Tuesday , October 20 2020

Tips Membangun Dapur Terbuka ( Outdoor )

Dapur outdoor ( terbuka / diluar rumah ) sangat terkenal sekali diluar negeri. Biasanya orang luar membangun konsep atau desain dapur outdoor ini untuk mengadakan pesta barbeque atau tempat bersantai biasa bersama teman dan keluarga ditaman belakang rumah mereka.

Untuk menunjang segala kebutuhan perayaan tersebut, dapur outdoor sangat diperlukan untuk membuatnya lebih efisien. Tidak lucu kan jika kita harus bolak-balik mengambil sesuatu yang diperlukan dari dapur ketaman belakang rumah.

Di Indonesia, konsep dapur outdoor ternyata juga bukan sesuatu yang baru lagi. Banyak orang telah memiliki dapur outdoor untuk merayakan garden party atau apapun itu. Kehadiran dapur outdoor ternyata sangat baik bagi anda yang ingin menikmati waktu santai ditaman belakang rumah. Memasak ditempat terbuka juga akan sangat menyenangkan. Itu bagi mereka yang menyukai hal-hal baru. Jadi, apakah anda mulai tertarik untuk mencoba konsep dapur outdoor ini?

Jika anda sudah akan memutuskan untuk membangun dapur outdoor / terbuka ditaman belakang rumah anda, ada beberapa hal yang perlu anda tahu. Karena apa yang dibutuhkan oleh dapur outdoor sangat berbeda dengan dapur yang ada didalam rumah. Apakah itu? Mari kita lihat:

1. Lokasi Yang Tepat

Lokasi perlu anda pertimbangkan ketika membangun dapur outdoor ini. Ada baiknya jika anda membangun dapur outdoor yang tempatnya tidak jauh dari rumah anda. Apakah itu ditaman belakang atau samping rumah anda? Pastikan itu adalah tempat yang pas untuk membangunnya. Jika anda hanya menginginkan dapur outdoor yang semata bertindak sebagai pengganti dapur indoor, maka anda harus memilih lokasi yang masih bagian dari rumah. Memanfaatkan dek atau patio bisa menjadi ide yang baik. Dan jarak antara dapur outdoor dengan ruang makan tidak terlalu jauh, sehingga anda tidak perlu jauh-jauh membawa hasil masakan anda kedalam.

2. Furniture dan Perabot

Pemilihan furniture dan perabot untuk dapur outdoor sangat berbeda dengan dapur indoor. Jika dapur indoor atau dapur didalam rumah memiliki furniture bernama kitchen set, maka dapur outdoor akan menggunakan kitchen appliances berupa alat pemanggang atau grill. Grill ini berbahan bakar dari gas, kayu, atau bisa dari batu bara. Saat anda membeli alat pemanggang untuk dapur outdoor ini, sebaiknya anda memilih yang berbahan stainless steel karena mudah dirawat dan sangat tahan dengan segala kondisi cuaca diluar.

Beberapa perabot penting lainnya yang dapat anda letakkan didapur outdoor adalah oven, bak cuci piring, blender, mixer, dan lainnya. Pakailah perabot yang berbahan stainless steel yang memang cocok untuk dapur outdoor. Untuk pencahayaan pada malam hari, anda bisa memasang lampu halogen. Pencahayaan ini akan sangat bermanfaat untuk aktifitas memasak anda pada malam hari.

3. Material Furniture Yang Tepat

Dapur outdoor tentu berlokasi diluar, dan berhadapan langsung dengan kondisi cuaca. Untuk itu, penting memilih material furniture dapur outdoor yang tepat. Pilihlah material furniture yang kuat dan tahan terhadap perubahan cuaca yang ada. Material yang bagus digunakan untuk luar bisa seperti beton, ubin, atau batuan alam.

Untuk counter atau meja dimana anda akan menyiapkan hasil masakan anda, pilihlah counter yang panjang yang kiranya mampu menampung jumlah anggota keluarga anda. Sedangkan untuk kabinet atau lemari dapur outdoor, pilihlah yang kokoh dan tidak mudah lapuk. Kabinet yang terbuat dari kayu lapis atau polymer dapat anda pilih untuk ini. Bagaimana dengan lantai dapur outdoor? Anda bisa gunakan semen atau ubin supaya terlihat lebih natural dan cocok dengan konsep outdoor.

4. Penggunaan Atap

Ada dapur outdoor yang berkonsep tidak menggunakan atap namun juga ada yang menggunakannya. Karena material yang digunakan sudah mampu bertahan dengan keadaan cuaca, biasanya orang tidak memerlukan atap lagi. Mungkin hanya sebagian orang yang menggunakan atap untuk meja counter dimana akan melindungi pemilik dari panas saat mereka menikmati hidangan. Namun, terserah apakah anda ingin menggunakan atau tidak? Jika anda ingin menggunakan atap, maka pilihlah atap yang mampu melindungi anda dari terik panas dan hujan. Apakah atap tersebut anda buat permanent atau tidak, itu tergantung bagaimana selera anda. Menggunakan payung besar yang bisa dibuka dan ditutup apabila dapur outdoor tidak digunakan juga dapat menjadi ide lain untuk anda.

5. Kenyamanan

Tidak ada yang penting dari konsep desain selain kenyamanan untuk pemiliknya. Selain tampilan menarik yang ada, kenyamanan anda saat menggunakan adalah prioritas utama. Apapun jenis furniture dan perabot yang anda gunakan, pastikan bahwa itu akan membantu anda beraktifitas.

Sekian, Semoga tips membangun Dapur Outdoor / terbuka tersebut dapat bermanfaat untuk Anda.

About Bas