Saturday , October 31 2020

Tips Memilih Power Bank Sebelum Membelinya

Bagaimana jika baterai Gadget kita habis dan tidak ada listrik di sekitar kita? Jawabannya adalah Power Bank. Dengan membawa Power Bank, alias cadangan “listrik” dalam genggaman. Banyak Power Bank yang hadir dalam kapasitas yang besar, bentuk yang unik dan lucu serta harga yang murah. Namun, apakah semua itu berpengaruh terhadap keamanan gadget Anda? Nah, sebelum membeli Power Bank yang tepat, alangkah lebih baik jika Anda membaca tips di bawah ini agar tidak salah dalam memilih.

1. Brand atau Merek

Tidak dapat disangkal, brand alias merk memang berpengaruh terhadap kualitas barang yang diproduksi, sama seperti halnya dengan power bank. Merk power bank yang bagus akan membuat gadget Anda aman, karena sudah terpercaya dalam kualitasnya, baik dari bahan pembuatannya, tegangan listriknya dan sebagainya. Nah, sangat dianjurkan untuk membeli Power Bank dengan merek yang sama dengan gadget. Contohnya Power Bank Samsung untuk gadget Anda bermerek Samsung, dan sebagainya. Biasanya, karena sama-sama berasal dari pabrik produksi yang sama, maka akan lebih aman karena teknisi yang membuatnya tahu persis hal-hal teknis yang berhubungan dengan gadget dan powerbanknya.

2. Kapasitas

ah, hal ini juga sangat penting karena nantinya Anda dapat mengetahui berapa kali Anda dapat mengisi baterai gadget Anda. Juga penting untuk Anda yang senang bepergian jauh, karena kapasitas Power Bank yang besar tentu akan lebih memudahkan dan praktis karena Anda tidak akan sering mencharge Power Bank tersebut.

3. Fitur

Power Bank yang baik memiliki beberapa fitur seperti overcharge, short circuit, dan high temperature. Fitur overcharge akan melindungi gadget Anda dari arus listrik berlebih karena terlalu lama mencharge dan baterai sudah penuh. Fitur short circuit melindungi gadget Anda dari penyebab kebakaran pada gadget. Fitur high temperature akan melindungi gadget Anda dari panas yang dihasilkan selama mencharge. Minimal dengan fitur tersebut, gadget Anda akan aman selama proses charging.

4. Kelengkapan

Sebelum membeli, coba cek kelengkapan Power Bank yang Anda pilih. Apakah terdapat surat garansi, fitur-fitur yang ada dalam Power Bank sama dengan fitur-fitur yang dijelaskan dalam box atau kotak kemasan powerbank, apakah terdapat goresan atau cacat pada fisik powerbank dan sebagainya. Coba terlebih dulu apakah Power Bank nya cocok dengan gadget.

5. Harga

Nah, inilah yang menjadi faktor yang paling penting. Biasanya, banyak orang membeli Power Bank dengan kapasitas besar namun dengan harga yang sangat miring. Mereka mungkin tidak tahu bagaimana kualitas Power Bank tersebut. Nah, prinsipnya sama seperti gadget pada umumnya, ada harga ada kualitas. Mungkin, Power Bank dengan merek yang ternama akan jauh lebih mahal. Namun, apakah Anda rela merusak gadget sendiri dengan Power Bank “abal-abal”? Kualitas lebih penting, oleh karena itu usahakan selalu menggunakan produk yang original dan sudah terpercaya. Tidak apa-apa bila kapasitas Powerbank kecil, yang penting saat proses charging dapat memenuhi baterai Anda dan tetap melindungi gadget Anda.

Nah, itulah beberapa tips memilih Power Bank yang baik sebelum Anda membelinya. Anda sayang dengan gadget Anda, bukan? Maka, jangan salah memilih Power Bank, ya.