Wednesday , October 21 2020

Tips Memilih Asuransi Jiwa Yang Tepat Untuk Keluarga

Ada banyak macam asuransi yang ditawarkan di Indonesia yang paling populer adalah asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, dan asuransi kendaraan. Bahkan pemerintah telah memberikan fasilitas asuransi kesehatan bagi seluruh karyawan perusahaan di Indonesia sebagai bentuk jaminan kesehatan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat. Sedangkan asuransi jiwa diperuntukkan bagi Anda yang ingin meninggalkan warisan bagi keluarga jika Anda sudah tiada nanti. Dari begitu banyak perusahaan asuransi, asuransi jiwa yang manakah yang sebaiknya Anda pilih?

Pastikan Anda Membutuhkannya

Fungsi dari asuransi jiwa adalah untuk memberikan sedikit keamanan finansial bagi anggota keluarga Anda yang Anda tinggalkan nanti. Tetapi jika Anda tidak mempunyai keluarga atau keluarga Anda tidak memiliki hubungan yang baik dengan Anda untuk apa mengasuransikan diri? Beberapa kebijakan perusahaan asuransi memang memungkinkan Anda mengklaim uang apabila dalam jangka waktu tertentu pada polis sudah habis dan Anda masih hidup, tapi umur manusia tidak ada yang tahu.

Memiliki Layanan Yang Menguntungkan Anda

Masing-masing perusahaan asuransi memiliki layanan yang berbeda dengan produk yang berbeda pula. Pilihlah asuransi jiwa yang memberikan layanan yang Anda butuhkan serta proses klaim yang tidak rumit dan cepat. Beberapa perusahaan menawarkan asuransi plus investasi yang bisa menjadi salah satu sumber keuntungan Anda selain penghasilan tetap.

Pahami Jenis Asuransi Jiwa

Secara umum, asuransi jiwa dibagi menjadi 3 jenis yaitu asuransi term life atau berjangka, asuransi whole life atau seumur hidup, dan asuransi dwi guna. Masing-masing jenis asuransi jiwa memiliki fungsi, kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Selain itu harga premi juga berbeda, di mana asuransi jiwa dwi guna memiliki harga premi yang tertinggi di antara kedua lainnya. Oleh karena itu memilih asuransi jiwa juga disesuaikan dengan kondisi finansial dalam jangka waktu panjang.

Perusahaan Harus Stabil

Banyaknya perusahaan asuransi di Indonesia juga termasuk oleh banyaknya perusahaan asuransi yang masih terbilang baru. Untuk keamanan dan jaminan pelayanan sebaiknya Anda memilih perusahaan yang sudah berpengalaman dan memiliki nama di Indonesia. Perusahaan yang masih baru cenderung masih belum stabil dan bisa jadi klaim asuransi Anda akan mengalami hambatan nantinya.

Pilih Jenis Asuransi Yang Tepat

Dalam memilih jenis asuransi jiwa yang tepat salah satu yang harus dipertimbangkan adalah usia Anda dan orang-orang yang menjadi tanggungan Anda. Agar bisa mempersiapkan masa depan dengan lebih baik sebaiknya Anda segera memiliki asuransi jiwa pada saat usia masih produktif dan Anda sudah memiliki keluarga. Membeli asuransi pada masa pensiun akan memberatkan Anda dalam membayar premi.

Pilih Agen Yang Berlisensi

Sebelum menandatangani kontrak, Anda harus mencermati setiap detail yang ada pada kebijakan perusahaan asuransi, prosedur klaim, klausa pada premi dan kontrak, dan fasilitas lainnya. Untuk membantu Anda dalam memahami asuransi pihak perusahaan akan mengirimkan agennya untuk memberikan Anda bimbingan. Untuk itu pilihlah agen yang resmi dan sudah memiliki lisensi sehingga bisa memberikan informasi kepada Anda yang lengkap dan akurat. Agen yang berlisensi juga memberikan jaminan keamanan kepada Anda setelah kontrak ditandatangani.

Itulah beberapa tips untuk memilih perusahaan asuransi jiwa yang baik untuk Anda. Bekerja keras setiap hari hasilnya memang berhak Anda untuk gunakan sesuka Anda namun Anda juga harus mulai memikirkan masa depan terutama setelah melewati usia produktif dan pensiun. Memilih asuransi jangan mudah tergiur dengan fasilitas yang lengkap dan premi yang murah tetapi jaminan keamanan dan pelayanannya rendah.

About Bas