Thursday , October 22 2020

7 Tips Sederhana Ini Bakal Membantumu Menjadi Orang Sukses

Sukses Adalah Hasil Dari Sebuah Perjuangan Hidup

Kalo kamu mencari kata kunci “tips sukses” di google maka hasil pencariannya pasti banyak sekali. Kebanyakan sih memberikan rahasia sukses dari pengusaha muda kaya-raya dan juga para ilmuwan. Katakanlah Bob Sadino, Thomas Alva Edison, Bill Gates, Mark Zuckerberg, dan masih banyak lainnya.

Ya, mereka adalah orang-orang hebat. Tapi sayang, terkadang sulit banget buat kita ngikutin gaya hidup mereka buat mengejar kesuksesan. Padahal sudah baca tipsnya berulang-ulang, tapi kenapa gak ngaruh di kehidupan kita? Why? Whats wrong?

Nah, kalo kamu sedang mengalami problematika yang sama, coba deh kamu terapkan cara-cara sederhana dibawah ini. Pahami baik-baik dengan hati dan praktekkan dengan tindakan, dijamin hidupmu bakal berubah menjadi lebih baik.

 

  1. Niat Sekuat Baja

Salah satu penyebab kenapa tips-tips dari google dan para motivator enggak mempan di hidupmu, itu mungkin karena niatmu masih setengah-setengah. Padahal niat itu kunci pertama yang harus kamu miliki jika ingin sukses. Seperti kata pepatah “Ada niat pasti ada jalan”. Jadi kalo niatnya gak ada maka jalannya juga gak bakal ketemu. So, dahulukan niat.

 

  1. Lakukan Sekarang Juga

Hapus kata “nanti” dalam kamusmu! Semakin lama kamu menunda-nunda maka semakin lama juga kamu meraih kesuksesan. Jika bisa dilakukan sekarang, trus kenapa harus menunggu nanti? Waktu terus berputar gengs. Kalo kelamaan menunggu keburu kiamat eh.

 

  1. Jangan kebanyakan berpikir

 

Salah satu faktor yang sering menjadi pemicu kegagalan adalah kelamaan berpikir. Rasa takut yang berputar-putar di otak. Mau ngambil tindakan A takut berisiko, ngambil tindakan B takut gak baik, ngambil tindakan C takut gak mampu. Inilah yang kemudian membuatmu stuck di satu tempat aja. Gak maju-maju.

Kamu harus berani ambil keputusan. Gak perlu takut! Cukup awali semua dengan kata “bismillah”. Toh, setiap tindakan pasti memiliki risiko.

 

  1. Komitmen dong!

Nah, ini yang cukup sulit untuk dilakukan. Komitmen! Saat kamu sudah berhasil memperoleh sesuatu, terkadang susah buat mempertahankannya. Kenapa? Jawabannya karena komitmenmu kurang kuat. Memang mempertahankan komitmen itu emang gak mudah. Tapi kalo kamu sanggup maka itu bisa menjadi kunci keberhasilanmu. Percaya deh!

 

  1. Cari motivasi

Motivasi merupakan penunjang kesuksesan yang cukup penting. Penguat diri disaat merasa lelah dan putus atas. Dengan adanya motivasi, kamu bisa bangkit kembali dari keterpurukan. Maka itu, kamu harus menentukan apa motivasimu dalam melakukan tindakan tersebut.

Jika kamu belum memiliki motivasi maka cepet-cepet cari deh. Motivasi ini bisa banyak hal. Bisa berupa harapan atau dukungan dari orang-orang tercinta. Misalnya “kerja keras dengan motivasi agar bisa jalan-jalan ke luar negeri”. Atau cukup melihat istri tersenyum sudah bisa menjadi motivasi.

 

  1. Mendekatkan diri sama Allah

Segala sesuatu yang ada di dunia ini enggak akan bisa terwujud tanpa izin dari Allah. Kalaupun kamu berhasil jadi orang sukses, percayalah ada campur tangan Allah disana. Itu bukan murni usahamu sendiri.

Maka itu, jangan pernah lupa mendekatkan diri sama Allah. Rajin-rajinlah sholat dhuha, membaca Al-Quran dan usahain sholat di awal waktu. Percaya deh, Allah pasti bakal ngasih rejeki dari arah yang tak disangka-sangka. Jalanmu untuk meraih kesuksesan juga akan lebih mudah.

 

  1. Pahami: Jalan menuju sukses itu sangat melelahkan

Terakhir, yang harus kamu tahu adalah jalan menuju sukses itu sangat melelahkan. Enggak semudah membalikkan telapak tangan. Kamu harus siap capek, siap kurang tidur, siap sakit hati, siap terjatuh. Pokoknya penuh pengorbanan deh.

Bill Gates tidak serta merta menjadi orang terkaya di dunia begitu dia dilahirkan. Akan tetapi ada proses selama bertahun-tahun yang harus dia hadapi dan sangat melelahkan untuk menuju sebuah kesuksesan.

Kuncinya jangan mudah menyerah. Walaupun sesulit apapun itu, kamu harus yakin bahwa kamu pasti mampu melewatinya. Kalo orang lain bisa, kenapa kamu tidak?

 

Yaudah segitu dulu tips-tips sederhana yang dapat membantu kamu menjadi orang sukses. Semoga tulisan ini bisa membakar api semangatmu lagi.  Life doesn’t get easier, you just get stronger!

****

Penulis: Niya.

About Bas