Monday , October 26 2020

Tips Memperoleh Penghasilan Sampingan Dari Amazon E-commerce

Tips Memperoleh Penghasilan Sampingan Dari E-commerce Amazon.com – Walaupun belum ada di Indonesia, namun Amazon telah menjadi toko e-commerce terbesar di dunia. Perusahaan yang didirikan oleh Jeff Bezos pada tahun 1994 ini berpusat di kawasan Seattle, Washington, Amerika Serikat. Dulunya Amazon.com, Inc hanya memproduksi buku-buku. Namun seiring berkembang zaman, produk yang dijual semakin bervariasi. Mulai dari barang-barang elektronik, pakaian, kosmetik, aksesoris, software, video game, furniture, dan masih banyak lainnya. Saat ini situs ritel Amazon sudah tersebar di berbagai negara, seperti Kanada, Inggris, Spanyol, Jerman, Perancis, Italia, Jepang, Cina, Belanda, Swedia, Brazil dan Polandia.

Bagi Anda yang ingin berbelanja di situs Amazon bisa kok! Situs ini melayani pengiriman ke seluruh negara, termasuk Indonesia. Untuk proses transaksi dan pengirimannya juga tidak terlalu ribet. Terdapat beberapa pilihan sistem pembayaran yang disediakan, yakni lewat kartu kredit, bank account (khusus yang punya bank di Amerika), gift card and promotional code, serta amazon.com store card. Sedangkan pilihan shipping mulai dari yang standar (30 hari) hingga ekspress (sekitar 1 minggu).

Oiya, Amazon juga memberikan kesempatan bagi konsumennya untuk bisa mendapatkan penghasilan lewat situs tersebut. Jadi nggak cuma belanja aja. Nah, kalau Kamu ingin tahu bagaimana sih cara mendapatkan penghasilan dari Amazon, simak ulasannya di bawah ini ya!

 

  1. Menjadi Seller

Jika Kamu ingin merambah dunia perbisnisan yang lebih luas dan besar, nggak ada salahnya menjadi seller di situs Amazon. Pemasaran situs ini bersifat global, jadi bisa dikatakan lebih menguntungkan. Selain itu pelayanannya juga terjamin aman dan minim penipuan. Dengan demikian, Anda tak khawatir akan penipuan.

Untuk menjadi seller di Amazon, ada 2 pilihan yang tersedia. Yakni seller individual dan profesional. Seller individual ini dikhususkan untuk pengguna yang menjual produk dalam jumlah kecil (kurang dari 40 items). Sedangkan seller profesional untuk toko yang lebih besar. Tentunya pemotongan dana untuk seller profesional lebih besar dibandingkan yang individual.

Tutorial menjadi seller di Amazon yakni:

  • Pertama masuk di situs amazon.com
  • Klik ‘start selling’.
  • Lalu buatlah akun Amazon.
  • Isi email, formulir data diri, pembayaran dan deskripsi toko dengan lengkap.
  • Masukkan nomor telepon untuk melakukan verifikasi.
  • Nantinya Anda akan mendapatkan nomor verifikasi lewat SMS ataupun telepon.
  • Masukkan nomor verifikasi dan klik ok.
  • Selesai! Pendaftaran Anda dinyatakan complet.

 

Sekarang Anda resmi menjadi seller di Amazon dan bisa menjual produk apapun yang Anda inginkan.

  1. Menjual Produk Handmade

Amazon juga menyediakan platform tersendiri khusus untuk produk-produk handmade atau kerajinan tangan. Jadi semisal Kamu punya jiwa kreatif dan hobi bikin barang-barang handmade, gak ada salahnya mempromosikannya di platform Amazon handmade. Produk yang dijual boleh berupa aksesoris, pakaian, sepatu, perlengkapan dapur, kebutuhan bayi, mainan dan sebagainya.

  1. Menjual E-book

Capek tulisanmu selalu ditolak oleh penerbit? Sekarang Kamu nggak perlu galau lagi. Sebab sekarang ini banyak situs online yang menyediakan lapak untuk menjual ebook. Salah satunya amazon.com

Di situs ini, Kamu bisa mempublikasikan dan menjual ebook karya kamu sendiri di Kindle Store milik Amazon. Dengan menjadi self publishing di Kindle, tulisanmu berkesempatan dibeli dan dibaca oleh seluruh warga dunia. Selain itu royalti yang diberikan oleh amazon juga cukup tinggi, yakni 70%.

Untuk proses pendaftaran nggak terlalu ribet. Kamu hanya perlu bikin akun di kdp.amazon.com. Lalu ikuti langkah-langkahnya dan upload karyamu. Biasanya jenis ebook yang populer di Amazon adalah e-book tutorial dan fiksi.

  1. Menjual Konten Original

Kalau Kamu punya bakat bikin musik atau lagu, Kamu bisa loh menjual karyamu ke Amazon. Di situs ini tersedia fitur CreateSpace untuk para pengguna yang ingin menjual produk original mereka secara online, seperti buku, video, CD, DVD dan produk lain yang bisa langsung diunduh. Nantinya apabila ada orang yang membeli produk kamu, maka Kamu akan mendapatkan royalti sekian persen sesuai kesepakatan.

  1. Menjadi Affiliate Marketer

Amazon Affiliate program

Selanjutnya, Kamu bisa mencoba menjadi affiliate marketer di amazon.com. Pekerjaan sampingan ini cocok dilakukan oleh Kamu yang memiliki blog pribadi dengan traffic tinggi. Baik itu platform Blogspot ataupun WordPress.

Affiliate marketer berarti memasarkan produk di Amazon lewat link affiliasi yang kemudian harus disisipkan di blog Anda. Nantinya bila produk tersebut terjual berkat pengunjung yang mengklik iklan Anda, maka Anda bakal mendapatkan komisi dari Amazon, besarnya sekitar 4-10%.

Nah, itulah penjelasan tentang tips memperoleh penghasilan dari Amazon. Bagaimana menurut Anda? Apakah mudah atau ribet? Sebenarnya bisa dikatakan cukup mudah bila Anda sudah berpengalaman dalam bisnis internet global. Namun jika Anda masih bingung, sebaiknya pilih pemasaran lokal saja.

So, semoga bermanfaat!

About Bas