Friday , October 23 2020

6 Tips Diet Ampuh Tapi Gak Menyiksa Diri

Gara-Gara Gendut Banyak Cewek Menyiksa Diri Dengan Diet

Salah satu kalimat yang paling enggak disukai para cewek, “kamu agak gendutan, ya?”. Oh, noo! Percaya deh, perasaan cewek bakal jadi sensitif banget kalo diajak ngomongin masalah gendut-gendutan alias berat badan. Karena bagi mereka bobot naik 1 kg aja itu sudah seperti kiamat. Dan kalo sampai itu terjadi, biasanya mereka rela ngurangin porsi makan walaupun harus kelaparan.

Girls, jika kamu termasuk tipe orang yang gemar diet, plis lakukan dietmu secara sehat. Jangan sampai kamu enggak makan hanya demi nurunin bobot badan. Diet yang menyiksa diri itu enggak bagus. Dalam jangka panjang bisa menganggu proses metabolisme tubuh, memicu bulimia dan meningkatkan risiko beragam penyakit. Serem, kan? Jadi stop diet menyiksa diri dari sekarang!

Sebaliknya, kamu bisa mencoba 5 tips diet sehat seperti dibawah ini. Tanpa harus menyiksa diri, tips-tips ini bakal membantu menurunkan berat badanmu secara ampuh.

 

1. Jangan pernah lelah berolahraga

Barangkali kamu bakalan bosan mendengar tips yang satu ini. Olahraga? Apa enggak ada tips lain yang lebih “nyata” hasilnya? Menurunkan berat badan dengan olahraga memang butuh waktu. Gak instan. Tapi percayalah metode ini sangat efektif dan menjadi kunci diet suksesmu.

Kamu bisa memulai dari yang paling ringan, misalnya jogging atau bersepeda di pagi hari. Kemudian sesekali pergilah berenang. Dan usahain juga untuk nge-gym paling tidak 2-3 kali seminggu. Kamu enggak perlu takut nge-gym bakal jadiin tubuhmu berotot. Sebab menurut penuturan youtuber Tasya Farasya, ngebentuk otot itu adalah hal yang sangat sulit dilakuin. Jadi kalo kamu rutin nge-gym maka efek yang paling terlihat adalah lemaknya cepat terbakar.

 

2. Sering-sering minum air putih

Tips diet ampuh berikutnya adalah sering-seringlah mengonsumsi air putih. Khasiat air putih dapat membantu melancarkan proses metabolisme, which is juga ngebantu keluarnya lemak dan racun-racun tubuh. Untuk takarannya kira-kira 7-8 gelas per hari. Oiya, kalo kamu rutin mengonsumsi air putih efeknya kulitmu juga jadi lebih kencang dan tampak bersih loh. Maka itu, rutinlah mengonsumsi air putih ya sebelum terlambat.

 

3. Say “Big No” untuk Makanan Cepat Saji dan Kemasan

Untuk mencapai sesuatu terkadang dibutuhkan pengorbanan. Seperti halnya jika kamu ingin diet maka pengorbanan yang harus kamu lakuin adalah menghindari makanan cepat saji dan makanan kemasan. Misalnya saja burger, pizza, ayam goreng, kentang goreng, mie instan, es krim, soda, keju dan sebagainya.

Makanan-makanan  tersebut umumnya mengandung gula dan kolesterol tinggi. Sehingga apabila dikonsumsi bisa bikin cepat gendut. Dan gendutnya itu gendut enggak sehat. Tubuh mengakumulasi lemak trans (kolesterol LDL) yang bisa menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. Dalam jangka panjang, kondisi tersebut memicu komplikasi gangguan jantung dan tekanan darah tinggi.

 

4. Pengonsumsian gula dan garam dibatasi, ya

Garam dan gula adalah dua dari banyaknya faktor penyebab berat badan cepat naik. Terutama gula dan garam yang berasal dari bahan kimia sintesis, itu lebih berbahaya. Jadi kalo kamu memang berniat diet sebaiknya batasi pengonsumsian gula dan garam.

Kamu bisa mengolah makanan dengan metode di kukus daripada digoreng. Makanan yang dikukus lebih sehat. Sedangkan makanan yang digoreng mengandung kolesterol yang berasal dari minyak. Jadi perlu dibatasi bagi pelaku diet.

 

5. Hindari mengonsumsi makanan sebelum tidur malam

Kamu pasti sudah tahu kalo mengonsumsi makanan sebelum tidur malam itu gak disaranin, kan? Terutama makanan berat, seperti nasi dan protein. Apabila dikonsumsi berdekatan dengan waktu tidur bisa mengganggu metabolisme. Proses pencernaannya juga enggak lancar, sehingga makanan lebih cenderung ditimbun jadi lemak daripada diolah sebagai sari-sari makanan. Inilah yang kemudian membuatmu cepat gendut. Idealnya mengonsumsi makan adalah 4 jam sebelum tidur.

 

6. Konsumsi makanan penurun berat badan

Gak perlu mengonsumsi pil atau obat-obatan yang gak jelas. Ada banyak makanan yang bisa membantu menurunkan berat badan secara alami. Diantaranya yaitu:

  • Teh hijau
  • Apel
  • Jus lemon
  • Coklat hitam
  • Yogurt
  • Alpukat
  • Dan sumber makanan berserat

 

Itulah beberapa tips diet ampuh tanpa menyiksa diri. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya gengs.

About Bas