbondong-bondong membuka toko kue sebagai usaha sampingan.

Nah, apabila Kamu tertarik untuk berjualan kue, sebaiknya baca dulu nih tips-tips memulai bisnis cake & bakery bagi pemula berikut ini!

1. Tentukan Lokasi Usaha

Tips pertama untuk membuka bisnis cake & bakery adalah menentukan lokasi usaha. Jika Anda masih pemula sebaiknya manfaatkan dapur rumah sebagai tempat produksi. Dengan demikian, Anda bisa lebih menghemat biaya. Nantinya Anda bisa menitipkan kue Anda di warung atau menjualnya secara online.

Namun sebaliknya, jika Anda memiliki modal cukup banyak. Anda bisa menyewa tempat untuk dijadikan toko kue. Usahakan memilih lokasi yang strategis. Misalnya di kawasan perkantoran, rumah sakit, sekolah atau kampus.

2. Pilih Jenis Kue yang Hendak Dijual

Setelah Anda menentukan lokasi, selanjutnya pikirkan tentang jenis kue yang hendak dijual. Sebaiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu. Cari tahu jenis kue yang paling digemari masyarakat. Anda juga bisa menyesuaikannya dengan keahlian Anda.

Selain itu, usahakan membuat kue yang sedikit inovatif dan unik, tentunya tetap mengutamakan kualitas. Dengan demikian kue Anda bisa menarik perhatian publik dan diterima secara baik.

3. Buat Daftar Perlengkapan Untuk Memperkirakan Modal

Poin ini juga tak kalah penting. Sebelum memulai bisnis cake & bakery, buatlah daftar perlengkapan dan bahan yang dibutuhkan di kertas. Bila perlu lakukan survey pasar untuk mengecek harga biar lebih valid. Dengan demikian, nantinya Anda bisa memperkirakan besarnya modal awal.

Sebenarnya untuk membuka usaha kue, modal yang dibutuhkan terbilang relatif. Bisa sekitar Rp.5.000.000-Rp.10.000.000. Itu bergantung pada skala produksi bisnis Anda.

4. Lakukan Strategi Marketing yang Efektif

Kesuksesan sebuah bisnis tentunya sangat dipengaruhi oleh cara pemasaran atau penjualannya. Maka itu, Anda harus bisa melakukan strategi marketing yang benar-benar efektif. Diantaranya yaitu:

  • Lakukan promosi lewat sosial media. Metode ini selain nggak memerlukan banyak modal, jangkauan pemasarannya juga luas. Sehingga terbilang efektif. Anda bisa mempromosikan lewat Instagram, facebook, whatshap, LINE, dan sebagainya.
  • Berikan free product trial atau tester untuk para costumer. Cara ini ampuh untuk menggaet pelanggan. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan masukan tentang kualitas dari produk Anda.
  • Promosikan produk Anda di komunitas masyarakat tertentu, misalnya di lingkungan rumah, tempat kerja, atau lainnya.
  • Berikan minimum reward untuk kostumer dengan batas pembelian minimum.

5. Utamakan Kualitas Produk

Dalam membuka bisnis cake & bakery, tentunya rasa menjadi faktor utama sebagai penentu kesuksesan. Maka itu, Anda tidak boleh asal-asalan dalam membuat kue. Sebisa mungkin pilihlah bahan-bahan yang berkualitas dan fresh. Kemudian meminimalisir penggunaan produk kimia sintetis, seperti bahan pengawet, pewarna, emulsifier, atau lainnya.

6. Menentukan Nilai Jual

Penentuan nilai jual juga penting diperhatikan untuk menghindari kerugian. Pastikan Anda menghitung total bahan yang digunakan, ditambahkan penggunaan listrik, gas elpiji, packaging, dan ongkos kirim (bila ada).

Jika sudah diakumulasi semuanya, Anda bisa menambahkan harga untuk memperoleh laba. Namun ingat ya, jika bisnis Anda masih baru jangan mematok laba berlebihan. Usahakan sewajarnya aja. Malah jika perlu pasang harga terjangkau untuk menarik pelanggan. Nantinya bila toko Anda sudah laris, barulah Anda bisa menaikkan harga sedikit demi sedikit untuk meningkatkan profit penjualan.

7. Berikan Pelayanan yang Ramah

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan adalah pelayanan. Sebisa mungkin berikan pelayanan yang cepat tanggap dan ramah kepada para costumer. Hal ini bisa memberikan poin plus untuk usaha Anda, sekaligus meningkatkan ketertarikan bagi costumer.

Jadi itulah beberapa tips memulai bisnis cake & bakery. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, ladies!

About Bas