Tuesday , October 27 2020

Tips Keuangan Mengatur Pendapatan Bagi Para Freelance

Kebanyakan orang yang bekerja freelance adalah pelajar atau mahasiswa. Kini, para ibu rumah tangga pun juga tertarik menjadi freelance. Terlebih mereka ingin memiliki pendapatan sendiri yang pasti menjadikan kehidupan masa depan berjalan semakin baik. Aturlah keuangan yang Anda dapatkan dari pekerjaan freelance dengan cara ini.

Membuat Rekening Bank Baru

Segeralah untuk membuat rekening bank baru. Entah Anda sudah memiliki tabungan di bank sebelumnya atau tidak, namun Anda harus dapat membuatnya. Ini penting karena untuk mengatur keuangan dari pendapatan freelance Anda. Rekening bank baru yang telah Anda buat  diperlukan untuk tabungan yang Anda sisihkan dari pendapatan freelance. Tiga puluh persen dari pendapatan freelance Anda sebaiknya segera ditabung setiap kali Anda menerimanya. Sebab jika tidak segera ditabung, maka besar kemungkinan pendapatan freelance Anda akan habis. Dan Anda gagal untuk mengatur keuangan pribadi.

Rencanakan Pengeluaran Dari Pendapatan Freelance

Mengingat pendapatan freelance yang Anda terima tidak besar, maka harus merencanakan besar pengeluarannya terlebih dahulu. Sehingga Anda akan tahu seberapa banyak uang yang harus Anda belanjakan dan yang tidak. Perencanaan meliputi belanja, asuransi kesehatan, dan kebutuhan mendadak. Pastikan pendapatan yang Anda peroleh tersebut tidak banyak terbuang secara sia-sia. Jangan sampai Anda laper mata dan bersifat konsumtif. Sebab akan membuat Anda semakin boros ke depannya.

Pintar Dalam Mengembangkan Sayap

Siapa bilang bekerja freelance tidak dapat mengembangkan sayap. Malahan itu sangat diperlukan agar pendapatan Anda semakin bertambah. Dan pundi-pundi keuangan Anda semakin tinggi. Jika Anda bekerja dengan sistem bonus ketika mampu memperoleh banyak pelanggan, maka bonus yang Anda peroleh juga semakin banyak. Terpenting adalah pintar-pintarnya Anda bekerja freelance untuk mengembangkan sayap. Sehingga Anda tidak sekadar bekerja lepas yang mengharapkan pendapatan, namun juga kedudukan. Agar Anda semakin mudah dalam mengatur keuangan masa depan.

Pastikan Freelance Anda Menguntungkan

Lihat pendapatan yang telah Anda peroleh. Apakah dalam mengatur keuangan dari pendapatan yang diperoleh cukup menguntungkan Anda. Jika iya, maka teruskan. Namun jika tidak, lebih baik carilah freelance yang mampu menguntungkan Anda. Tentu tidak ada yang mau bekerja dengan memperoleh pendapatan yang minim dan menyebabkan Anda kesulitan dalam mengatur keuangan. Sebab kebanyakan orang melakukan freelance adalah untuk menambah pendapatan guna memperbaiki keuangan. Bukan malah sebaliknya.

Pendapatan Untuk Usaha

Jika waktu Anda memungkinkan, maka pendapatan yang Anda miliki juga untuk usaha. Sehingga selain freelance, ke depan, Anda juga memperoleh pendapatan dari usaha Anda. Aturlah berapa persen dari pendapatan Anda untuk usaha. Umumnya, sekitar dua puluh hingga dua puluh lima persen akan orang-orang sisihkan untuk membuka usaha dari pendapatan yang dimiliki. Dalam hal ini, Anda harus pintar-pintar mengelola keuangan dari pendapatan freelance Anda.

Minimalkan Kebutuhan Mendadak

Anda tentu paham dengan yang dimaksud kebutuhan mendadak. Untuk itu bedakan mana yang memang mendadak dan mana yang tidak. Terkadang orang hanya melewati toko roti dan mencium harum aroma roti dan membuat perut keroncongan, kemudian membeli roti tersebut. Itu bukan kebutuhan mendadak karena lapar namun karena konsumtif. Dengan Anda mampu meminimalkan kebutuhan mendadak, maka keuangan Anda sebagai freelance akan mampu diatur dengan baik.

About Bas