Monday , October 19 2020

5 Tips Memilih Sunscreen yang Benar Supaya Kulit Gak Iritasi

Mengingat sunscreen adalah produk yang sangat penting untuk melindungi kulit, jadi saat ini banyak banget beredar merk-merk sunscreen di pasaran. Mulai dari produk lokal hingga interlokal. Teksturnya pun juga bermacam-macam. Ada yang berupa fluid, gel, cream, lotion dan spray. Selain itu, kandungannya berbeda-beda. Beberapa ada yang menawarkan perlindungan matahari dengan efek brightening, adapula yang ampuh menyerap minyak.

Sebagai konsumen, tentunya kamu kudu pinter-pinter membeli jenis sunscreen yang bagus untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan. Nah, tanpa basa-basi lagi, berikut ini tips-tips memilih sunscreen yang benar untuk kulit Anda.

1. Pilih sunscreen yang mengandung SPF

Sebenarnya tips yang pertama ini enggak perlu ditulis juga ya, karena setiap sunscreen sudah pasti mengandung SPF.  Yang jadi pertanyaan apa itu SPF? Dan berapa sih nilai SPF yang baik?

SPF kepanjangan dari Sun Protection Factor. Fungsi SPF ini untuk melindungi kulit dari sinar UV-B yang mana dapat mengakibatkan sunburn. Semakin tinggi nilai SPF maka perlindungan yang diberikan juga semakin optimal.

  • SPF 15 memberikan perlindungan sekitar 93%
  • SPF 30 memberikan perlindungan sekitar 97%
  • SPF 50 memberikan perlindungan sekitar 98%.

Jadi bedanya gak terlalu jauh ya.

2. Pilih sunscreen yang mengandung PA

Enggak semua merk sunscreen mengandung PA. Padahal kandungan PA ini sangat penting, loh. PA kepanjangan dari Protection Grade of UV-A. Fungsinya untuk melindungi kulit dari sinar UV-A yang mana dapat memicu penuaan dini, kanker dan kerusakan DNA.

Umumnya sih, nilai PA yang ditawarkan dalam produk Sunscreen ada 3 jenis. Yakni PA+, PA++, dan PA+++. Semakin banyak jumlah plus dalam PA-nya, maka perlindungan terhadap UV-A juga semakin tinggi.

3. Carilah Sunscreen yang cocok dengan tipe kulitmu

Selain melihat kandungan SPF dan PA, kamu juga perlu menyesuaikan jenis sunscreen dengan tipe kulitmu.

  • Apabila kulitmu cenderung berminyak maka carilah produk yang oil-free. Usahain juga menghindari sunscreen bertekstur cream karena bisa bikin wajah terlihat oliy. Akan lebih baik jika kamu memlih sunscreen gel atau lotion.
  • Bila kamu gampang jerawatan atau punya kulitmu sensitif, pilih sunscreen dengan label “non comedogenic” yang artinya anti iritasi. Kamu juga bisa milih yang “water based” atau berbahan dasar air karena formulanya lebih ringan. Sehingga meminimalisir alergi.
  • Kalo tipe kulitmu kering maka carilah sunscreen yang bertekstur gel atau krim, karena itu lebih membantu menghidrasi kulit. Selain itu, usahain juga memilih sunscreen yang mengandung bahan-bahan pelembab alami, seperti lidah buaya.
  • Kalo kulitmu kusam, kamu bisa mencari sunscreen yang memberikan efek brightening.

 4. Perhatikan ingredientnya

Berikutnya kamu wajib lihat ingredientnya. Umumnya sunscreen atau sunblock mengandung avobenzone, zink oxide dan titanium dioxide yang berperan sebagai perlindungan sinar matahari. Usahain juga kamu memilih sunscreen yang kandungannya lebih alami, sebab itu lebih aman bagi kulit.

5. Perhatikan tanggal expirednya

Tips terakhir yang enggak boleh kamu lupain, pastikan melihat tanggal expired (kadaluarsa) atau batas pemakaiannya. Sebagus dan semahal apapun merk produknya tapi kalo udah masuk batas expired ya percuma. Bakalan ngerusak kulitmu, gengs. Jadi kalo kamu beli sunscreen atau skincare-skincare lain selalu perhatikan tanggal expired. Biasanya sih, penulisan expired berbeda-beda untuk produk lokal dengan interlokal.

Itulah beberapa tips memilih sunscreen yang benar dan tepat. Semoga bisa membantu ya, gengs.

About Bas