Wednesday , October 28 2020

Tips Membuat Jus Buah Yang Sehat

Jus Buah akan menjadi minuman yang menyehatkan selama Anda membuatnya dengan cara yang benar. Mengingat buah memiliki sifat mudah kehilangan gizi, maka perlu berhati-hati saat mengolah menjadi jus.

Simak beberapa Tips membuat Jus Buah yang benar dan menyehatkan :

1. Pilih Buah Yang Masih Segar

Pastikan ketika Anda akan membuat jus buah, memilih buah yang masih segar. Buah yang dikatakan segar adalah buah yang masih dalam keadaan baik baik kulit maupun daging buah. Jika buah terlalu matang, itu bukan buah dalam keadaan segar. Buah yang masih muda juga bukanlah buah segar. Jadi, perhatikan dengan baik saat hendak mengkonsumsi jus buah yang sehat harus membuatnya dari buah yang segar.

2. Buah Segar Yang Langsung Diproses

Ketika Anda sudah memperoleh buah yang segar, maka hari itu juga buatlah menjadi jus buah. Jika Anda masih ingin menyimpannya satu hari tidak masalah. Namun jika sudah lebih dari itu, maka kandungan gizi pada buah semakin lama akan semakin berkurang. Terlebih ketika buah sudah mulai browning. Buah yang sudah tidak dalam keadaan segar tidak akan menjadi jus buah yang menyehatkan.

3. Tidak Memberi Gula Pasir dalam Jus Buah

Kebiasaan yang masih banyak dilakukan orang-orang ketika membuat jus adalah seperti ini. Memasukkan potongan daging buah bersama air dan sejumlah gula pasir. Kemudian mulai memblender. Padahal itu adalah cara yang kurang sehat. Gula pasir yang terkena panas dari blender akan menyebabkan kerusakan kandungan gizi pada buah yang ikut diblender. Terlebih jika senyawa gula terkena panas berlebih dapat berubah menjadi karsinogenik. Untuk itu, jika ingin sehat, saat membuat jus buah, tidak perlu diberi tambahan gula pasir. Atau jika Anda memang ingin menambah rasa manis, tambahkan gula pasir di gelas jus bukan menjadi satu pada saat diblender.

4. Jika Belum Diminum, Simpan Di Dalam Lemari Es

Jika Anda belum ingin langsung meminum jus buah yang telah jadi, simpanlah di dalam lemari es. Kondisi dingin akan menjaga kesegaran jus buah Anda. selain itu juga memperlambat proses kehilangan kandungan gizi terutama vitamin setelah proses pengolahan. Jangan biarkan jus buah yang belum diminum di suhu lingkungan karena membuat kondisinya tidak baik.

5. Pastikan Minum Jus Buah Tidak Lebih Dari Satu Jam

Pastikan Anda sudah minum jus buah sebelum lewat satu jam setelah proses pembuatan. Sebab jus buah yang dikonsumsi atau diminum lewat satu jam, Anda sama saja dengan minum segelas air berasa buah. Sedangkan kandungan gizi dari jus buah sudah benar-benar hilang. Meskipun Anda menyimpannya di dalam lemari es. Namun gizi seperti vitamin dan yang paling banyak di dalam buah akan mudah hilang setelah proses pengolahan.