Memilih baju pesta untuk anak perempuan umur 12 tahun memang bukan perkara yang mudah bagi para orang tua.

Anak-anak di usia ini bisa dibilang baru memasuki usia remaja yang mudah tertarik dengan tren saat ini. Meniru apa yang dikenakan oleh idolanya juga menjadi salah satu outfit yang akan dipilihnya tanpa memperhatikan apakah itu cocok untuk dikenakan atau tidak. Akibatnya, anak perempuan yang salah memilih baju pesta justru akan terlihat terlalu dewasa dari usianya.

Oleh karena itu, penting bagi para orang tua untuk mengarahkan pilihan anak perempuannya agar anak perempuan di usia ini tetap terlihat menarik sesuai usianya.

1. Tidak Mencolok

Mengingat usia 12 tahun merupakan usia yang mulai sedikit lebih dewasa dari usia 10 tahun, hindari memilih baju pesta yang identik dengan tokoh kartun. Anak perempuan di usia ini akan lebih cenderung ingin menonjolkan sisi yang lebih dewasa dari sebelumnya. Oleh karena itu, pola-pola yang terlalu besar atau karakter kartun justru akan membuatnya malu karena pola tersebut tidak mencerminkan sisi wanita dewasa. Maka memilih baju pesta yang tidak terlalu banyak pola atau pola yang tidak terlalu besar adalah pilihan yang tepat untuk membantu anak perempuan di usia ini terlihat cukup dewasa namun sesuai untuk usianya.

2. Warna yang Lebih Berani

Bagi anak perempuan yang cukup aktif di media sosial, pasti akan sangat tertarik untuk menggunakan baju pesta yang glamor. Anak perempuan seperti ini tidak akan ragu menggunakan warna-warna yang tidak lagi terikat dengan warna-warna girly seperti pink, putih, atau kuning. Warna-warna cenderung gelap seperti biru, hitam, atau ungu bisa menjadi pilihan untuk baju pesta anak perempuan. Namun, pastikan bahwa ada warna lain untuk menyeimbangkan penampilannya agar tidak terlalu berat menggunakan warna gelap. Pasangkan dengan warna-warna cerah seperti putih, pink, atau warna girly yang lain yang ada pada ikat pinggang, aksesoris, atau kardigan.

3. Tidak Terlalu Panjang dan Tidak Terlalu Pendek

Baju pesta untuk anak perempuan usia 12 tahun tidak perlu terlalu berlebihan seperti wanita dewasa yang sebenarnya. Baju pesta untuk anak perempuan di usia ini tidak menuntut mereka seperti menghadiri pesta di club malam atau acara formal. Busana pestanya harus lebih sederhana mengingat usia ini sangat aktif sehingga membutuhkan outfit yang tidak terlalu panjang, namun juga tidak terlalu pendek. Oleh sebab itu, memakai rok pendek atau celana legging untuk menghadiri sebuah pesta tidak menjadi masalah untuk anak perempuan di usia ini selama pergerakan tubuh mereka tidak terbebani dengan bahan busana yang terlalu berat atau menghalangi aktivitas fisiknya.

4. Feminim

Anak perempuan di usia ini mulai mengalami perubahan tubuh menjadi lebih dewasa. Menggunakan busana terlalu longgar atau terlalu ketat akan membuat mereka tidak nyaman. Busana yang terbuat dari bahan yang melar serta dapat mengikuti bentuk tubuh tanpa membuatnya terasa sesak akan membantu menonjolkan kesan feminim. Anak perempuan di usia ini sudah tidak membutuhkan baju pesta dengan rok balon atau pita besar lagi karena akan membatasi ruang geraknya. Anda cukup menambahkan aksesoris sederhana yang tidak terlalu kekanak-kanakan seperti topi, bandana, ikat pinggang kecil, kalung, atau gelang untuk memberikan kesan feminim yang sesuai untuk usianya.

5. Nyaman Dipakai

Selain model, maka ukuran dan bahan adalah faktor penting dalam memberikan kenyamanan pada si anak. Tanyakan pada putri anda apakah model tersebut sudah sesuai dengan selera mereka atau belum? Jika anda membeli secara online, maka anda juga musti tanyakan pendapat mereka, sehingga anda tak akan salah memilih. Dan jika anda datang langsung ke toko atau ke butik langsung, maka ide terbaik adalah mengajak putri anda. tanyakan apakah mereka nyaman menggunakannya atau tidak? Baju gaun pesta yang nyaman akan membuat mereka betah untuk mengenakannya seharian, dan anda pun akan merasa puas telah membelikannya.

6. Model yang Manis

Beragam model gaun pesta anak telah anda ketahui mulai dari yang polos sampai model yang benar-benar wow. Dan pilihan model gaun pesta manis bisa jadi pilihan yang menarik. Gaun atau dress dengan sentuhan detail renda atau manik-manik hiasan pada bajunya dan permainan paduan warna cerah yang cantik dapat membuat putri anda tampil manis saat menghadiri pesta temannya.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menentukan baju pesta seperti apa yang sesuai untuk anak perempuan ketika usianya mencapai 12 tahun. Cukup mudah, bukan?

Selamat berkreasi!