Thursday , October 29 2020

Tips Membuka Usaha Jual Pulsa Untuk Pemula

Bisnis jualan pulsa merupakan usaha yang populer di di era digital saat ini. Bahkan saking populernya, jumlah pesaing pebisnis pulsa sangatlah banyak. Nggak cuma penjual konter saja. Tapi pulsa juga bisa dibeli lewat beragam aplikasi online di ponsel, lewat transfer bank, pembelian di situs marketplace serta kasir minimarket.

Dengan banyaknya jasa penjual pulsa, tentunya untuk membuka bisnis tersebut bisa dibilang cukup sulit. Apabila Anda menjalankannya dengan asal-asalan, maka bisnis Anda bisa saja jadi sepi dan bangkrut.

Nah, berikut ini tips sukses menjalankan bisnis pulsa untuk memperoleh penghasilan tambahan bagi Pemula. Read on!

1. Cari Agen atau Server Pulsa Terpercaya dan Murah

Tips pertama untuk memulai bisnis jualan pulsa adalah mencari agen atau server yang terpercaya dan menawarkan harga terjangkau. Bagaimana cara mendapatkannya? Anda bisa bertanya pada pebisnis pulsa yang sudah berpengalaman dan pastikan ia tipikal orang jujur. Selain itu, Anda juga browsing lewat internet atau playstore untuk mencari referensi server pulsa.

Usahakan mencari server yang menyediakan layanan customer care 24 jam, bisa dilakukan online, pengisian deposit mudah dan tentunya berkualitas (enggak pending-pending mulu).

Oiya, jangan mudah percaya dengan tawaran-tawaran di website yang menjanjikan pulsa murah dan sejenisnya. Itu bisa jadi penipuan. Lebih baik Anda mendaftar di server populer, seperti lewat traveloka, tokopedia, BeOne, Paytren atau lainnya.

2. Bila Perlu Daftar Lebih dari Satu Server

Jika Anda punya cukup modal, lebih baik daftar lebih di satu server atau agen. Tujuannya bila salah satu jaringan mengalami down, Anda bisa menggunakan server lainnya. Dengan begitu pelanggan tidak perlu menunggu lama.

 3. Jual Pulsa All Operator

Supaya bisnis Anda enggak nanggung, lebih baik Anda menjual pulsa All Operator. Mulai dari Indosat, Telkomsel, XL, Axis, Three, Smartfren dan sebagainya. Sediakan juga produk kuota internet untuk lebih menarik minat konsumen, sebab biasanya orang yang lebih memilih beli kuota ketimbang pulsa yang masih harus repot-repot daftar paket internet sendiri.

4. Pasang Harga Wajar = Lakukan Survey Dulu

Jualan pulsa bukanlah bisnis yang bisa mendatangkan keuntungan secara cepat. Biasanya laba yang diperoleh cukup kecil, maksimal Rp.2000 per transaksi. Dan itu nggak bisa ditingkatkan lagi. Sebab umumnya harga pulsa di suatu wilayah adalah sama. Jadi semisal IM3 10 ribu, rata-rata harganya di Jawa Timur ya Rp.12.000. Ini berlaku secara global.

Oleh karenanya, Anda tidak bisa memaksa menjualnya lebih mahal lagi, sebab itu justru membuat konter Anda jadi sepi. Cukup patok harga sewajarnya saja. Anda bisa melakukan survey harga sebelum memulai bisnis pulsa tersebut.

5. Rutin Promosi

Untuk mendapatkan keuntungan secara cepat, tentunya Anda harus menjual pulsa cukup banyak. Nah, cara agar bisnis pulsa laris-manis adalah rutin melakukan promosi. Anda bisa memasarkannya pada teman-teman di lingkungan sekitar Anda, misalnya teman kampus atau kantor, tetangga serta keluarga.

Selain itu, lakukan pula promosi lewat jejaring sosial media, seperti instagram dan facebook. Anda juga bisa mengirim broadcast messenger lewat LINE, BBM atau whatsapp.

6. Bila Membuka Konter, Pilih Lokasi Strategis

Jika Anda berniat membuka konter pulsa, maka sebaiknya pilih lokasi yang strategis. Misalnya di pinggir jalan raya, pusat perbelanjaan, kawasan kampus atau sekolah, dekat perkantoran, atau area yang ramai lainnya.

Namun bila budget Anda minim, cukup membuka konter di rumah saja. Ini mungkin sedikit sulit karena biasanya kampung atau kawasan perumahan terbilang sepi. Jadi Anda harus menyiasati dengan giat melakukan promosi.

7. Jangan Biarkan Pelanggan Berhutang

Salah satu kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh penjual pulsa adalah membiarkan pelanggannya berhutang. Apabila hal itu terjadi berkali-kali maka bisa mengganggu keuangan Anda, bahkan mungkin mendatangkan kerugian. Maka itu, jangan biarkan pelanggan Anda berhutang walaupun hanya Rp 7.000 saja. Sebagai pebisnis pulsa, Anda wajib memiliki sikap tegas dan jujur.

Demikianlah cara mendapatkan penghasilan lewat bisnis jualan pulsa. Semoga bermanfaat dan bisa membantu. Good Luck!