Monday , October 19 2020

Tips Memilih Gaun Batik Pengantin dan Perwatannya

Beragam model atau gaya dari Gaun pengantin begitu bermacam-macam mulai dari gaun tradisional seperti kebaya, gaun pengantin colourful, beach wedding dress, gaun pengantin Grecian style, Hawai wedding dress, dan lainnya. Sebenarnya pemilihan model gaun ini ditentukan dari konsep resepsi pernikahan anda, sehingga anda tidak perlu pusing dalam menentukan model gaun seperti apa yang cocok untuk resepsi tersebut.

Batik Gaun Pengantin

Bagi anda yang menginginkan tampilan gaun pengantin yang modern namun tetap membawa kesan khas Indonesia, maka memilih mengenakan gaun yang mengkombinasikan gaya batik dengan gaya modern bisa menjadi ide yang cemerlang sekali. Bagaimana nuansa batik pada gaun pengantin tersebut akan memberikan kesan indah tersendiri. Berikut adalah beberapa warna batik yang dapat anda pilih untuk dikombinasikan dengan gaya gaun pengantin modern anda.

1. Warna Batik Biru Tua

Mungkin jarang yang memilih warna batik biru tua ini. Padahal, warna batik ini mampu memberikan sentuhan ramah nan segar untuk gaun pengantin anda. Seperti yang kita tahu bahwa warna biru juga melambangkan keikhlasan dan kesetiaan, sehingga warna batik biru tua ini sangat cocok dipilih oleh anda yang memiliki pribadi tenang. Dalam mengkombinasikan warna batik ini dengan gaun pengantin anda, menambahkan aksen gold dapat memberikan tampilan yang mewah.

2. Warna Batik Putih

Warna gaun putih sudah banyak sekali digunakan dalam acara atau resepsi pernikahan. Dan ternyata banyak sekali pengantin wanita yang menyukai warna putih ini. Ini mungkin karena warna putih identik dengan moment yang suci dan bersih layaknya pernikahan yang sakral. Tidak hanya itu, warna putih juga melambangkan sifat berani dan pemaaf. Untuk menciptakan tampilan beda pada gaun atau baju pengantin putih anda ini, maka memberikan corak batik biru atau coklat untuk bagian bawahnya akan menciptakan tampilan yang anggun dan eksotis.

3. Warna Batik Coklat

Anda yang memiliki pribadi klasik dan berjiwa yang sederhana, memilih gaun pengantin dengan memasukan warna batik coklat bisa menjadi ide yang bagus loh. Warna coklat sangat dekat dengan alam sehingga akan terlihat lebih nature. Warna batik coklat ini juga sangat mudah untuk dikombinasikan dengan warna lainnya. Namun, untuk membuatnya tampak lebih nature plus anggun, mengkombinasikannya dengan warna terang adalah salah satu idenya.

4. Warna Batik Hitam

Tidak sedikit orang yang menyukai warna gelap seperti hitam. Warna hitam lebih netral dan cocok dikombinasikan dengan warna lainnya. Warna ini cocok untuk anda yang ingin tampil istimewa dan menjadi pusat perhatian. Warna batik hitam bisa menunjukan sisi percaya diri dan wibawa anda.

Setelah warna, bahan atau kain batik adalah yang paling penting pula. Kita mungkin sudah tak asing lagi dengan jenis kain batik yang sering kita sebut dengan batik tulis. Batik tulis ini bisa anda pilih sebagai kain untuk merancang gaun pengantin istimewa anda. Walaupun, gaun pengantin hanya akan anda kenakan satu kali pakai untuk seumur hidup anda, namun merawat keindahannya tetap perlu anda lakukan. Dan untuk merawat kain batik ini, ada beberapa tips untuk melakukannya.

 

Berikut Tips Merawat Gaun Batik:

1. Mencuci Dengan Tangan

Usahakan untuk tidak menggunakan mesin cuci. Akan lebih baik mencuci dengan merendam gaun batik anda, dan mencucinya dengan tangan. Mesin cuci akan membuat corak batik memudar dikarenakan putaran mesin cuci yang keras.

2. Gunakan Sampo Untuk Mencuci Gaun Batik

Cukup campurkan 10 ml sampo ke dalam 10 L air. Rendam gaun batik anda dan biarkan larut. Sebisa mungkin hindari penggunaan detergent biasa.

3. Gunakanlah Air Hangat

Jika gaun batik anda terkena kotoran yang mungkin sulit untuk dihilangkan. Maka, merendamnya dengan air hangat bisa anda lakukan. Dan jika kotoran atau noda ini tetap tidak mau hilang, gunakanlah kulit jeruk dan gosokkan pada noda tersebut.

About Bas