Model kebaya pengantin muslim sudah tidak asing lagi didengar oleh masyarakat. Banyak orang bahkan artispun telah memilih dan menggunakan kebaya pengantin muslim ini di acara resepsi pernikahannya. Kalau diperhatikan, model kebaya muslim ini tidak jauh berbeda dengan kebaya lainnya, hanya saja kebaya pengantin muslim ini dibuat lebih tertutup untuk menutupi lekuk tubuh dan mengikuti syariat berbusana dalam islam.

Adapun banyak model kebaya pengantin muslim modern yang telah ada, namun, dalam hal menentukan yang pas dan cocok, anda perlu mempertimbangkan beberapa hal penting seperti usia, tinggi badan, dan juga bentuk.

1. Memilih Kebaya Sesuai Bentuk dan Tinggi Tubuh

Mengenakan kebaya pengantin muslim dengan aksen atau border yang dapat membuatnya tampak manis, elegant dan terlihat mewah dapat anda pilih, dan sangat cocok dengan anda yang masih muda. Pilihlah bahan kebaya seperti brokat atau lace yang dilapisi dengan bahan chiffon. Pelapisan bahan dengan chiffon ini supaya kebaya muslim tidak menerawang.

2. Pemilihan Warna

Banyak orang memilih warna kebaya atau model dan bentuk kebaya sesuai dengan tema dari pernikahan tersebut. Waktu seperti siang atau malam hari acara resepsi pernikahan juga dapat menjadi penentu warna kebaya pengantin anda. Jika pernikahan anda diadakan pada siang hari, maka pilihlah warna kebaya pengantin muslim yang lembut seperti putih atau broken white. Namun, seiring berkembangnya dunia fashion, maka warna kebayapun telah beragam seperti marun, coklat, biru, silver, atau warna gold yang banyak diminati orang. Apapun yang anda pilih, sesuaikanlah dengan tema dan waktu resepsi pernikahan anda.

3. Model Kebaya Pengantin Muslim

Bagi anda yang memiliki postur tubuh yang tinggi, pilihlah model kebaya yang panjang bawahnya hingga mata kaki. Model kebaya muslim modern seperti dibuat ekor yang menjuntai lantai juga dapat anda coba jika anda ingin. Untuk aksesoris atau pelengkap keindahan model kebaya pengantin muslim anda, serahkanlah pada Desainer atau penjahit kepercayaan anda. Namun, jika anda menginginkan yang sesuai selera anda, maka anda tinggal mengatakannya.

Dan bagi anda yang memiliki postur tinggi namun kurus, pilihlah kebaya pengantin muslim dengan model panjang diatas lutut. Untuk bawahan, anda bisa gunakan sarung atau kain tradisional. Untuk bagian kerah, pilihlah kerah dengan bentuk U atau model kerah agak rendah. Anda tidak perlu khawatir anda bisa menggunakan dalaman yang senada dengan dengan warna kebaya untuk menutupinya. Dalaman ini juga berfungsi untuk memudahkan anda mengenakan jilbab atau kerudung.

4. Kerudung atau Jilbab Kebaya Pengantin Muslim

Kerudung atau jilbab adalah salah satu ciri dari model kebaya pengantin muslim. Jika dalam kebaya pengantin modern, biasanya pengantin wanita akan menggunakan veil sebagai hiasan kepalanya. Namun, pada kebaya pengantin muslim, akan ada perpaduan antara kerudung dengan hiasan kepalanya sehingga akan tercipta tampilan yang cantik, anggun, serta muslimah.

Dalam memilih kerudung dan hiasan kepala harus disesuaikan dengan warna kebaya pengantin muslim anda. Tidak ada salahnya jika anda ingin menggunakan sedikit variasi hiasan kepala pada kerudung anda, namun pada saat resepsi ada baiknya anda menggunakan hiasan kepala pada kerudung yang tak akan mengganggu aktifitas anda mengingat acara resepsi pernikahan agak lama, sehingga anda perlu mengenakan sesuatu yang membuat anda nyaman.

Mungkin anda sedikit pusing dalam menentukan desain atau model kebaya pengantin muslim yang akan anda kenakan dihari resepsi pernikahan anda, namun sekarang anda tak perlu pusing lagi, dengan mengikuti ide diatas, maka anda hanya tinggal mengkonsultasikan dengan penjahit kepercayaan anda. Menyesuaikan anggaran atau budget juga dapat anda lakukan untuk membuatnya lebih mudah. Putuskan apakah anda ingin mendesain atau menyewanya. Jika anda ingin mendesain kebaya pengantin muslim anda, maka anda bisa mengikuti saran atau ide diatas, namun jika anda ingin menyewa, maka carilah tempat rias yang menyediakan sewa kebaya pengantin yang beragam, sehingga anda akan mendapatkan banyak pilihan.

Nah, itulah beberapa ide dalam memutuskan kebaya pengantin muslim untuk resepsi pernikahan, Semoga artikel ini dapat dijadikan bahan referensi ketika anda memutuskan.